25 C
Jakarta
Friday, January 27, 2023

4 Objek Wisata di Latvia

Latvia merupakan salah satu negara republik yang terletak di kawasan semenanjung Baltik. Negara yang dalam sejarahnya pernah menjadi bagian dari Rusia ini merdeka di tahun 1991, dan menawarkan pariwisata yang sangat indah. Pesona laut Baltik menjadi pendongkrak popularitas dan daya tarik wisata di negara yang penduduknya sekitar 2 juta jiwa ini.

Selain pesona alam yang luar biasa, Latvia adalah rumah bagi bangunan-bangunan klasik yang banyak berdiri di berbagai wilayah Latvia. Karena luas wilayah negara ini tidak begitu besar, serta sudah bergabung dengan Uni Eropa, Latvia dapat menjadi tujuan anda berwisata ke berbagai wilayah Eropa Timur lainnya. Berikut ini tempat wisata Latvia yang layak anda kunjungi, terutama pada musim liburan musim panas:

Liepaja

ilustrasi Liepaja

Kota Liepaja terletak di bagian timur pantai Latvia yang menghadap langsung ke laut Baltik. Kota Liepaja merupakan salah satu kota yang unik dan menarik bagi pariwisata Latvia karena di dalam satu kota terdapat dua gaya arsitektur yang membagi kedua bagian kota ini. Bagian selatan kota ini merupakan kota tradisional, sementara di bagian utara merupakan bekas kota rahasia dari militer Rusia selama masa Perang Dunia Pertama.

Alhasil, gaya arsitektur di kedua bagian kota ini mengikuti bagaimana sejarah yang terjadi di sini. Daya tarik lain dari Liepaja adalah pantai pasir putih yang menghadap laut Baltik yang sangat indah. Dua pantai yang sangat populer di Liepaja adalah Vec Liepaja dan Dienvidrietumi. Sementara ada pula pantai Karosta yang sering menjadi lokasi pertunjukan musik tahunan yang umumnya diadakan di bulan Juli.

Gauja National Park

ilustrasi Gauja National Park

Latvia juga menawarkan panorama keindahan alam yang masih asri dan alami. Gauja National Park merupakan perpaduan panorama gua-gua yang sangat terawat, tebing yang spektakuler, sungai yang mengalir jernih, serta rimbunan pepohonan hijau yang menyejukkan mata.

Baca Juga :  5 Tempat Wisata Ini Ternyata Punya Sejarah yang Pilu dan Menyeramkan

Salah satu gua yang menarik dikunjungi adalah Gutmanala. Dinding-dinding gua ini dipenuhi oleh berbagai macam prasasti dan coretan-coretan peninggalan kehidupan kuno.

Di dalam gua terdapat sumber air yang menurut legenda memiliki kekuatan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Keindahan Gauja National Park semakin lengkap dengan aliran sungai Gauja yang dikelilingi oleh tebing-tebing yang menakjubkan. Di Gauja National Park ini anda bisa menikmati beragam aktivitas menarik seperti sepeda gunung, hiking, dan kano.

Kuldiga

ilustrasi kuldiga

Wisata alam lain yang bisa anda nikmati adalah salah satu air terjun terlebar di Eropa. Air terjun Venta yang aliran sungainya melintasi rumah-rumah di kota kecil Kuldiga. Selain itu pengunjung juga bisa melihat bekas jembatan bata yang mengagumkan di atas air terjun karena masih utuh meskipun sebagian bangunannya rusak akibat Perang Dunia Pertama.

Di air terjun selebar 240 meter ini pengunjung juga bisa menjadi lokasi menangkap ikan salmon yang sangat populer. Selama musim semi, ikan-ikan salmon akan melompati air terjun dan penduduk setempat akan menangkap ikan-ikan yang berjatuhan dari atas air terjun.

Cape Kolka

ilustrasi Cape Kolka

Cape Kolka terletak di dalam kawasan Taman Nasional Slitere yang berada di ujung timur laut Latvia. Cape Kolka merupakan daerah perairan terpencil dan masih alami yang jauh dari perkembangan modern. Di Cape Kolka anda bisa menemukan sisa-sisa desa yang ditinggalkan dan pangkalan militer Rusia yang hingga saat ini tidak tersentuh perubahan.

Oleh karena itu, anda akan merasa dibawa ke suasana masa lalu di Latvia. Keindahan dari kehidupan masa lalu ini berpadu dengan pesona alam air laut yang indah dan bukit-bukit pasir yang sangat mengagumkan.

Nah, itulah Negara yang dalam sejarahnya pernah menjadi bagian dari Rusia ini merdeka di tahun 1991, dan menawarkan pariwisata yang sangat indah.

Baca Juga :  8 Gunung Api Aktif Paling Angker di Jawa Timur

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
18,200SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles