32.1 C
Jakarta
Sunday, February 5, 2023

Jokowi Akan Mulai Menanam Sorgum di Wilayah NTT

Presiden Joko “Jokowi” Widodo mendorong agar Kadin mulai menanam sorgum di wilayah NTT. Upaya tersebut sebagai langkah untuk mengantisipasi terjadinya kelangkaan gandum di dalam negeri.

“Saya mengajak bapak ibu sekalian misalnya di NTT, ada kadin NTT? tanam sorgum, NTT itu adalah tempatnya sorgum, sangat subur sekali dan sangatĀ visible, coba aja lah gak usah ribuan hektare, coba dulu 10 hektar, ini bener gak sih presiden ngomong ini benerĀ ndak, oh, itung, kalkulasi, masuk, tanem sebanyak-banyaknya. Itu (sorgum) nanti dipakai untuk campuran gandum,” kata Jokowi saat menyampaikan arahan KADIN provinsi se-Indonesia pada Selasa (23/8/2022).

NTT punya Potensi Menanaman Sorgum

Ilustrasi NTT punya potensi penanaman sorgum

Jokowi melihat sejumlah wilayah di NTT mempunyai potensi lahan yang mampu untuk ditanam sorgum. Meskipun dengan kuantitas air yang tidak maksimal dan lahan yang marjinal akan tetapi tumbuhan sorgum bisa tumbuh dengan baik.

“Saya melihat kemarin di Waingapu, Sumba Timur, NTT, yang air tidak ada di sana. Tanahnya marjinal tetapi yang namanya sorgum tumbuh sangat subur dan lahan kalau mau cari ribuan hektare pun sampai ratusan ribu hektare pun di NTT itu banyak,” katanya.

Impor Jagung Indonesia Tembus 800 Ribu Ton

Gambar jokowi ajak kadin tanam sorgum di NTT

Jokowi mendorong agar Kadin juga memperhatikan komoditas jagung yang diminati sangat tinggi tidak hanya di dalam negeri akan tetapi juga dari luar.

“Ini yang kita tunggu dari KADIN. Jagung baik untuk makanan kita maupun makanan ternak. Permintaan sangat banyak sekali baik dari dalam negeri maupun dari luar, karena impor jagung kita sekarang ini masih 800 ribu ton yang sebelumnya 7 tahun yang lalu hanya 3,5 juta ton. apa artinya? ini peluang,” ujar Jokowi.

Baca Juga :  Fakta Menarik Mick Jagger yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Jokowi Dorong Kadin Tanam Jagung

Gambar jokowi tanam sorgum di NTT

Jokowi menambahkan jika jagung merupakan tumbuhan yang cukup mudah untuk ditanam. Kadin diharapkan memaksimalkan penanaman jagung dengan melibatkan proses tanam yang modern hingga melakukan konsorsium.

“Jagung dimanapun bapak ibu sekalian ditanem itu tumbuh. Jangan kalau KADIN kerja yang tradisional dong, mekanisasi, konsorsium bareng-bareng. Bikin 100 ribu hektare dengan alat modern. Pemupukan pakai drone, ini baru Kadin. Jangan nanti kadin (bilang ke saya) pak saya udah nanem, berapa? 10 hektare, Kadin kok 10 hektare,” tegas Jokowi.

Jokowi juga menambahkan bahwa kami laporkan bahwa target dari musim sasaran tanam di 2022 adalah 15.000 hektare. ini tentu ada pengembangan sebesar 100.000 hektare.” ungkapnya.

“Dan di 2023 dipersiapkan lahan sejumlah 115.000 hektare. Dan pada 2024 sebesar 154.000 hektare. tentu luasan tersebut akan terus dipersiapkan oleh Kementerian Pertanian dan juga Kementerian LHK.” lanjut Airlangga.

Nah, itulah Jokowi akan mendorong tanam sorgum dan akan memperbesar tanaman sorgum di NTT, Dengan upaya tersebut sebagai langkah untuk mengantisipasi terjadinya kelangkaan gandum di dalam negeri.

Nah, Itulah Jokowi akan mendorong tanam sorgum dan akan memperbesar tanaman sorgum di NTT, Upaya tersebut sebagai langkah untuk mengantisipasi terjadinya kelangkaan gandum di dalam negeri.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
18,300SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles