29.3 C
Jakarta
Monday, June 17, 2024

5 Kesalahan Memasak Nasi Goreng, Membuat Rasanya Kurang Nikmat

Memasak nasi goreng bukanlah perkara yang susah. Namun, banyak juga yang melakukan kesalahan saat membuat nasi goreng. Hasilnya bukan hanya rasanya saja, tetapi teksturnya pun juga aneh.

Kesalahan yang paling sering dilakukan saat memasak nasi goreng adalah masih terdapat gumpalan nasi putih di nasi goreng tersebut. Hal itu sering dijumpai pada nasi goreng buatan sendiri di rumah.

Agar tak gagal lagi saat membuat nasi goreng sendiri di rumah, berikut dibawah ini merupakan 5 kesalahan saat memasak nasi goreng. Yang membuat rasa dan teksturnya menjadi kurang enak:

Menggunakan Nasi Lembek

nasi putih

Memasak nasi putih memang tergantung selera. Ada orang yang menyukai tekstur nasi yang lembek atau yang banyak airnya, tetapi ada juga orang yang suka nasi dengan kadar air kurang atau agak kering.

Namun, untuk memasak nasi goreng yang dibutuhkan bukan nasi lembek. Tekstur nasi ini kalau dimasak jadi nasi goreng akan sangat berair. Saat kamu makan akan terasa aneh.

Nasi yang cocok untuk nasi goreng adalah nasi pera. Di mana saat memasak nasi agar pera yang wajib diperhatikan adalah takaran air harus sesuai dengan takaran beras, tak terlalu berlebihan.

Menggunakan Minyak Terlalu Banyak

minyak goreng

Memakan nasi goreng yang terlalu banyak minyak membuat rasanya tak nikmat. Apalagi saat masuk ke tenggorokan, membuat tidak nyaman.

Takaran minyak dalam memasak nasi goreng hanya sekadar cukup untuk menumis saja. Setelahnya, minyak sudah tidak diperlukan lagi dalam proses memasak masakan khas satu ini.

Minyak yang berlebih juga gak bagus untuk kesehatan. Bukan hanya membuat tekstur dan rasanya jadi aneh, tetapi kesehatan juga dapat terpengaruhi.

Terlalu Lama Menumis Bumbu

menumis bumbu

Jangan terlalu lama saat menumis bumbu halus jika ingin memasak nasi goreng. Pastikan saat sudah harum, masukkan nasi yang akan kalian gunakan. Kemudian, aduk secara perlahan hingga bumbu tercampur dengan rata.

Saat menumis bumbu, usahakan untuk tidak mencampurnya dengan telur. Hal tersebut juga akan mempengaruhi aromanya. Nasi goreng yang kalian buat akan menjadi cenderung lebih amis, sehingga membuat malas makan.

Selain telur, jangan mencampur sayur saat menumis bumbu. Tentu saja yang kita inginkan adalah nutrisi dari sayur, kan? Jadi, tambahkan sayur saat nasi goreng sudah akan matang.

Memasak Nasi Goreng Dengan Api Kecil

api kompor

Kesalahan ini juga sering dilakukan saat memasak nasi goreng. Menggunakan api kecil hanya akan membuat nasi semakin lembek dan lengket. Sedangkan yang kita inginkan adalah nasi goreng bertekstur kering.

Salah satu cara yang harus kita lakukan adalah memasak nasi goreng dengan api besar. Saat menumis bumbu kalian dapat menggunakan api kecil, tetapi setelah memasukkan nasinya, besarkan api tersebut.

Dengan api besar, kalian bisa membuat tekstur nasi goreng tidak saling melekat antara satu sama lainnya. Bumbu yang sudah dimasak pun bisa tercampur dengan sempurna ke semua nasi yang akan membuat rasanya semakin nikmat.

Menggunakan Nasi yang Baru Matang

nasi matang

Sebagai tambahan, jangan memasak nasi goreng dengan nasi yang masih panas atau baru saja matang. Nasi yang baru matang masih punya kadar air lebih. Hal tersebut akan mempengaruhi tekstur nasi goreng saat matang nanti.

Biarkan atau diamkan terlebih dahulu nasi yang baru matang tersebut sebelum memasaknya kembali menjadi nasi goreng. Biarkan hingga kadar airnya hilang. Kalian juga dapat memindahkan ke piring, lalu diamkan di suhu ruangan. Jangan menaruhnya di dalam pemanas nasi untuk menghindari uap yang membuatnya berair.

Kesalahan dasar saat memasak nasi goreng di atas menjadi kesalahan yang paling sering dilakukan. Jika kalian adalah salah satu orang yang pernah membuat kesalahan seperti di atas. Kini kalian dapat memasak nasi goreng tanpa harus membuat kesalahan dan tak gagal lagi. Semoga informasinya bermanfaat ya!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,800SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles