28.2 C
Jakarta
Monday, May 27, 2024

Teknologi Mobil Listrik Dari Masa Ke Masa

Akhir-akhir ini, Pemerintah Indonesia sedang gencar untuk mempercepat realisasi penggunaan mobil listrik berbasis baterai di dalam negeri. Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi, bahkan bekerja sama dengan University of Nottingham untuk melakukan pembangunan berkelanjutan dan low-carbon transportation melalui pengembangan kendaraan listrik. Banyak negara maju dan berkembang sudah mulai terbiasa dalam hal penggunaan mobil listrik berbasis bateri. Hal ini terkait dengan penggunaannya yang ramah lingkungan serta lebih praktis dan jauh lebih hemat dibanding mobil konvensional.

Kehadiran mobil listrik membawa harapan baru dalam hal mencegah pemanasan global. Penemuan mobil listrik terbilang revolusioner, meski beritanya baru bermunculan dalam kurun waktu 3 tahun terakhir. Sejarah tentang mobil listrik jika diputar kembali membawa kita ke awal abad 18. Yuk, simak sejarah mobil listrik yang merupakan mobil masa depan selengkapnya berikut ini.

Mobil Listrik

mobil listrik masa depan

Sejarah mobil listrik berawal dari abad ke-18 saat banyak ilmuwan dari Hungaria, Belanda, dan Amerika Serikat yang berfokus pada konsep kendaraan bertenaga baterai dan mulai membuat membuat mobil listrik dalam skala kecil. Di tahun 1832, muncul pria Inggris bernama Robert Anderson yang mengembangkan mobil roda tiga menggunakan baterai listrik. Temuan inilah yang dicatat sebagai mobil bertenaga listrik pertama.

Seiring perkembangannya di akhir abad ke-18. Terciptalah mobil bertenaga listrik yang mampu menampung sampai enam orang penumpang dengan kecepatan 22 km/jam buatan William Morrison. Mobil bertenaga listrik ini kemudian mulai muncul di New York, sampai tercatat 60 armada taksi yang menggunakan mobil listrik di masa itu.

Porsche 911

mobil porche 911

Mendengar nama 911, pasti terkenang dengan Porsche. Ya, 911 merupakan mobil sport yang paling sukses. Total mobil ini sudah terjual sebanyak 820.000 unit sejak 1963.

Dan kini di 2013 ini, Porsche 911 akan merayakan 50 tahun kelahirannya di dunia.

Saat pertama kali diluncurkan sebagai model 901 di pameran IAA International Automotive Show bulan September 1963, 911 terus menjadi mobil yang menjadi acuan bagi sebuah mobil sport.

Sudah ada 7 generasi 911 yang dikembangkan insinyur Porsche di Zuffenhausen dan Weissach. Yang unik, mobil ini relatif tidak mengalami perubahan desain sejak pertama kali diluncurkan. Yuk simak satu per satu dari 7 generasi Porsche 911.

Sebagai penerus dari Porsche 356, 911 langsung merebut perhatian penggila mobil sport. Mobil ini menggunakan mesin boxer 6 silinder, berpendingin udara. Mesin ini sanggup menghasilkan daya 128 hp dengan kecepatan maksimum 210 km per jam.

Jika ingin lebih lambat, Porsche di tahun 1965 mulai menawarkan mesin 4 silinder.

Namun di 1969 Porsche 911 menjadi lebih bertenaga berkat penggunaan mesin 2.2 liter dan kemudian ditingkatkan lagi menjadi 2.4 liter.

Ferrari

inilah kelebihan mobil ferrari sebagai mobil mewah dunia yang bisa berjalan diatas air dan merupakan mobil ferrari termahal di dunia

Scuderia Ferrari didirikan oleh Enzo Ferrari pada akhir tahun 1929 sebagai sponsor untuk beberapa pembalap amatir dalam berbagai balapan. Enzo sendiri, yang juga menjadi pembalap pada saat itu menggunakan mobil produksi Costruzioni Maccaniche Nazionali (CMN) dan Alfa Romeo sebagai alat balapannya.

Ide pendirian tim Ferrari datang pada malam hari tanggal 16 November 1929 di kota Bologna, ketika Enzo saat itu bersantap malam bersama dua bersaudara Caniato (Augusto Caniato dan Alfredo Caniato), dan pembalap Mario Tadini.

Mereka lantas memutuskan untuk membangun sebuah tim dengan mobil produksi Alfa Romeo. Enzo Ferrari lantas melanjutkan karier membalapnya dengan beragam kesuksesan sampai akhirnya putranya yang bernama Alfredo Ferrari (kemudian dikenal dengan nama Dino Ferrari) lahir pada tahun 1932.

Pada tahun itu jugalah, tim Ferrari mencoba peruntungannya di ajang balapan besar dengan turun di ajang 24 Hours of Le Mans dengan mobil Alfa Romeo 8C 2300 Spiders yang berjumlah dua buah dan hasilnya cukup fantastis dengan raihan kemenangan 1-2.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,700SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles