29.3 C
Jakarta
Monday, June 17, 2024

Perbedaan Facial Wash dan Facial Foam, Hingga Pemakaian Facial Wash

Dalam produk skin care, biasanya selalu ada facial wash sebagai salah satu rangkaian yang wajib dipakai. Facial wash berfungsi untuk membersihkan wajah dari kotoran pada kulit wajah. Sabun muka adalah tahap yang sangat penting dalam perawatan kulit.

Sabun muka merupakan tahapan yang sangat penting dalam perawatan kulit. Facial wash ini tepat akan membersihkan kulit dari kotoran, sisa makeup, dan polusi yang menempel. Karena menghasilkan foam yang lembut ketika digunakan, facial wash sering pula disebut sebagai facial foam.

Biasanya, setiap brand menyediakan beberapa varian yang bisa dipilih, sesuai dengan kulit wajah penggunanya. Namun, yang umum yaitu facial wash untuk kulit kering dan kulit berminyak. Facial wash ini, sering digunakan pada pagi hari ketika bangun tidur (sebelum beraktivitas), dan pada saat mandi di sore atau malam hari sebelum tidur (setelah beraktivitas).

Apakah kalian tahu perbedaan facial wash dan facial foam untuk membersihkan muka? Nah, karena masih banyak orang yang belum mengetahui perbedaan facial wash dan facial foam. Keduanya tampak serupa namun ternyata beda fungsi, lho. Soo, simak artikel dibawah ini untuk mengetahui perbedaan facial wash dan facial foam yaa.

Perbedaan Facial wash dan Facial foam

Meskipun keduanya mirip, tapi mereka punya kegunaan yang berbeda tergantung jenis kulit. Mari simak penjelasannya!

Facial Wash

Perbedaan Facial Wash (Sumber: Shutterstock)

Perbedaan facial wash dan facial foam yang pertama adalah dilihat dari jenis kulit setiap orang. Jika facial foam disarankan untuk pemilik kulit berminyak, facial wash justru lebih disarankan digunakan untuk kalian yang memiliki kulit kering dan sensitif.

Facial wash adalah sabun pembersih wajah yang bertujuan untuk memurnikan, melembabkan, dan menenangkan kulit. Teksturnya krem, susu, gel, atau bahkan berair. Meski fungsinya sama untuk membersihkan wajah, perbedaan facial wash dan facial foam, yakni ia memiliki kandungan yang mampu menjaga kelembapan kulit. Facial wash terdiri dari dua bentuk, yaitu gel dan krim.

“Pada umumnya, facial wash creamy mengandung moisturizer yang efektif membuat tampilan wajah lembut dan lembap. Sedangkan gel facial wash memiliki tekstur gel yang ringan untuk membersihkan wajah,” kata dermatologis Dr Elizabeth L. Tanzi dari Baltimore.

Nah, perbedaan facial wash dan facial foam dari cara memakainya, facial wash adalah pembersih wajah dengan mengusapkan produk ke wajah secara langsung dan aman digunakan setiap hari. Tak membuat kulit kering, justru dapat melembapkan.

  • Gel facial wash 

Cocok digunakan bagi Moms yang memiliki kulit sensitif cenderung berjerawat. Sementara itu, bagi yang memiliki kulit sensitif dapat menggunakan facial wash yang tidak mengandung detergen.

  • Perbedaan facial wash dan facial foam lainnya

Dilihat dari fungsi lain selain untuk mengangkat kotoran dari wajah. Apabila kulit Moms berjerawat, penggunaan gel facial wash akan membantu mengurangi jerawat. Gunakanlah gel facial wash yang mengandung bahan bahan anti jerawat.

  • Facial wash

Facial wash produk yang berfungsi mencegah iritasi, menjaga kesegaran dan kelembapan alami wajah. Karena bersifat melembapkan, cocok untuk kulit kering dan sensitif.

Facial Foam

Perbedaan Facial Foam (Sumber: dima_sidelnikov – iStockphoto)

Nah, jika dilihat dari perbedaan facial wash dan facial foam seterusnya, facial foam adalah krim lembut dan berbusa.

Produk ini bisa digunakan setiap hari karena memiliki fungsi utama sebagai sabun pembersih segala kotoran atau sisa makeup yang menempel di wajah. Hanya saja, memang tidak bisa bersih sepenuhnya. Jika makeup tebal, pembersihannya harus dibantu dengan makeup remover, cleansing oil, atau cleansing balm.

Perbedaan facial wash dan facial foam dari cara pakainya, facial foam harus diusap terlebih dahulu pada telapak tangan atau jika telah dilengkapi foam maker, tinggal tuang pada telapak tangan dan ratakan pada seluruh permukaan wajah.

Beberapa produk facial foam memiliki fungsi tambahan yaitu mengontrol minyak berlebih dan mencerahkan kulit. Selain itu, busa dari facial foam juga efektif dalam mengangkat minyak berlebih pada wajah.

“Penggunaan facial foam cocok bagi Moms dengan kondisi kulit berminyak berlebih dan berjerawat. Karena, facial foam mampu menyerap kelebihan minyak serta sebum secara menyeluruh,” tambah Dr. Elizabeth.

Selain itu, facial foam adalah pembersih wajah yang juga ampuh dalam menarik keluar kotoran atau pun sel kulit mati yang terjebak di dalam pori-pori kulit. Sehingga bagi Moms yang memiliki kulit wajah jerawat dan berminyak, sangat ampuh menggunakan facial foam sebagai rangkaian pembesih wajah sehari-hari.

CARA MEMAKAI FACIAL WASH DENGAN BENAR

Dalam memakai facial wash, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Tujuannya tentu agar facial wash yang Anda gunakan memberi hasil maksimal pada wajah. Misalnya menghaluskan, menghilangkan jerawat atau mencerahkan warna kulit yang tidak rata. Lalu, bagaimana cara pakai facial wash yang dianjurkan? Lanjut simak artikel dibawah ini ya.

Pastikan Tangan Anda Bersih

Cuci tangan Anda hingga bersih terlebih dahulu (Sumber: klikdokter)

Cara pakai facial wash yang pertama, cuci tangan Anda hingga bersih terlebih dahulu. Sebelum membersihkan wajah, tentunya Anda harus memastikan apakah tangan sudah benar-benar dalam kondisi bersih atau belum. Bakteri yang menempel di tangan bisa saja melompat dan berpindah ke kulit wajah. Untuk mencegah hal itu, cuci tangan terlebih dahulu sebelum mencuci wajah.

Basuh Wajah Dengan Air Hangat

Basuh Wajah Dengan Air Hangat (Sumber: parapuan)

Demi memberikan efek yang terbaik, gunakan air hangat suam kuku untuk membasuh wajah Anda saat memakai facial wash. Jangan terlalu panas, tetapi juga jangan terlalu dingin. Kemudian setelah dikeringkan, gunakan pelembap atau krim perawatan Anda sehingga membantu penyerapan sempurna.

Urutkan Pemakaian Produk Dengan Benar

Skin care routine (Sumber: vecteezy)

Selanjutnya, pastikan urutan produk yang Anda gunakan sebagai skin care routine sudah benar. Urutan yang tepat untuk membersihkan wajah adalah diawali dengan cleanser terlebih dahulu.

Cleanser akan membersihkan dengan formula oil atau balm untuk mengangkat kotoran dan sisa make-up. Kemudian residunya diangkat oleh micelar water, lalu terakhir dibersihkan kembali dengan facial wash. Dengan begitu, kondisi kulit Anda pun akan bersih sempurna.

Hindari Facial Wash Mengandung Scrub

Facial Wash mengandung scrub dan fungsinya sebagai exfoliation (Sumber: pinterest)

Hindari terlalu sering menggunakan sabun muka yang mengandung scrub dan fungsinya sebagai exfoliation. Merawat kulit memang harus maksimal, tetapi juga tidak boleh berlebihan.

Apabila Anda sering menggunakan scrub, maka jaringan kulit Anda akan teriritasi dan berakhir dengan rusaknya jaringan sel kulit. Alhasil, bukan keindahan kulit yang Anda dapat, melainkan problem kulit yang semakin parah.

Lakukan 2 Kali Sehari

Cara menggunakan Facial Wash Cukup Lakukan 2 Kali Sehari (Sumber: stylo.grid.id)

Cara pakai facial wash yang terakhir, cukup lakukan 2 kali sehari saja. Jangan lebih dari itu. Hal ini bertujuan agar kulit tetap terjaga kelembapannya. Gunakan facial wash di pagi hari untuk membersihkan sisa kotoran yang menempel pada kulit. Berikut juga dengan sisa sel-sel kulit mati, dan sebelum tidur untuk membersihkan sisa makeup dan debu kotoran setelah seharian berada di luar rumah.

Nah, sekarang kalian sudah tahu perbedaan facial wash dan facial foam ya. Saat memilih produk perawatan untuk kulit, perhatikan juga kecocokan kulit setelah produk digunakan ya.

Jika muncul kemerahan, bentol, dan rasa perih, menandakan adanya iritasi. Langsung hentikan dan segera ke dokter kulit untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,800SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles