26.2 C
Jakarta
Sunday, July 21, 2024

Inilah Sejarah dan Fakta Menarik dari Nasi Goreng

Kalian pasti sudah tahu, bila nasi goreng termasuk dalam makanan dari Indonesia yang populer hingga mancanegara. Cara membuatnya yang mudah disertai rasa nikmat, membuat nasi goreng digemari banyak kalangan. Menu ini pun dapat disajikan untuk segala suasana, baik sarapan maupun makan malam.

Namun, kira-kira darimanakah asal nasi goreng? Lantas, bagaimana sejarah, penyebaran, dan fakta menarik dari nasi goreng? Yuk, langsung saja disimak artikel berikut dibawah ini tentang sejarah dan fakta menarik dari nasi goreng:

Sejarah Nasi Goreng

nasi goreng berasal dari migrasi suku Tionghoa ke Indonesia

Nasi goreng adalah makanan yang berasal dari negeri China dan mendapat banyak modifikasi saat di Indonesia. Makanan ini sudah ada sejak dulu bahkan sejak 4000 tahun sebelum Masehi sebagai makanan tradisional masyarakat Tionghoa atau China.

Makanan ini bukan dari Indonesia melainkan dari suku Tionghoa yang bermigrasi ke Indonesia. Resep nasi goreng dari Yangzhou di Provinsi Jiansu, diklaim sebagai yang pertamanya.

Lebih jelasnya, nasi goreng merupakan makanan tradisional masyarakat Tionghoa berbahan dasar nasi yang sudah dingin. Makanan ini berasal dari kebiasaan masyarakat Tionghoa yang tak suka mengonsumsi makanan dingin. Sebab itulah, mereka mencoba memasak lagi nasi dingin tersebut dengan aneka bumbu, supaya terasa lebih nikmat.

Pada zaman dulu, masyarakat China tidak suka dengan nasi yang sudah dingin kemudian memasak lagi nasi tersebut menjadi nasi goreng dengan berbagai bumbu dan rempah. Ternyata nasi goreng sangat enak.

Sejak saat itulah, nasi goreng menjadi makanan yang begitu digemari. Selain rasanya yang enak, nasi goreng juga digemari karena nasi goreng membuat masyarakat mengurangi pemborosan beras karena nasi goreng terbuat dari nasi dingin atau bahkan nasi sisa.

Penyebaran Nasi Goreng

nasi goreng disebarkan oleh migrasi tiongkok ke china

Nasi goreng berasal dari Tiongkok migrasi masyarakat China-lah yang membuat makanan ini mendunia. Hal tersebut lantas membuat resep dan bumbunya pun disesuaikan dengan selera masyarakat sekitar, termasuk Indonesia.

Masyarakat China yang merantau ke berbagai negara lain di dunia akhirnya memperkenalkan nasi goreng ke daerah baru mereka. Masyarakat China yang menetap di beberapa negara lain di dunia juga mencoba membuat nasi goreng dengan bumbu yang tersedia di daerah yang mereka tempati.

Nah, dari sinilah variasi hidangan nasi goreng begitu beragam. Di beda kota, pulau, hingga di berbagai negara, rahasia nasi goreng enak tak sama. Terdapat ciri tersendiri pada kreasi dan olahan nasi goreng di tiap daerah tersebut.

Dari sinilah tercipta beragam nasi goreng dengan cita rasa unik dan menyesuaikan lidah masing-masing daerah termasuk menyesuaikan lidah orang di Indonesia. Di Indonesia, nasi goreng memiliki banyak jenis. Hampir setiap daerah memiliki nasi goreng khas masing-masing.

Fakta Menarik Nasi Goreng

inilah fakta manarik dari nasi goreng yang wajib kalian ketahui

Hidangan nasi goreng hangat banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Sebagai pencinta nasi goreng, kalian perlu tahu tentang fakta manarik dari nasi goreng. Penasaran? Yuk, langsung saja disimak dibawah ini:

1. Menu sahur andalan sang ploklamator, Bung Hatta

Melansir dari buku Sekitar Proklamasi (1981), Bung Hatta menyebut jika dirinya sempat dihidangkan nasi goreng dan ikan sarden sebagai menu sahur di kediaman Laksamana Maeda. Ini terjadi pada 9 Ramadhan 1365 Hijriah atau tahun 1945.

2. Nasi goreng disebut makanan orang miskin

Bruce King pada buku Street Food Around the World An Encyclopedia (2013) menyebut, nasi goreng banyak dikonsumsi oleh petani China. Keluarga petani yang miskin, memasak kembali nasi dinginnya dengan aneka bumbu untuk dimakan esok hari. Karena hal tersebut, beberapa menyebut bahwa nasi goreng adalah makanan orang miskin. Kendati demikian, stigma tersebut gak terlalu dipikirkan.

3. Nasi goreng makanan terenak ke-2 di Indonesia

Nasi goreng dinobatkan sebagai makanan terenak ke-2 setelah rendang pada 2017. Ini dilakukan oleh 35 ribu voter dari seluruh dunia. Nasi goreng banyak dipilih, karena ciri khas pedas dan gurihnya. Gak heran jika makanan ini banyak disajikan di restoran berbintang.

Nah, jadi sekarang kalian sudah tahu kan darimanakah asal nasi goreng. Nasi goreng berasal dari migrasi Tiongkok ke beberapa tempat, seperti Indonesia. Untuk itu, tak heran jika ada banyak varian nasi goreng di berbagai daerah. Itulah penjelasan tentang sejarah dan fakta menarik nasi goreng.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
27,000SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles