29 C
Jakarta
Sunday, February 5, 2023

Inilah Perbedaan Antara Sunscreen dan Sunblock yang Wajib Diketahui!

Tabir surya merupakan salah satu produk kecantikan yang pasti ada di dalam kotak riasan setiap wanita. Produk kecantikan ini biasanya digunakan untuk memberikan perlindungan dari sinar matahari.

Namun, sudah tahukah kamu apakah perbedaan antara tabir surya yang dikenal dengan nama sunblock dan sunscreen ini? Sebelum membahas perbedaanya, ada baiknya kita pahami dulu apa itu ultraviolet light alias sinar UV.

Sinar UV merupakan sinar radiasi elektromagnetik yang berasal dari matahari dan dikelompokkan berdasarkan paparan sinar. Ada UVC (100-260mm), UVB (280-315), dan UVA (315-400). Jika terpapar terus-menerus ke kulit, sinar UV ini berdampak buruk ke kesehatan kulitmu.

Paparan radiasi yang patut diwaspadai adalah UVA dan UVB. Ya, UVA dapat berdampak buruk ke kesehatan kulit, seperti dijelaskan di laman Skincancer.org karena dapat menyebabkan skin aging dengan tanda-tanda seperti munculnya keriput, penuaan, parahnya berpotensi menyebabkan kanker kulit, dan kerusakan mata.

Sementara paparan sinar UVB dapat menyebabkan skin burning alias kulit terbakar. Efek yang sama dengan UVA yaitu berpotensi menyebabkan kanker kulit, dan kerusakan mata.

Oleh karena itu, untuk melindungi kulit dari sinar UV tersebut kita perlu tabir surya, seperti sunblock dan sunscreen. Namun tabir surya manakah yang harus digunakan dengan tepat?

Perbedaan Antara Sunscreen dan Sunblock

sunblock

Sunblock dan sunscreen merupakan tabir surya yang memberikan perlindungan kulit untuk menghalangi sinar UV. Namun perbedaan antara kedua nya terletak dari metode penggunaannya.

Sunscreen digunakan dengan cara dioleskan ke bagian tubuh tertentu, seperti wajah dan bagian leher. Sementara sunblock digunakan secara merata ke bagian tubuh terbuka yang terkena sinar matahari (sinar UV).

Selain itu, penyerapan sunblock dan sunscreen pun juga berbeda. Sunblock yang dioleskan ke kulit cenderung meninggalkan bekas putih atau whitecast. Sementara sunscreen akan langsung hilang menyerap di kulit setelah dioleskan.

Baca Juga :  Pentingnya Perawatan Kulit Wajah Menggunakan Serum

Tak hanya itu saja, sunscreen juga dirancang untuk melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB yang dapat meningkatkan kerusakan kulit. Sementara sunblock diformulasikan untuk menghentikan kerusakan yang disebabkan oleh sinar UVB yang menyebabkan kulit terbakar.

Pilih Sunscreen Atau Sunblock

memilih produk sesuai dengan kebutuhan kulit

Setelah mengetahui perbedaan sunblock dan sunscreen, dari dua produk tersebut tidak ada produk yang lebih baik satu dari yang lain. Baik sunscreen maupun sunblock sama-sama memiliki fungsi untuk mencegah efek buruk sinar UV. Dalam penggunaannya, disesuaikan saja dengan kebutuhan kamu.

Sunblock bisa digunakan bagi kamu yang akan beraktivitas berjam-jam di bawah paparan sinar matahari, seperti berolahraga di luar ruangan, panas-panasan saat konser, atau main ke pantai, karena efek perlindungan dari sunblock bisa dirasakan langsung tanpa harus menunggu.

Sementara untuk penggunaan sehari-hari atau untuk kegiatan outdoor yang tidak terlalu lama, dapat menggunakan sunscreen yang formulanya lebih ringan dan tidak meninggalkan warna (transparan) di kulit. Sunscreen wajah yang bagus berfungsi untuk menyaring sinar matahari, sehingga masih akan ada sebagian sinar matahari yang akan terserap.

Oleh karena itu, Dermatologi dari Connecticut, Rhonda Q. Klein menyarankan, sebelum memilih produk sunblock atau sunscreen pastikan memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan dan jenis kulit.

Namun Klein menyarankan untuk menggunakan tabir surya dengan Sun Protection Factor (SPF) minimal 30 untuk menghalangi sinar UVB. Akan lebih baik hasilnya, jika memilih produk yang memberikan perlindungan tinggi dari dampak buruk sinar UVB dengan SPF 50+ dan PA++++ untuk melindungi dari efek negatif UVA yang dapat mengurangi elastisitas kulit.

Selain itu, dermatologi juga menganjurkan untuk memilih produk yang telah lulus uji ketahanan air. Untuk jadi bahan pertimbanganmu, pilih produk dengan Watery Essence yang dapat memberikan rasa ringan, nggak lengket, dan bikin berminyak. Jadi tidak membuat whitecast yang tentunya mengganggu penampilanmu.

Baca Juga :  4 Keuntungan Jadi Morning Person

Meski begitu, sunscreen memiliki tekstur yang lebih tipis dan tidak terlihat oleh mata seseorang saat diaplikasikan. Ini yang membuat beberapa orang memilih sunscreen dibandingkan sunblock walaupun tingkat konsistensi dan bahan di dalamnya dapat memicu alergi. Nah, jadi itulah penjelasan mengenai perbedaan antara suncreen dan sunblock yang wajib untuk diketahui!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
18,300SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles