27.9 C
Jakarta
Tuesday, January 31, 2023

Cerita Hari-Hari Soekarno di Masa Penjara nya

Soekarno dijatuhi hukuman penjara selama 4 tahun di tahun 1930 setelah dipenjara di Penjara Banceuy selama 8 bulan tanpa persidangan. Kala itu Sukarno ditangkap di Kota Solo seusai rapat umum pada 9 desember 1929.

Secara formal, ia dituduh mengambil bagian dalam sebuah organisasi yang bertujuan untu menjalankan kejahatan serta menggulikan kekuasaan Hindia Belanda yang telah ada. Setelah dijatuhi hukuman, Soekarno pun dipindahkan ke Penjara Sukamiskin.

Menurut Bung Karno, Sukamiskin adalah penjara yang disediakan untuk para pelanggar hukum Bangsa Belanda dan tempat bagi penjahat-penjahat kelas kakap. Di dalam Sukamiskin, tahanan dibagi tiga kelas. Mereka yang dihukum selama 1 tahu,n kelompok yang ditahan sampai 10 tahun dan kelompok terbesar yang dipenjara lebih dari 10 tahun.

Sukarno ditahan di sel 233 yang terletak di atas tangga besi di tingkat dua dekat pojok. Untuk Soekarno, seluruh blok dikosongkan. Panjang sel itu 15 ubin dengan lebar hanya 12 ubin. Tetangga sel terdekat dalah pemmbunuh berat yang merampok perempuan dan membunuh tiga anaknya.

Pesan melalui telur asin

Gambar tempat penjara soekarno

Selama di Sukamiskin sukarno dilarang berbicara tentang politik. Ia juga dipekerjakan di percetakan yang bekerja di dekat ruang direktur penjara. Sehingga penjagaannya berlipat ganda. Sukarno diminta untuk membuat ratusan rim kertas menjadi buku tulis.

Ia akan menyeret tumpukan kertas mencetak dengan meletakkan dan mengambil nya  dari mesin-penggaris dan mesin potong yang besar dan penuh oli. Ia bekerja seharian mulai matahari tebit hingga tenggelam.

“Pekerjaan yang membosankan untuk orang yang bisa berpikir seperti aku. Sepanjang hari aku hanya memuat garis.” kata Sukarno dalam buku Buku Bung Karno, “Penyambung Lidah Rakyat.” Sukarno bercerita ada 900 orang tahanan di Sukamiskin dengan ruang makan yang cukup kecil dan terdiri dari 25 meja kayu sempit yang masing-maisng untuk 10 orang.

Baca Juga :  KISAH PRESIDEN SOEKARNO PAKSA RUSIA

Para tahanan makan secara bergilir dan diberi waktu makan hanya 6 menit. Bila terdengar gong, maka setiap orang akan masuk dengan membawa piring dan tempat sayur dari almunium, cangkir dan sendok. Enam menit kemudian, kelompok ini akan berbaris menuju kran air untuk mencuci peralatan makannya dan 250 orang lainnya akan berbaris masuk.

Tak hanya makan. Ke kamar mandi pun para tahanan mendapat batasan waktu. Setiap 6 orang diberi waktu 6 menit untuk berebut air dari satu pancuran.

Inggit, istri Soekarno kemudian mengirimkan telur. Jika yang dikirim telur asin, maka ada kabar berita buruk tapi Soekarno tak tahu detailnya. Inggit kemudian mengirim buku agama yang menjadi sarana komunikasi.

Jika Inggit datang membawa buku agama pada 24 April, maka Soekarno harus membuka bab 4 halaman 24. Dengan ujung jari, Soekarno meraba dengan teliti hingga menemukan lubang bekas jarum di bawah huruf. Sehingga jika diraba dan disusun, huruf tersebut menjadi pesan dari kabar buruk yang disampaikan lewat telur asin.

Menjemur badan

Gambar profil soekarno

Selain itu saat Inggit membawa telur biasa, Soekarno akan mengecek kulitnya sebelum dimakan. Satu tusukan peniti berarti “Kabar baik”. Dua tusukan jarum berarti “Seorang kawan ditangkap”.

Sementara tiga tusukan berarti penyergapan besar-besaran, semua pemimpin ditangkap. Kakak Sukarno yakni Sukarni juga pernah menyambangi adiknya. Ia terkejut melihat tubuh adiknya kurus dan lebih hitam.

Kepada sang kakak, Sukarno bercerita jika memilih berbaring di tanah menjemur badan untuk mengambil kekuatan sinar matahari saat rekan-rekannya berjalan-jalan, sepak bola atau duduk di bawah pohon.

Saat di Sukamiskin, Sukarno juga lebih banyak mempelajari agama dan mendekatkan diri pada Tuhan. “Syukurlah, aku telah menemukan Tuhan dan menjadikan Dia sebagai kawanku yang paling berharga dan menjadi sandaran keyakinanku bila aku menghadapi penderitaan yang hebat.”

Baca Juga :  Tasyi Athasyia Klarifikasi Soal Dugaan Perselisihan dengan Tasya Farasya

ungkap Soekarno. Setelah 2 tahun di dalam penjara. Sukarno dinyatakan bebas pada 31 Desember 1931.

Nah, Itulah Cerita dari soekarno di masa penjara nya.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
18,200SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles