27 C
Jakarta
Saturday, January 28, 2023

Artis yang Sempat Alami Kleptomania dan Tepergok Mengutil

Kleptomania adalah kecanduan mengutil yang sebenarnya merupakan salah satu gangguan kesehatan mental. Penderitanya tak bisa menahan diri untuk mencuri barang yang sebenarnya tidak bernilai atau mampu mereka bayar. Ketika mengutil, mereka cenderung merasa puas, senang dan bahagia namun perasaan itu berganti menjadi malu, marah dan ketakutan setelahnya.

Tergolong gangguan mental yang langka, kleptomania termasuk jenis gangguan kontrol impuls yang ditandai adanya masalah kontrol diri emosional atau perilaku. Para pengidap kleptomania biasanya hidup dengan rasa malu karena tindakan mereka sehingga takut mencari perawatan yang memulihkan dirinya.

Para artis Hollywood yang pernah mengidap kleptomania

Bagi kalangan umum, rasanya sulit membayangkan ada orang yang mengutil karena dorongan mentalnya yang bermasalah. Faktanya, beberapa orang mengalaminya termasuk para artis Hollywood yang memiliki uang berlimpah. Ada sejumlah kasus ketika para aktor, aktris maupun penyanyi kelas dunia ini tepergok mengutil barang yang sebenarnya harganya tidak seberapa bagi mereka. Siapa saja mereka?

Winona Ryder

Ilustrasi winona ryder

Winona Ryder adalah aktris dan produser film Amerika Serikat. Ia memenangi Golden Globe Award dan mendapat dua nominasi Academy Awards, satu nominasi BAFTA Award, dan empat nominasi Screen Actors Guild Awards. Setelah merintis kariernya di Lucas, Ryder mulai dikenal publik lewat penampilannya di Beetlejuice.

Skandal kleptomania mantan kekasih Johnny Depp ini agaknya termasuk yang paling fenomenal di eranya. Sebagai salah satu aktris papan atas di tahun 2001, ia malah tertangkap tangan mengutil pakaian dan aksesoris senilai 5.500 dollar AS di Saks Fifth Avenue di Beverly Hills. Insiden itu menghancurkan kariernya yang sedang berada di puncak dan membuatnya jadi bulan-bulanan media.

Namun Winona Ryder menyebut kejadian tersebut menyelamatkan hidupnya karena membuatnya segera mendapatkan pertolonga medis. “Dengan cara yang aneh, itu hampir seperti hal terbaik yang bisa terjadi karena saya tidak pernah bertanya pada diri sendiri pertanyaan sebelumnya,” ujarnya dalam salah satu wawancara.

Baca Juga :  5 Tanda Gaya Hidupmu Gak Sesuai Kemampuan, Gaya Elit Ekonomi Sulit!

Amanda Bynes

Ilustrasiamanda bynes

Aktris ini mengalami serangkaian insiden di tahun 2014 akibat gangguan kesehatan mental yang dideritanya. Termasuk pula tepergok mencuri topi seharga 200 dollar AS dari toko Barney’s di New York akibat kleptomania yang dideritanya. Akibat perbuatannya, ia sempat harus menjalani pengadilan dan kemudian didenda. Britney Spears

Di masa-masa penuh gejolaknya pada tahun 2007, pelantun “Toxic” ini juga pernah kedapatan mencuri wig dari sebuah toko di Hollywood dan pemantik api dari pompa bensin.  Sebagai salah satu gejala kleptomania, ia bahkan terang-terangan menunjukkan perasaan bersalah sesaat setelah insiden tersebut. Untungnya, ia kini sudah bebas dari masalah tersebut dan kondisi mentalnya berangsur pulih.

Lindsay Lohan

Ilustrasi lindsay lohan

Lindsay Dee Lohan adalah seorang aktris, pengusaha, perancang busana, dan penyanyi berkebangsaan Amerika Serikat. Lahir dan dibesarkan di New York, Lohan dikontrak oleh Ford Models ketika masih anak-anak.

Bintang Mean Girls ini juga punya riwayat kleptomania ketika ketahuan mencuri kalung seharga 2.500 dollar AS dari sebuah toko perhiasan. Hal itu terjadi pada tahun 2011 ketika ia sebenarnya sedang menjalani hukuman percobaan untuk insiden menyetir dalam keadaan mabuk. Akibatnya, ia harus kembali masuk pengadilan untuk mempertanggungjawabkan perilakunya itu.

Farrah Fawcett

Ilustrasi farrah Fawcett

Mary Farrah Leny Fawcett merupakan seorang pemeran wanita berkebangsaan Amerika Serikat. Dikenal dengan nama Farrah Fawcett-Majors setelah menikah dengan pemeran pria Amerika Serikat, Lee Majors. Dia dilahirkan di Corpus Christi, Texas. Dia berkarier di dunia film sejak tahun 1967.

Aktris era 70-an yang dikenal karena perannya sebagai Charlie’s Angel ini juga ketahuan mengidap kleptomania. Di puncak popularitasnya, ia pernah ketahuan mengutil pakaian dari toko yang dikunjunginya, dua kali.

Baca Juga :  Konsumsi Bawang Putih Ternyata Bisa Bantu Kurangi Kambuhnya Gejala Asma

Nah, itulah beberapa artis hollywood yang sempat menderita kleptomania dan sempat Tepergok Mengutil.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
18,200SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles