30.2 C
Jakarta
Friday, January 27, 2023

Mengenal 5 Hewan di Wilayah Neartik

Antelop adalah mamalia bertanduk panjang yang berkeluarga dengan kijang, jambing, dan banteng. Fauna antelop terdapat di wilayah neartik. Antelop adalah mamalia bertanduk panjang yang berkeluarga dengan kijang, jambing, dan banteng.

Fauna antelop terdapat di wilayah neartik. Wilayah Neartik adalah salah satu dari wilayah persebaran fauna di dunia bersama dengan Paleartik, Neotropik, Oriental, Australia, Asia, dan Etiopia.

Dilansir dari kompas.com, wilayah beiogeografis neartik mencakup sebagaian besar Amerika Utara, termasuk Greendland, Florida Tengah, dan dataran tinggi Meksiko.

Wilayah neartik memiliki kondisi geografis yang beragam seperti hutan boreal, padang rumput, hutan arktik tundra, gurun musim dingin, pesisir, pegunungan, hingga es beku. Hal tersebut membuat wlayah neartik memiliki hewan yang beragam.

Fauna Neartik fauna wilayah neartik diperkirakan mencakup 120 famili vertebrata yang terdiri dari 26 keluarga mamalia, 29 keluarga burung, 21 keluarga reptil, dan 14 keluarga amfibi.

Selain itu, fauna neartik memiliki banyak spesies ikan, banyak spesies invertebrata, dan spesies endemik yang tidak ditemukan di wilayah lain. Berikut adalah contoh hewan di wilayah neartik!

Kalkun

Gambar hewan kalkun
Kalkun adalah salah satu jenis yang banyak ditemukan di wilayah Neartik. Meskipun asalnya dari Turki, hewan ini banyak berkembang biak di wilayah Amerika Utara. Kalkun adalah dua spesies burung berukuran besar dari ordo Galliformes genus Meleagris. Kalkun betina lebih kecil dan warna bulu kurang berwarna-warni dibandingkan kalkun jantan. Sewaktu berada di alam bebas.
Kalkun mudah dikenali dari rentang sayapnya yang mencapai 1,5-1,8 meter. Spesies kalkun asal Amerika Utara disebut M. gallopavo, sedangkan kalkun asal Amerika Tengah disebut M. ocellata.

Tikus Berkantung

Gambar tikus berkantung

Tikus berkantung atau Dasyurids adalah jenis marsupial yang banyak ditemukan di wilayah Neartik. Hewan ini memiliki kemampuan adaptasi lingkungan sehingga dapat hidup di daerah dengan suhu yang mudah berubah.

Meski begitu, di Afrika, tikus berkantung ini memiliki pengagum. Organisasi non-pemerintahan Apopo tengah merintis upaya untuk memaksimalkan penggunaan kecerdasan dan daya penciuman tajam tikus tersebut. Tikus berkantung Gambia disebut tikus pahlawan, karena jika dilatih secara khusus, tikus ini bisa mendeteksi ranjau darat dan bahkan TBC.

Rusa Kutub

Gambar hewan rusa berkutub

Rusa kutub adalah salah satu hewan yang hidup di wilayah Neartik, khususnya bagian yang dingin dan bersalju di wilayah Amerika Utara. Meskipun secara keseluruhan jumlah rusa kutub masih banyak, tetapi beberapa subspesies termasuk kategori langka, dan satu subspesies telah punah.

Bangau

Gambar hewan Bangau

Bangau atau disebut juga bango adalah sebutan untuk burung dari keluarga Ciconiidae. Badan berukuran besar, berkaki panjang, berleher panjang namun lebih pendek dari burung Kuntul, dan mempunyai paruh yang besar, kuat dan tebal.

Bangau bisa dijumpai di daerah beriklim hangat. Habitat di daerah yang lebih kering dibandingkan burung Kuntul dan Ibis. Makanan berupa Katak, ikan, serangga, cacing, burung kecil dan mamalia kecil dari lahan basah dan pantai.

Beruang Bewajah Pendek

gambar Beruang Bewajah Pendek

Beruang berwajah pendek biasa disebut juga sebagai beruang Arctodus, nama genus mereka. Ada dua spesies yang diketahui dalam genus ini, yaitu beruang berwajah pendek raksasa (Arctodus simus) dan beruang berwajah pendek kecil (Arctodus pristinus). Sesuai namanya, tentu ukuran kedua spesies tersebut berbeda.

Beruang berwajah pendek raksasa adalah spesies beruang terbesar yang pernah hidup di bumi. Saat berdiri dengan empat kaki, tinggi mereka bisa mencapai 1,8 meter hingga ke bahu. Sementara saat berdiri dengan dua kaki, tingginya bisa sampai 3,6 meter Laman Bear juga memperkirakan bobot mereka bisa mencapai sekitar 860 kg.

Baca Juga :  5 Hewan dengan Jumlah Kaki Terbanyak di Dunia

Nah, itulah penjelasan mengenai 5 hewan yang ada di wilayah Neartik yang memiliki kondisi geografis yang beragam seperti hutan boreal. Fauna Neartik memiliki banyak spesies ikan, banyak spesies invertebrata, dan spesies endemik yang tidak ditemukan di wilayah lain.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
18,200SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles