30.5 C
Jakarta
Saturday, February 4, 2023

5 Fauna Spesies Endemik yang Berasal dari Eropa

Daratan Eropa merupakan rumah bagi fauna-fauna yang menarik dan unik. Dari 270 spesies mamalia yang ditemukan di Benua Eropa, 78 spesies adalah endemik.  Ada lebih dari 800 spesies burung di Eropa, 75 spesies amfibi, termasuk 56 spesies endemik, dan 344 spesies ikan air tawar berlimpah di perairan Eropa.  Lebih dari 100.000 spesies invertebrata juga ditemukan di Eropa.

Fauna endemik Eropa Dilansir dari Kompas.com, berikut adalah 5 fauna endemik yang berasal dari Eropa:

Bison Eropa

Gambar hewan Bison Eropa

Bison Eropa (Bison bonasus) terus diburu hingga punah pada awal abad. Populasi terakhirnya ditembak mati di Hutan Bia?owie?a pada tahun 1919 dan Kaukasus Barat pada tahun 1927. Namun, berkat upaya konservasi, bison Eropa kini telah diselamatkan dari ambang kepunahan total. Bison Eropa dapat ditemukan di seluruh Eropa barat, tengah, dan tenggara.

spesies bison dan binatang darat terberat di Eropa. Bison Eropa memiliki panjang 2.9 m dan tinggi 1.8–2.2 m, dengan berat 300–920 kg. Bison ini lebih kecil daripada bison Amerika (B. bison), dan memiliki rambut yang lebih pendek pada leher, kepala, tetapi memiliki ekor dan tanduk yang lebih panjang. Spesies ini kini terancam.

Beruang Coklat

Ilustrasi hewan beruang coklat

Beruang coklat telah lama punah di Irlandia dan Inggris. Namun beberapa populasi masih berkeliaran di beberapa bagian Eropa. Termasuk Balkan dan Pegunungan Carpathian. Populasi kecil beruang coklat juga dapat ditemukan di Pyrenees, Alps, dan Apennines.

Beruang cokelat bisa berbobot 130–700 kg (300–1500 pon). Beruang kodiak termasuk jenis beruang cokelat yang terbesar, yang seukuran dengan beruang kutub yang memiliki anggota terbanyak dalam kerluarga beruang yang merupakan hewan pemangsa darat terbesar. Ada beberapa subspesies beruang cokelat.

antara lain: beruang cokelat suriahberuang cokelat kodiakberuang cokelat alaskaberuang cokelat amerika (grizzly) dan beruang cokelat meksiko.Meskipun beruang coklat secara umum tidak terdaftar sebagai terancam punah, habitatnya terus menyusut karena aktivitas manusia.

Baca Juga :  5 Hewan dengan Jumlah Kaki Terbanyak di Dunia

Katak Pohon Eropa

gambar hewan Katak Pohon Eropa

Hyla arborea atau katak pohon Eropa adalah spesies katak pohon kecil yang hanya dapat tumbuh antara tiga hingga lima sentimeter. Mereka mendiami hutan pulau dan vegetasi padat dataran banjir, di tanah rawa, tepi sungai, dan tepi danau di seluruh Eropa, Asia, dan Afrika Utara.

Katak pohon Eropa terdaftar sebagai yang tidak masuk dalam Daftar Merah IUCN, tetapi populasi mereka tampaknya menunjukkan penurunan yang stabil dalam beberapa tahun terakhir terutama karena hilangnya habitat.

Ciri utama Hewan itu adalah cakram perekat yang menempel pada jari-jari kakinya yang panjang. Yang memungkinkannya memanjat dengan cepat dan aman di rumah arborealnya. Katak pohon datang dalam berbagai warna, dari hijau dan coklat yang menjemukan hingga warna tropis yang keluar dari warna yang ditemukan pada katak tropis.

Shag Eropa

Gambar burung eropa

Shag Eropa (Phalacrocorax Aristotelis) adalah burung berleher panjang seukuran angsa.  Mereka ditemukan di seluruh Eropa di Norwegia, Yunani, Ukraina, Islandia, dan Portugal.  Di Inggris, populasi shag ditemukan di pantai Wales dan Inggris Barat Daya.

Kadal Hijau Eropa

Ilustrasi Kadal hijau Eropa

Kadal besar ini biasa dikenal sebagai kadal hijau Eropa. IUCN mencantumkan kadal hijau Eropa sebagai yang paling tidak diperhatikan karena populasi besar masih tumbuh subur di alam liar di seluruh Eropa.

Bisa mencapai 40 cm, Lacerta bilineata adalah yang terbesar dari kadal kami setelah kadal ocellated. Jika jantan memiliki warna hijau seragam, betina lebih kontras dan mungkin putih atau hitam. Yang muda berwarna cokelat dengan tenggorokan hijau.

Nah, Itulah 5 Spesies Edemik yang berada di benua eropa, Ada lebih dari 800 spesies burung di Eropa, 75 spesies amfibi, termasuk 56 spesies endemik, dan 344 spesies ikan air tawar berlimpah di perairan Eropa.

Baca Juga :  Negara di Eropa Paling Melek Teknologi yang Sering Dijajah

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
18,300SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles