30.4 C
Jakarta
Friday, July 26, 2024

5 Pulau yang Ada di Kepulauan Seribu

Bagi yang punya budget tipis dan tak punya banyak waktu untuk liburan ke Lombok, Bali, atau Labuan Bajo, ada solusi lain buat kamu yang ingin liburan manja. Pasalnya, Jakarta juga punya surga bahari yang tak kalah indah yang bisa kamu kunjungi.

Kepulauan Seribu adalah salah satu wilayah kabupaten di DKI Jakarta yang terdiri atas gugusan pulau di Teluk Jakarta. Luas Kepulauan Seribu kurang lebih sekitar 10 kilometer persegi dengan jumlah pulau setidaknya 342 pulau baik yang berpenghuni maupun yang tidak berpenghuni, termasuk pulau-pulau pasir atau terumbu karang.

Walaupun dinamakan Kepulauan Seribu, tetapi wilayah ini tidak memiliki jumlah pulau hingga ribuan. Hal tersebut merupakan sebutan karena banyaknya pulau yang ada dalam suatu kawasan. Selain jumlahnya yang banyak, pulau-pulau di Kepulauan Seribu juga terkenal akan keindahannya. Berikut adalah beberapa pulau di Kepulauan Seribu.

Pulau Ayer

ilustrasi pulau ayer

Pulau Ayer dahulu menjadi tempat Ir. Soekarno, Presiden pertama RI untuk rehat dari aktivitasnya. Pulau yang memiliki julukan “Mutiara Kepulauan” ini menawarkan wisata resort dengan bentuk floating cottage atau terapung di atas laut.

Beberapa aktivitas yang dapat dilakukan di Pulau Ayer, di antaranya adalah memancing, bermain tenis atau voli, berenang, atau melakukan olahraga air, seperti selancar, kano, jet ski, dan banana boat.

Pulau Bidadari

Pulau Bidadari
Dahulu, Pulau Bidadari merupakan tempat bagi orang sakit yang diasingkan pada masa penjajahan Belanda sehingga dinamakan Pulau Sakit. Tidak hanya itu, di pulau ini juga terdapat peninggalan bersejarah, yakni Benteng Martello milik Belanda. Saat ini, Pulau Bidadari menjadi tempat wisata dengan penginapan bertema kampung nelayan terapung, seperti yang terdapat di Minahasa serta tempat melakukan kegiatan di air, seperti jet skibanana boat, dan kano.

Pulau Bira

ilustrasi pulau bira

Pulau Bira pada awalnya dimiliki oleh keluarga Presiden RI ke-2, Jenderal Soeharto. Setelah beliau mengundurkan diri dari kursi kepresidenan, Pulau Bira diserahkan pada pemerintah. Pulau ini terdiri atas Pulau Bira Besar dan Pulau Bira Kecil.

Di Pulau Bira, wisatawan dapat melakukan berbagai kegiatan, mulai dari memberi makan sambil berinteraksi dengan ikan-ikan hingga mengambil foto di bawah laut. Terdapat fasilitas diving dan snorkeling yang sudah disediakan. Namun, jika tidak ingin menyelam, wisatawan dapat menggunakan tangga di dermaga saja.

Pulau Harapan

ilustrasi pulau harapan

Pulau Harapan memiliki keindahan alam yang tidak kalah dari pulau-pulau lainnya. Di pulau ini, wisatawan dapat menikmati indahnya biota laut, seperti gugusan terumbu karang dan ikan-ikan kecil dengan cara berenang atau diving dan snorkeling di perairan dangkal.

Di area Pulau Harapan, terdapat pulau-pulau lain, seperti Pulau Bira, Pulau Pelangi, Pulau Gising, Pulau Perak, dan Pulau Sepa yang cocok untuk tempat menginap. Sedangkan titik-titik favorit untuk menyelam terdapat di sekitar Pulau Macan Gundul, Pulau Genteng Kecil, dan Pulau Kayu Angin.

Pulau Macan

ilustrasi pulau macan

Pulau Macan tidak sekadar menyediakan penginapan seperti pada umumnya, tetapi tempat menginap yang berbasis ramah lingkungan. Keunikan lain dari pulau ini adalah terdapat Pulau Macan kecil yang dapat terlihat hanya ketika air laut sedang surut dan untuk mengunjunginya, wisatawan cukup menyebrang laut dengan berjalan kaki.

Beberapa aktivitas yang dapat dilakukan di Pulau Macan, yaitu diving, snorkeling, kano, dan windsurfing. Tidak hanya itu, di Pulau ini juga terdapat tempat penanaman koral-koral baru untuk wisatawan yang ingin mencobanya.

Nah, itulah 5 pulau yang ada di Kepulauan Seribu.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
27,000SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles