25.5 C
Jakarta
Sunday, December 3, 2023

5 Tempat Wisata di Lithuania

Lithuania merupakan salah satu negara Baltik yang berbatasan langsung dengan Rusia dan Laut Baltik. Negara ini memiliki wilayah terbesar dibandingkan dua negara Baltik lainnya, yakni Estonia dan Latvia. Meski tak menjadi destinasi utama untuk menghabiskan liburan warga Indonesia, nyatanya banyak tempat wisata di Lithuania yang unik dan mempesona.

Lithuania sempat nyaris terhapus dari sejarah lantaran sejarahnya yang panjang. Negara ini juga sempat diduduki Uni Soviet sebelum memerdekakan diri bersama negara Baltik lainnya di tahun 1991.

Karenanya, banyak spot wisata sejarah yang bisa Anda nikmati di negara ini. Namun bukan berarti Lituania tak memiliki destinasi wisata lain, negara ini memiliki spot kastil, katedral, dan beberapa situs suci yang menarik.

Jika ingin berkunjung ke Lithuania sebaiknya Anda menjadwalkan perjalanan pada sekitar bulan April hingga Oktober. Di negara Baltik, Juni – Juli merupakan puncak musim liburan sehingga situasi akan lebih padat dibanding biasanya. Nah, berikut tempat wisata di Lithuania yang paling banyak direkomendasikan dan bisa Anda masukkan ke dalam daftar destinasi tujuan.

Vilnius

ilustrasi Vilnius

Ibukota Lithuania, Vilnius, merupakan sebuah obyek wisata yang harus dijadikan destinasi dalam daftar Anda. Di kota ini terdapat sebuah spot Kota Tua yang masuk dalam daftar tempat bersejarah yang dilindungi oleh UNESCO. Simbol kawasan ini sangat mudah untuk dikenali, yakni adanya Menara Gediminas yang menjulang di ketinggian.

Kota Vilnius identik dengan bangunan yang memiliki warna cerah dengan gang dan gereja yang berwarna-warni, namun terkesan tenang dan damai. Di gang-gang ini Anda bisa menemukan pub dan bar yang berbanding terbalik dengan suasana kota yang hening. Temukan pula restoran romantis, butik dari desainer terkenal, hingga toko kerajinan mewah di sini.

The Hill of Crosses

ilustrasi The Hill of Crosses

The Hill of Crosses atau bisa juga disebut sebagai Bukit Salib merupakan salah satu spot wisata agama yang berada di Siauliai, Lithuania. Di sini terdapat monumen salib terbesar yang benar-benar berisi ribuan salib. Tumpukan salib yang banyak jumlahnya ini sebenarnya mayoritas berasal dari peziarah dan pengunjung yang sengaja meninggalkannya di sana.

Adat untuk meninggalkan salib ketika berziarah ke kawasan The Hill of Crosses dipercaya telah dimulai sejak tahun 1831 silam. Tak heran jika sudah ribuan, atau bahkan puluhan ribu salib ada di bukit ini. Namun, selain wisata ziarah, bukit ini juga menyuguhkan pemandangan yang menakjubkan. Jadi, tak ada salahnya untuk memasukkan destinasi ini dalam daftar perjalanan Anda.

The Curonian Spit

ilustrasi The Curonian Spit

Salah satu obyek wisata yang menjadi kebanggan Lithuania adalah The Curonian Spit. Situs ini bahkan masuk dalam jajaran situs warisan dunia versi UNESCO. Tempat ini membentang sepanjang Laut Baltik dengan menyuguhkan gundukan pasir sempit memanjang. Terbentang sepanjang 60 km sebelah selatan Klaipeda hingga mencapai ekslave Rusia Kaliningrad, spot ini terkesan sepi dan damai.

Di musim panas, banyak wisatawan datang untuk sekedar bergembira dan bermain pasir di pantai. Karena nuansanya yang tenang dan damai namun memiliki panorama indah, banyak orang jatuh cinta pada tempat ini. Bahkan salah satu penulis terkenal asal Jerman, Thomas Mann, nekat membuat pondok saking cintanya dengan tempat ini.

Trakai

ilustrasi trakai

Salah satu alternatif wisata lain yang cukup populer di Lithuania adalah Taman Nasional Sejarah Trakai. Anda bisa menempuh perjalanan dengan menggunakan kereta dari ibukota. Spot ini memadukan antara keindahan alam berupa danau yang saling terhubung satu sama lain dengan sejarah Lithunia. Anda juga bisa mendatangi Danau Galve, Castle Pulau Gotic, dan Museum Sejarah Trakai yang berdekatan lokasinya.

Paneriai

ilustrasi Paneriai

Lithunia telah lama dikenal sebagai pusat belajar bagi kaum Yahudi sejak berabad-abad lalu. Anda tentu masih ingat pelajaran sejarah yang menerangkan mengenai pendudukan Nazi atas Perang Dunia II, hingga terjadinya tragedi Holocaust. Tragedi ini terjadi pada kisaran tahun 1941 hingga 1944 di mana puluhan ribu orang Yahudi dibunuh secara masal.

Nah, pembunuhan tersebut dulunya dilakukan di bawah pepohonan Hutan Paneriai ini. Bahkan sampai sekarang masih dapat ditemukan sisa lubang pemakaman masal yang dulunya digunakan untuk membakar mayat yang tergelatak. Museum yang terletak di Agrastu 17, Vilnius, Lithuania ini tentu akan memberikan kesan tersendiri bagi Anda yang mengunjunginya.

Nah, itulah 5 tempat wisata yang ada Lithuania. Meski tak menjadi destinasi utama untuk menghabiskan liburan warga Indonesia, nyatanya banyak tempat wisata di Lithuania yang unik dan mempesona.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
25,600SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles