32.2 C
Jakarta
Sunday, February 5, 2023

Kebakaran di Putri Duyung Ancol, Hanguskan Bangunan Tepi Pantai

Api berkobar hebat menghanguskan area Putri Duyung Ancol, Taman Impian Jaya Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, Minggu (21/8/2022) petang. Kebakaran terjadi di area cottage alias penginapan yang berada di tepi laut sejak pukul 17.00 WIB ini.

Seperti pantuan dari TribunJakarta.com di lokasi, api berkobar hebat membakar bangunan-bangunan penginapan yang berbahan dasar kayu di area Putri Duyung Ancol. Api berkobar menjilat-jilat pondasi berbahan dasar kayu dan merembet ke bangunan-bangunan lainnya.

Dari kejauhan, terpantau penginapan yang terbakar lebih dari satu bangunan. Kebakaran ini membuat petugas pemadam kebakaran berjibaku memadamkan api. Terpantau dari kejauhan petugas masuk lewat gerbang Putri Duyung Ancol dan memanjangkan selang sampai ke area cottage.

Penjelasan Abdul Wahid

Kebakaran di Putri Duyung Ancol

Kepala Seksi Operasi Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Utara, Abdul Wahid mengatakan, kebakaran pertama kali dilaporkan pada pukul 17.13 WIB. Petugas pemadam kebakaran langsung bergerak ke tempat kejadian. Api berhasil dilokalisasi pukul 17.33 WIB.

“Penjalaran sudah dapat dilokalisasi. Situasi kuning,” kata Abdul dalam keterangannya.

Sejumlah petugas pemadam kebakaran dibantu Unit Lalu Lintas Polsek Pademangan tampak berupaya memadamkan dan melokalisir titik api dari Jalan Pantai Indah.

Namun, api cepat membesar karena angin bertiup cukup kencang dan bangunan pondok berbahan dasar kayu. Penyebab kebakaran ini masih diselidiki. Salah seorang pengunjung Isye Siahaan yang menginap di salah satu bangunan pondok (Paus 300) di Putri Duyung Resort mengaku sebelum kejadian, terdengar suara ledakan.

Penjelasan dari kepolisian

Kebakaran di Putri Duyung Ancol

Personel Kepolisian Sektor Pademangan masih di lokasi kebakaran guna memastikan penyebab kebakaran. Kebakaran itu membuat sejumlah petugas pemadam kebakaran berjibaku memadamkan api.

Terpantau dari kejauhan petugas sampai memanjangkan selang dari pintu gerbang tempat berlangsungnya pernikahan putri Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, sampai ke area pondok penginapan yang terbakar.

Baca Juga :  Penyebab Kebakaran Gudang JNE Cimanggis Diduga gegara Korsleting Listrik

Hingga pukul 17.55 WIB, api terpantau masih berkobar hebat pada area bangunan. Belum diketahui apakah terdapat korban jiwa maupun total kerugian yang diterima Taman Impian Jaya Ancol akibat peristiwa tersebut.

Berdasarkan informasi dari Twitter BPBD DKI, peristiwa kebakaran terjadi di Jalan Lodan Timur No. 7, Kelurahan Ancol, Pademangan, Jakarta Utara atau Putri Duyung Resort.

“Penanganan dua unit damkar, TRC BPBD, PLN, PMI, AGD, Dishub, Satpol PP, PSKB/Tagana, Polsek, Koramil,” tulis akun Twitter BPBD DKI Jakarta.

Sementara itu, Humas Gulkarmat DKI Jakarta menyampaikan laporan kebakaran diterima Damkar pukul 17.13 WB. Personel Damkar tiba di lokasi untuk pemadaman pukul 17.20 WIB.

“Objek (terbakar) Rumah Tinggal Putri Duyung Cottage (BP)” ungkap Humas Gulkarmat DKI Jakarta dalam keterangannya.

Penyebab terjadinya kebakaran

Kebakaran di Putri Duyung Ancol

Saat ini, petugas pemadam kebakaran masih melakukan proses pemadaman. Namun, belum diketahui penyebab terjadinya kebakaran di Putri Duyung Resort termasuk apakah ada korban jiwa atau tidak dalam peristiwa tersebut.

Kebakaran yang terjadi sejak pukul 17.00 WIB itu bisa dipadamkan pukul 18.00 WIB dengan pengerahan 20 unit mobil pemadam kebakaran. Di Putri Duyung Ancol sendiri total ada sebanyak 127 unit penginapan. Eko menjelaskan, api awalnya berasal dari salah satu cottage yang berlantai 2.

Si jago merah berkobar di lantai 2 bangunan tersebut dan merembet ke penginapan lainnya lantaran terbawa angin kencang.

“Ada satu unit di (Paus) 100 itu awal mula munculnya api, karena juga pada sore tadi kondisi angin cukup kencang merembet ke dua unit (cottage) di sebelahnya,” kata Eko.

Nah, itulah informasi terkait kebakaran di resort putri duyung yang terjadi pada minggu kemarin yang masih diselidiki penyebab kebakaran tersebut.

Baca Juga :  Hujan Sejak Semalam di Jakarta -Tangerang, Bogor Dilanda Banjir.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
18,300SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles