26.7 C
Jakarta
Friday, December 1, 2023

5 Jenis Mentega Terbaik yang Cocok Untuk Memanggang

Ketika dihadapkan dengan banyaknya varian mentega, kalian pasti bingung memilih mentega mana yang cocok untuk memanggang hidangan favorit. Selain ditumis atau dijadikan gorengan, mentega juga paling pas ketika ditambahkan ke dalam hidangan serba panggang.

Dengan banyaknya varian mentega yang ada di pasaran, berikut ini terdapat 5 jenis mentega yang baik sekali untuk digunakan bagi masakan serba panggang, baik itu makanan asin ataupun manis. Penasaran? Yuk langsung saja disimak artikel berikut dibawah ini:

Ghee

mentega ghee

Istilah ghee, biasanya akan kamu temukan di dalam resep aneka macam masakan pada tradisi masyarakat India atau Timur Tengah. Ghee sendiri termasuk ke dalam clarified butter yang umum digunakan dalam masak-memasak.

Walaupun terdengar mirip dengan mentega biasa, tetapi ghee atau minyak samin ini memiliki aroma yang jauh lebih unik dan hampir mendekati kacang-kacangan. Selain itu, ghee cenderung lebih tahan ketika disimpan di suhu ruang.

Ghee dapat digunakan untuk berbagai metode memasak, salah satunya sebagai pelengkap sajian serba panggang supaya aroma dan tampilan makanan lebih menggugah selera. Ghee juga sering dijadikan sumber lemak tambahan untuk memenuhi nutrisi harian.

Irish Butter

mentega irish butter

Kemudian ada irish butter. Mentega jenis ini menjadi salah satu bahan yang cukup sering direkomendasikan sebagai pelengkap bagi hidangan serba panggang. Hal tersebut lantaran irish butter mengandung lemak yang cukup tinggi.

Dibandingkan American butter, versi irish cenderung memiliki tekstur yang lebih creamy dan lembut. Selain itu, bahan ini juga dapat digunakan untuk masakan sehari-hari, termasuk pembuatan brown butter karena aromanya yang sangat nutty.

Kelebihan saat menggunakan irish butter untuk berbagai masakan serba panggang, akan membantu membuat tekstur makanan tersebut lebih flaky sekaligus mengembang dengan sempurna.

Plant-based Butter

mentega plant-based butter

Mentega menjadi bahan yang sangat penting bagi banyak orang untuk mengolah sajian, mulai dari tumis-tumisan, gorengan, sampai hidangan serba panggang. Tetapi tidak semua orang bisa menggunakan mentega biasa untuk diolah sehari-hari.

Bagi beberapa kelompok tertentu, salah satunya adalah vegan, mentega biasa tidak dapat digunakan. Maka dari itu, alternatif yang dapat dipakai untuk menunjang masakan sehari-hari adalah plant-based butter.

Jenis mentega yang satu ini dibuat dari ekstraksi minyak yang berasal dari tumbuh-tumbuhan. Walau demikian, kegunaan plant-based butter atauvegan butter ini hampir mirip dengan mentega biasa. Bahkan akan sangat cocok untuk dijadikan penunjang hidangan serba panggang yang terkait akan bolu, pastry, dan kudapan panggang lainnya.

Unsalted Butter

mentega unsalted butter

Secara sederhana, mentega yang biasanya sering digunakan dalam proses memasak sehari-hari adalah antara salted dan unsalted butter. Dua pilihan ini sering menjadi perdebatan tentang mana yang lebih baik digunakan.

Spesial untuk membuat masakan manis yang dipanggang, seperti kue, kalian bisa menggunakan unsalted butterHal itu lantaran sifat dari mentega ini yang tidak ditambahi menggunakan garam, sehingga rasa adonan kalian atur sendiri.

Berbeda dengan salted butter yang mengandung garam, rasa yang dihasilkan cenderung lebih asin. Makanya, jika kamu ingin memanggang makanan-makanan manis seperti kue dan roti, saran yang digunakan adalah unsalted butter.

Sweet Cream Butter

mentega sweet cream butter

Sweet cream butter adalah mentega yang juga sangat direkomendasikan untuk ditambahkan ke dalam aneka masakan yang dipanggang. Mentega ini mungkin terdengar agak asing di Indonesia, namun menjadi tipe butter populer di Amerika.

Sweet cream butter tidak memiliki rasa manis yang akan mempengaruhi rasa suatu hidangan. Makanya, bahan ini tetap cocok digunakan untuk hidangan serba panggang yang asin atau gurih, tanpa merubah rasa makanan tersebut menjadi manis.

Secara sederhana, sweet cream butter ini dibuat dari proses pasteurisasi krim dan tambahan garam. Selain itu, aroma dari mentega ini cukup intens dengan sensasi rasa yang agak mirip dan mengingatkan kita pada susu.

Mentega menjadi bahan yang penting untuk proses masak-memasak, apalagi jika hidangan tersebut diolah dengan cara dipanggang. Makanya, 5 jenis mentega di atas dapat dijadikan sebagai alternatif untuk menambah tekstur dan rasa supaya yang lebih enak.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
25,600SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles