26.7 C
Jakarta
Friday, December 1, 2023

5 Fakta dari Spesies Rusa dengan Bentuk Tanduk Mengangumkan

Rusa merupakan jenis hewan yang populasinya dapat ditemukan di berbagai wilayah di dunia. Hewan herbivora ini memiliki puluhan spesies yang sebagian besar diklasifikasikan menurut ciri khas fisik. Red deer menjadi salah satu spesies rusa unik baik itu dari segi penampilan maupun cara bertahan hidup. Mereka merupakan hewan sosial yang sering berkumpul dalam jumlah yang banyak.

Dilansir laman Idntimes.com dan Animaldiversity, rusa ini dikenal dengan ukuran tubuhnya yang besar serta memiliki tenaga yang kuat. Inilah beberapa fakta unik seputar red deersalah satu spesies rusa dengan bentuk tanduk yang mengagumkan.

Habitat asli red deer

Gambar hewan Habitat asli red deer

Populasi dari red deer tersebar luas di wilayah benua Eropa yang meliputi negara Austria, Belgia, Rumania, Italia, Belanda, Irlandia dan masih banyak lagi. Namun, sebagian kecil populasi hewan ini juga dapat ditemukan di benua Asia dan Afrika. Dilansir dari laman Animaliared deer lebih suka hidup di daerah-daerah terbuka mulai dari padang rumput, lembah, rawa hingga pegunungan.

Untuk bertahan hidup, spesies rusa ini mengonsumsi berbagai jenis tumbuh-tumbuhan di antaranya rumput, daun, dan jamur. Red deer memiliki kebiasaan yang unik saat makan yaitu mereka sering memuntahkan makanan keluar dari mulut kemudian memakan dan mengunyah lagi. Proses itu bertujuan untuk membantu pencernaan mereka.

Ciri khas fisik

Ilustrasi Habitat asli red deer

Red deer memiliki ukuran tubuh yang tergolong besar jika dibandingkan dengan spesies rusa pada umumnya. Dilansir dari laman Animaldiversity. Seekor red deer dewasa bobotnya bisa mencapai 497 kilogram dengan panjang badan 2,7 meter serta tinggi 1,5 meter. Tubuh hewan ini didominasi dengan bulu berwarna coklat tua dan ekor yang pendek.

Ciri khas dari red deer adalah ukuran tanduknya yang besar dan bercabang. Rata-rata panjang tanduknya antara 1,1–1,5 meter. Namun, hanya rusa jantan yang memiliki tanduk.

Kebiasaan hidup di alam liar

Gambar Habitat asli red deer

Red deer memiliki sifat sosial tinggi dimana mereka selalu hidup dengan membentuk kawanan yang anggotanya bisa mencapai 400 individu. Di samping itu, red deer merupakan hewan penjelajah tangguh yang sering melakukan perjalanan jauh hingga ratusan kilometer.

Sedangkan waktu terbaik bagi red deer untuk berimigrasi sering terjadi pada musim panas. Mereka termasuk hewan diurnal yang aktif beraktivitas mulai dari pagi hingga sore hari. Sedangkan pada malam hari dihabiskan untuk beristirahat dan mengunyah makanan.

Populasi yang masih terjaga

Gambar Habitat asli red deer

Salah satu ancaman terbesar dari populasi red deer adalah mereka sering menjadi target mangsa dari hewan-hewan buas seperti singa, beruang dan serigala. Saat ini, populasi red deer di alam liar diperkirakan tersisa 1,7 juta ekor yang sebagian besar mendiami wilayah benua Eropa.

Red deer belum dimasukan dalam daftar hewan yang dilindungi dikarenakan jumlahnya yang tergolong masih stabil. Di habitat aslinya, mereka dapat bertahan hidup hingga usia maksimal 20 tahun.

Sistem reproduksi

Ilustrasi Sistem reproduksi

Red deer merupakan spesies rusa yang bekembangbiak dengan banyak pasangan atau lebih dikenal dengan istilah hewan poligini. Menjelang musim kawin tiba, red deer jantan akan saling bersaing untuk memperebutkan betina. Bahkan, mereka sampai bertarung hingga terluka dan tanduknya patah.

Masa kehamilan sang betina berlangsung selama 240–262 hari, dan hanya bisa melahirkan seekor bayi rusa. Anak yang baru lahir akan terus tinggal bersama kedua induknya untuk disusui selama beberapa minggu sebelum masuk dalam kawanan rusa lainnya. Mereka akan mencapai tingkat kematangan seksual saat berusia 16 bulan.

Nah, ItulahInformasi tentang 5 Fakta Unik dari Red Deer yang merupakan dari spesies rusa dengan bentuk tanduk mengagumkan. Faktor inilah yang membuat red deer sangat mudah sekali diidentifikasi, saat bertemu mereka di alam liar.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
25,600SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles