32.2 C
Jakarta
Sunday, February 5, 2023

Militer AS Akan Meluncurkan Serangan Ke Suriah

Militer Amerika Serikat (AS), pada Rabu (24/8/2022), menyampaikan bahwa pihaknya telah melakukan serangan udara di Suriah bagian timur. Serangan tersebut menargetkan daerah-daerah yang dikuasai oleh Islamic Revolutionary Guard Corps (IRGC) Iran.

Tidak ada pengakuan langsung oleh media pemerintah Suriah tentang serangan yang menghantam daerah Deir Ez-Zor. Pihak Iran juga tak mengakui serangan yang diklaim oleh AS tersebut.

Serangan Balas Dendam AS terhadap Serangan Iran

Gambar Serangan balas dendam AS terhadap serangan Iran

Komando Pusat militer AS mengatakan, serangan itu merupakan tindakan proporsional dan disengaja dengan maksud membatasi risiko eskalasi serta meminimalkan risiko korban. Serangan yang dikabarkan merupakan perintah Presiden Joe Biden itu diklaim sebagai upaya untuk melindungi personel AS.

“Serangan hari ini diperlukan untuk melindungi dan membela personel AS,” kata juru bicara Komando Pusat Kolonel Joe Buccino dalam sebuah pernyataan, dilansir idntimes.com.

Buccino menambahkan, serangan itu merupakan tanggapan atas serangan 15 Agustus 2022 yang menargetkan pasukan AS. Dalam serangan itu, pasukan AS melihat drone yang diduga diluncurkan oleh milisi yang didukung Iran menargetkan Garnisun al-Tanf yang digunakan oleh pasukan AS. Walau begitu, tidak ada korban jiwa atas serangan yang dilakukan milisi Iran itu.

Deir Ez-Zor Merupakan Lokasi Strategis

Iustrasi Deir Ez-Zor

Deir Ez-Zor adalah provinsi strategis yang berbatasan dengan Irak dan memiliki cadangan minyak yang besar. Kelompok milisi yang didukung Iran dan pasukan Suriah mengendalikan daerah Deir Ez-Zor. Sering menjadi sasaran pesawat perang Israel dalam serangan udara sebelumnya.

Pasukan AS memasuki Suriah pada 2015, mendukung pasukan sekutu dalam perjuangan mereka melawan ISIS. Mereka telah menghadapi banyak masalah selama beberapa tahun terakhir karena munculnya berbagai milisi yang merekrut banyak pemuda di Suriah.

Baca Juga :  Ternyata, Di Amerika Ada Tempat Religi Islam

AS sendiri menaruh perhatian terhadap salah satu milisi yang berafiliasi dengan Iran. Milisi ini berfungsi untuk menstabilkan kontrol rezim Assad sambil meningkatkan pengaruh Iran di daerah tersebut.

Salah satu milisi ini ditempatkan di kota Deir Ez-Zor dan wilayah timur, dipimpin oleh Haji Mahdi, seorang komandan militer Iran. Milisi ini dikabarkan memiliki operasi besar di seperti al-Mayadin, timur Deir Ez-Zor di mana sekitar 3 ribu anggota IRGC dikerahkan.

Israel juga Kerap Meluncurkan Serangan ke Wilayah Suriah

Ilustrasi Israel

Daerah Deir Ez-Zor memang kerap menjadi sasaran serangan oleh Israel dalam beberapa bulan terakhir. Sebagai aturan, militer Israel tidak mengomentari serangan spesifik di Suriah, tetapi telah mengakui melakukan ratusan serangan mendadak terhadap kelompok-kelompok yang didukung Iran.

Israel juga menyerang pengiriman senjata yang diyakini ditujukan kepada kelompok-kelompok yang didukung Iran tersebut. Ribuan milisi yang didukung Iran dikerahkan di berbagai bagian Suriah, kebanyakan dari mereka berada di daerah sepanjang perbatasan dengan Irak.

Aktivitas milisi yang didukung di Iran dianggap sebagai ancaman utama bagi Israel. Apalagi tensi antara Iran dan Israel sedang panas-panasnya, akibat tuduhan pembunuhan yang dilakukan Israel terhadap para pejabat Iran.

Militer AS juga Menyerang Fasilitas Operasional

Gambar militer AS

Bulan Juni tahun lalu, militer AS juga menyerang fasilitas operasional dan penyimpanan senjata di dua lokasi di Suriah dan satu di Irak. Pasukan AS pertama kali ditempatkan di Suriah ketika Barack Obama menjabat sebagai Presiden.

Obama yang saat itu gencar dengan kampanye melawan ISIS. Bermitra dengan kelompok pimpinan Kurdi yang disebut Pasukan Demokrat Suriah. Ada sekitar 900 tentara AS di Suriah, sebagian besar ditempatkan di timur.

Milisi yang didukung Iran membangun sejumlah fasilitas di Surah ketika berperang untuk mendukung Presiden Bashar al-Assad selama perang saudara Suriah. Saat ini, mereka terkonsentrasi di sebelah barat Efrat di Provinsi Deir al-Zor.

Baca Juga :  Pemimpin Taliban Pakistan Tewas dalam Serangan Afghanistan

Nah, Iulah pembahasan tentang pemerintah suriah yang akan mendapatkan serangan dari milter AS,dan akan menghantamkan daerah Deir Ez-Zor.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
18,300SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles