30.8 C
Jakarta
Friday, June 14, 2024

50 Ekor Sapi Mati di Pertenakan Italia

Sebanyak 50 sapi di sebuah peternakan di Italia mati mendadak karena keracunan tanaman sorgum muda. Menurut badan kesejahteraan hewan, Istituto Zooprofilattico Sperimentale (IZS), sapi Piedmont di peternakan di Sommariva del Bosco, dekat Turin, barat laut Italia, mati mendadak karena keracunan asam prussic akut pada 6 Agustus.

Asam ini berasal dari dhurrin, yang secara alami terdapat pada tanaman sorgum muda. Kandungan asam tersebut sebenarnya tidak dalam konsentrasi tinggi seperti yang ditemukan pada sampel yang diambil di lokasi.

“Kami menduga kekeringan menyebabkan jumlah dhurrin yang sangat besar di dalam tanaman sorgum.” kata Stefano Giantin. Dokter hewan di Istituto Zooprofilattico Sperimentale untuk Italia barat laut, yang menangani kasus ini.

Dala tanaman yang tumbuh normal, jumlah dhurrin akan lebih rendah saat tanaman tumbuh besar.  Namun kekeringan yang terus berlangsung telah menghambat pertumbuhan tanaman sorgum, sehingga menyebabkan dhurrin terkonsentrasi di dalamnya.

Penyebab dari Kematian Sapi

Kematian 50 ekor sapi

Keracunan asam prussic pada sapi cepat dan brutal, dengan gejala terjadi 10-15 menit setelah konsumsi dan kematian sekitar 15-30 menit kemudian. Ini menyebabkan gangguan pernapasan, saraf, dan otot.

Dhurrin secara alami terjadi pada sorgum. Terutama pada tunas muda yang menggunakannya sebagai pertahanan terhadap herbivora, tetapi ketika dicerna, melepaskan asam prussic, juga dikenal sebagai hidrogen sianida.

Dalam sampel yang diambil dari Sommariva del Bosco. Konsentrasi dhurrin dalam tunas berada pada tingkat yang sangat tinggi. Menurut Giantin tingginya konsentrasi dhurrin merupakan akibat dari kekeringan yang melanda di Italia. Sebagian besar Eropa pada musim panas ini.

Dosis lebih dari 700 mg per kg asam prussic dianggap fatal bagi ternak. Sementara jumlah asam prussic yang ditemukan dalam sapi di peternakan Sommariva memiliki jumlah lebih dari 900 mg per kg.

Satu-satunya cara untuk menyelamatkan sapi yang terkena asam prussic adalah menyuntik mereka dengan natrium tiosulfat, untuk menetralkan hidrogen sianida. Dengan suntikan ini, para ahli dapat menyelamatkan sekitar 30 sapi pada 11 Agustus, ketika tiga peternakan lagi di Piedmont dilanda fenomena yang sama.

Peternak Didenda Rp 75 Juta

Gambar peternak sapi<?center>

Seorang manajer peternakan sapi di Australia dijatuhi hukuman denda sebesar 7.500 dolar atau sekitar Rp 75 juta karena memindahkan ternaknya dan mengakibatkan sekitar 50 ekor sapi mati.

James Rodwell (40), mengaku bersalah di depan Pengadilan Negeri Darwin pada Jumat (30/1/2015) atas satu tuduhan yakni melalaikan tugasnya merawat kawanan ternak yang sedang dipindahkan.

Tiga dakwaan lainnya yang terkait James dan empat tuduhan atas majikannya, perusahaan asal Queensland ‘Shoujaa’, dibatalkan. Dakwaan itu terkait pemindahan atau migrasi sekitar 1.000 sapi di Peternakan Idracowra, 190 kilometer di selatan Alice Springs, pada September 2013.

Dalam persidangan terungkap, James khawatir tentang kurangnya air di peternakan, karena dari hasil pengamatannya saluran air mengering dan ternak menjadi lebih kurus. Jaksa Tom Anderson mengatakan, keputusan untuk memindahkan ternak akhirnya dibuat, karena jika tidak para hewan itu akan binasa.

Pada 2 September 2013, pemindahan dengan tiga helikopter dimulai dan berlangsung selama beberapa hari. Ternak dipindahkan ke lahan sementara dan kemudian ke lahan permanen, sebelum diangkut ke atas truk.

Pengadilan mendengar, sejumlah ternak mengalami dehidrasi dan kematian, dan sejumlah lainnya perlu ditenangkan dengan senapan. Pengacara James, Peter Hanlon, mengatakan, kliennya telah mengatur dua transportasi darat untuk mengumpulkan ternak, tapi salah satunya terlibat dalam kecelakaan.

Ini berarti hanya ada satu kendaraan yang tiba untuk mengumpulkan ternak, dan truk pengganti kedua tiba sekitar 15 jam terlambat. Sehingga hewan-hewan itu berada di lahan sementara lebih lama dari yang direncanakan.

Hakim Alan Woodcock menjelaskan, terdakwa sebagai seorang pekerja keras dan pria jujur yang berkarakter sangat baik. Namun ia mengatakan, tuduhan itu serius dan mendenda James sekitar setengah dari hukuman maksimum.

Nah, Itulah Penyebab dari kematian 50 sapi yang mengakibatkan denda sebesar 75 juta.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,800SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles