31.6 C
Jakarta
Thursday, June 13, 2024

Profil Pembawa Baki Bendera Merah Putih Pada saat 17 Agustus Kemarin

Inilah profil lengkap petugas paskibraka yang menjadi pembawa baki di acara upacara peringatan Kemerdekaan RI di Istana Merdeka tahun 2022. Tim Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) bertugas mengibarkan bendera Merah Putih. Pada Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada Rabu (17/08/2022).

Sosok paskibraka pembawa baki bendera Merah Putih pada upacara peringatan hari Kemerdekaan RI tahun ini adalah I Dewa Ayu Firsty Meita Dewanggi. Dewa Ayu Firsty Meita Dewanggi merupakan anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) perwakilan dari Jawa Tengah.

Mengutip dari setkab.go.id, I Dewa Ayu Firsty terpilih sebagai pembawa baki bendera Merah Putih dan masuk dalam Tim Pancasila Tangguh. I Dewa Ayu Firsty saat ini merupakan siswa dari SMA Negeri 2 Kudus.

Profil I Dewa Ayu Firsty Meita Dewanggi

Gambar Profil I Dewa Ayu Firsty Meita Dewanggi

Wanita yang memiliki nama lengkap I Dewa Ayu Firsty Meita Dewanggi, ini adalah sosok Paskibraka dari tim Pancasila. Dia bertugas sebagai pembawa baki di acara Upacara Peringatan hari Kemerdekaan Indonesia di Istana Merdeka tahun 2022.

I Dewa Ayu Firsty merupakan anak tunggal di keluarganya.Di sekolahnya, I Dewa Ayu Firsty Dewanggi dikenal sebagai sosok yang berprestasi dan membanggakan. Sosok pembawa baki bendera Merah Putih ini berhasil lolos menjadi Paskibraka di tingkat Provinsi dan Nasional.

Sebelum nya bertugas menjadi Paskibraka di upacara peringatan hari Kemerdekaan, I Dewa Ayu Firsty ini telah mempersiapkan fisik dan mentalnya sejak lama. Karena kegigihannya, I Dewa Ayu akhirnya berhasil melewati berbagai seleksi yang ketat.

Sebelum bertugas sebagai petugas upacara Bendera di hari Kemerdekaan, ia telah melewati proses pengukuhan. Pengukuhan dilakukan oleh Presiden RI Joko Widodo pada Senin (15/8/2022).

Presiden Jokowi melakukan pengukuhan Paskibraka di halaman Istana Merdeka, Jakarta. Ada 68 pemuda yang telah melakukan pengukuhan Paskibraka Nasional tahun 2022. Para pemuda yang terpilih tersebut juga telah mengucapkan Ikrar Putra Indonesia sebelum menjalankan tugasnya sebagai petugas upacara di Istana Merdeka pagi tadi.

Jokowi Kukuhkan 68 Anggota Paskibraka 2022

Ilustrasi Jokowi Kukuhkan 68 Anggota Paskibraka 2022

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengukuhkan 68 orang putra-putri Indonesia dari 34 provinsi menjadi anggota pasukan pengibar bendera pusaka (paskibraka) di Halaman Depan Istana Merdeka, Jakarta, Senin (15/8/2022) sore.

“Dengan memohon rida Allah Yang Mahakuasa. Pada hari ini saya mengukuhkan Saudara-saudara sebagai Pasukan Pengibar Bendera Pusaka yang akan bertugas di Istana Merdeka pada tanggal 17 Agustus 2022. Semoga Tuhan Yang Mahakuasa memberikan rahmat dan kemudahan dalam tugas negara,” kata Jokowi dikutip dari laman resmi Setkab, Senin (15/8/2022).

Usai pengukuhan, Presiden Jokowi secara simbolis menyematkan lencana kepada pemimpin upacara sebagai tanda pengukuhan sebagai anggota Paskibraka. Anggota Paskibraka yang telah dikukuhkan tersebut selanjutnya akan bertugas mengibarkan bendera merah putih.

Pada Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus mendatang di halaman Istana Merdeka. Sementara itu, pada sore harinya. Mereka juga akan kembali bertugas dalam upacara penurunan bendera.

Sebelum dikukuhkan oleh Presiden. Para anggota Paskibraka mengucapkan Ikrar Putra Indonesia yang dipimpin oleh Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi. Saat prosesi pengucapan ikrar Pemimpin Upacara Savina Fasha, perwakilan dari DKI Jakarta, memegang dan meletakkannya Bendera Merah Putih di dada kirinya. Untuk mengucapkan ikrar.

Usai mengucapkan ikrar, Pemimpin Upacara mencium Sang Merah Putih diiringi Lagu Kebangsaan Indonesia. Mengakhiri rangkaian pengukuhan, Presiden didampingi Ibu Iriana Jokowi beserta Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan Ibu Wury Ma’ruf Amin. yang memberikan ucapan selamat dan berbincang dengan para anggota Paskibraka.

Nah, Itulah Profil dari pembawa baki pada saat 17agustus kemarin dan ternyata jokowi kukuhkan 68 anggota Paskibra 2022.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,800SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles