32.1 C
Jakarta
Sunday, February 5, 2023

Seberapa Penting Fungsi Essence dalam Rangkaian Skincare?

Skincare merupakan kebutuhan yang penting untuk merawat kulit, terutama untuk kulit yang bermasalah. Digadang-gadang punya fungsi penting dalam membuat wajah lebih mulus, salah satu produk yang mesti Anda miliki adalah essence.

Essence adalah salah satu skincare yang bagus untuk menjaga kulit wajah Anda tetap terhidrasi dan memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya. Demi mendapatkan manfaat essence secara optimal, tentu Anda tidak boleh sembarangan dalam mengaplikasikannya produk ini.

Sebenarnya, apa fungsi essence?

fungsi essence

Essence pertama kali mendapat sorotan setelah tren skincare ala Korea Selatan mulai populer pada 2011. Produk ini adalah salah satu bagian dari rangkaian skincare 10 tahap yang dikenalkan oleh negara tersebut.

Sebenarnya, produk essence sendiri secara umum memiliki arti yang berbeda-beda. Ada beberapa merek perawatan kulit yang memperkenalkan essence seperti produk toner atau facial mist, yaitu dengan formula yang cenderung lebih cair.

Namun, banyak pula yang memakai istilah essence untuk produk skincare yang lebih kental, tetapi tidak sekental dan sepadat serum untuk wajah. Produk ini biasanya juga dikemas di dalam botol berukuran kecil kurang dari 100 ml.

Essence pada dasarnya merupakan serum dalam bentuk yang lebih cair. Oleh karena kandungannya yang serupa, fungsi essence pun mirip dengan serum. Akan tetapi, produk ini relatif lebih lembut dengan efek yang lebih ringan bagi kulit.

Urutan pemakaian essence adalah setelah selesai mencuci muka. Anda juga disarankan untuk mengoleskan essence sebelum pemakaian serum karena teksturnya yang cenderung lebih cair dan ringan.

Manfaat essence berasal dari bahan-bahan aktif di dalamnya, salah satunya adalah hyaluronic acid. Hyaluronic acid memiliki manfaat dalam menjaga kelembapan kulit, mengencangkan tekstur kulit, serta melindungi kulit dari serangan bakteri.

Baca Juga :  Seberapa Efektif Fractional Laser Atasi Bekas Jerawat?

Beberapa jenis essence juga terdiri dari emolien yang memiliki fungsi serupa dengan hyaluronic acid. Emolien merupakan berbagai zat yang mempunyai sifat melembutkan dan menenangkan permukaan kulit.

Akan tetapi, essence dalam sebagai bagian dari rangkaian produk skincare tidak hanya memiliki fungsi memberikan kelembapan ekstra pada kulit. Produk ini juga mempersiapkan kulit untuk menerima kandungan skincare selanjutnya secara maksimal.

Ini karena kadar air yang tinggi membuat kulit dapat menyerap bahan-bahan aktif pada produk skincare dengan lebih baik. Hasilnya, kulit pun menjadi lebih sehat, lembut, dan bercahaya.

Apakah pemakaian essence dalam perawatan kulit itu penting?

pemakaian essence

Sebenarnya, hingga saat ini tidak ada aturan atau anjuran yang pasti apakah Anda perlu menggunakan essence atau tidak. Para ahli pun memiliki pendapat yang beragam mengenai fungsi penggunaan essence.

Menurut ahli dermatologi Rachel Nazarian, MD, pemakaian essence membantu mempersiapkan kulit sebelum memasuki tahap skincare lainnya. Terlebih lagi jika Anda juga memakai serum dengan bahan aktif seperti produk anti-aging.

Sementara itu, Erum Ilyas, MD, seorang ahli dermatologi di Montgomery Dermatology berpendapat bahwa Anda tidak disarankan memakai terlalu banyak jenis produk perawatan kulit secara bersamaan.

Pemakaian essence bersamaan dengan serum mungkin bermanfaat bagi pemilik kulit berminyak, normal, dan kombinasi. Di sisi lain, penggunaan dua atau lebih produk sejenis pada tipe kulit kering dan sensitif justru dapat meningkatkan risiko iritasi.

Jika Anda memiliki kulit kering, sensitif, atau terdampak masalah kulit seperti eksim, sebaiknya diskusikan dengan dokter sebelum memakai serum atau essence. Anda bisa jadi hanya akan diperbolehkan memakai essence atau mungkin tidak keduanya.

Penggunaan essence bukanlah hal yang wajib. Semua tetap kembali ke kebutuhan kulit masing-masing dan kandungan zat aktif di dalam setiap produk skincare Anda. Jadi, pastikan Anda sudah mengenali tipe kulit Anda serta kebutuhannya.

Baca Juga :  Inilah 3 Produk Pelembap Terbaik untuk Kulit dengan Eksim

Ada 4 langkah penting dalam cara pakai essence 

langkah pemakaian essence

Penggunaan essence memang memiliki fungsi lebih untuk kesehatan kulit. Meski begitu, Anda tidak harus menggunakannya dalam rutinitas skincare Anda, apalagi jika kulit wajah Anda memang tidak terlalu membutuhkannya.

Produk skincare berbasis air ini mengandung bahan aktif dengan kandungan menghidrasi, melindungi, dan meningkatkan kesehatan kulit wajah secara menyeluruh. Namun tentu saja, manfaat essence hanya bisa dirasakan jika Anda mengaplikasikannya dengan benar, kan? Dilansir dari laman healthline, berikut 4 langkah penting dalam cara pakai essence yang tepat!

Bersihkan Wajah

Sebelum mengaplikasikan essence ke permukaan wajah, pastikan bahwa kulit wajah Anda sudah bersih. Lakukan double cleansing dan cuci muka terlebih dahulu untuk memaksimalkan penyerapan essence.

Gunakan Toner

Melapisi kulit wajah dengan toner sebelum menggunakan essence dipercaya dapat membantu mengembalikan hidrasi sel-sel kulit wajah.

Oleskan essence

Tuangkan 4-5 tetes cairan essence ke permukaan tangan, kemudian tepuk-tepuk secara perlahan ke kulit wajah Anda. Pastikan untuk tidak mengaplikasikan essence dengan cara menggosok-gosokan ke wajah.

Lapisi dengan Serum

Jika Anda menggunakan serum sebagai salah satu rangkaian skincare. Anda dapat mengoleskannya usai memakai essence. Dengan begini, penyerapan kulit wajah terhadap produk-produk skincare akan lebih sempurna.

Nah, pastikan dahulu essence yang digunakan tidak memiliki bahan aktif yang sama dengan serum atau moisturizer Anda. Hal ini untuk mencegah penggunaan bahan aktif tertentu secara berlebihan.

Bila Anda memiliki kulit yang berminyak dan tidak nyaman memakai terlalu banyak produk skincare, tidak masalah jika Anda menggunakan serum atau moisturizer saja. Fungsi essence dapat digantikan oleh kedua produk ini.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
18,300SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles