28.2 C
Jakarta
Friday, July 26, 2024

Perusahaan Apple Ancam Pecat Karyawan yang Bikin Video Viral di TikTok

Apple diduga mengancam akan memecat seorang karyawan yang memposting video TikTok berisi tips keamanan standar di iPhone. Karyawan tersebut bernama Paris Campbell, dirinya diberitahu bahwa ia dituduh telah melanggar kebijakan perusahaan dengan menyebutkan dirinya sebagai karyawan Apple dan memposting tentang topik terkait Apple.

Kebijakan media sosial perusahaan Apple memperingatkan karyawan agar tidak memposting konten tentang pelanggan, kolega, atau informasi rahasia. Namun, Apple tidak secara khusus melarang karyawan memposting tentang teknologi sepenuhnya.

“Kami ingin Anda menjadi diri sendiri tetapi juga harus respek dalam mengunggah, mencuit, dan komunikasi online lainnya,” kata dokumen internal dilansir dari The Verge.

Campbell merupakan seorang ibu tunggal yang tinggal di New York, telah bekerja di Apple selama hampir enam bulan terakhir. Ia bekerja sebagai teknisi perbaikan di ritel Apple. Pekan lalu, Campbell menanggapi pengguna TikTok yang kehilangan iPhone-nya di event music Coachella. Kemudian, si pemilik iPhone menerima pesan teks ancaman yang mengatakan bahwa informasi pribadinya akan dijual di pasar gelap kecuali pengguna tersebut menghapus iPhone dari ID Apple-nya.

Isi Video dari Sang Karyawan Campbell

Kantor Perusahaan Apple

“Saya tidak dapat memberi tahu Anda dengan tepat bagaimana saya mengetahui informasi ini, tetapi saya bisa beri tahu Anda bahwa selama enam tahun terakhir, saya telah menjadi engineer hardware bersertifikat untuk perusahaan tertentu yang suka berbicara tentang buah (merujuk pada Apple),” kata Campbell

Dalam video tanggapan, Campbell memperingatkan pengguna untuk tidak mendengarkan ancaman si pemeras. “Ponsel Anda sebenarnya tidak berguna bagi mereka, dan Anda satu-satunya orang yang bisa menyelamatkan mereka, dan saya sarankan Anda tidak melakukannya,” kata Campbell dalam video.

Video tersebut pun menjadi viral di TikTok yang menghasilkan 5 juta kali dalam waktu sekitar 24 jam. Campbell menerima telepon dari seorang manajer, yang memintanya untuk menghapus video tersebut atau dia akan dikenakan tindakan disipliner termasuk pemutusan hubungan kerja pada Jumat, 12 Agustus.

Ketika dia bertanya apa yang akan terjadi jika dia membiarkan video itu tetap ada. Ia mengatakan bahwa manajer itu mengembalikan komentar aslinya dan mengatakan bahwa dia akan membalasnya.

Tidak Takut Dipecat

Kantor Apple di California

Selama akhir pekan, Campbell pun mengunggah video kedua berjudul “Dear Apple”. Pada video tersebut, Campbell mengungkapkan bahwa dirinya adalah karyawan Apple dan menyebut ia sedang menunggu informasi apakah dia akan dipecat.

“Saya tidak pernah benar-benar menyebutkan diri saya sebagai karyawan Apple, hingga video ini. Lucunya, setelah meninjau kebijakan media sosial perusahaan, tidak ada yang mengatakan saya tidak dapat menyebut diri saya sebagai karyawan Apple di depan umum. Saya hanya tidak boleh melakukannya dengan cara yang membuat perusahaan terlihat buruk,” katanya.

Sekadar informasi, selain karyawan Apple, sebelumnya Campbell merupakan stand-up komedian sejak 2011. Ia memiliki banyak followers di medsos, jumlahnya total 439 ribu termasuk di TikTok.

Sebelumnya Perusahaan Apple Pecat 2 Orang Karyawan

Perusahaan Apple

Popularitas postingannya mungkin tidak cukup untuk menghentikannya dari pemecatan. Tahun lalu, Apple memberhentikan dua aktivis terkenal karena diduga berbagi informasi rahasia. Namun Campbell mengatakan videonya tidak berisi informasi apa pun yang belum tersedia untuk umum.

“Saya menemukan tanggapan Apple secara langsung kontras dengan bagaimana kami menggambarkan diri sebagai perusahaan dalam hal memberitahu orang untuk berpikir berbeda, berinovasi, dan menghasilkan solusi kreatif,” katanya dalam sebuah wawancara dengan The Verge.

Lebih lanjut Campbell juga menyebut, dirinya tidak hanya memiliki semua pengetahuan Apple karena bekerja untuk Apple. Namun, ia memiliki pendidikan teknis dan sejarah panjang, menurutnya, hal itulah yang membuat Apple mempekerjakannya.

Nah, itulah penjelasan terkait Apple mengancam akan memecat seorang karyawan yang memposting video TikTok berisi tips keamanan standar di iPhone. Kebijakan media sosial perusahaan Apple memperingatkan karyawan agar tidak memposting konten tentang pelanggan, kolega, atau informasi rahasia.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
27,000SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles