26 C
Jakarta
Friday, December 1, 2023

5 Film yang Bertemakan Pesawat Terbang Berdasarkan Kisah Nyata

Sebuah cerita dalam film yang kita tonton memang bisa terinspirasi dari hal apapun, tidak terkecuali dari kisah-kisah seputar perjalanan di pesawat atau dunia penerbangan. Banyak film-film yang bercerita mengenai suatu kejadian atau peristiwa yang mengambil setting tempat di atas pesawat. Biasanya film-film ini dibuat dalam genre-genre thrilleraction, atau bahkan science fiction.

Film tentang pesawat berdasarkan kisah nyata sebagian besar terinspirasi dari berbagai peristiwa kecelakaan yang terjadi di seluruh penjuru dunia. Sebenarnya pesawat merupakan alat transportasi paling aman karena didukung teknologi yang canggih.

Kecelakaan pesawat terbilang sangat jarang terjadi dibandingkan alat transportasi di laut atau darat. Hanya saja jika kecelakaan pesawat terjadi korbannya bisa jauh lebih banyak. Kecelakaan pesawat bisa merenggut puluhan bahkan sampai ratusan korban jiwa sekaligus.

Sejumlah film pesawat berdasarkan kisah nyata menghadirkan cerita perjuangan para penumpang dan kru pesawat mencoba bertahan hidup. Kisah heroik sekaligus menyedihkan ini sangatlah menarik untuk ditonton. Penasaran dengan film tentang pesawat terbaik apa aja yang bisa ditonton? Berikut 5 film tentang pesawat yang bisa kamu tonton.

Final Destination (2000)

Ilustrasi Final Destination (2000)

Final Destination adalah film franchise bergenre horror yang memiliki sekuel hingga lima film. Setiap sekuel menceritkan mengenai orang-orang yang selamat dari suatu kecelakaan maut dan berusaha menghindari takdir kematian mereka. Pada sekuel pertamanya, dikisahkan orang-orang tersebut selamat dari tragedi kecelakaan pesawat.

Sekuel pertama Final Destination ini disutradarai oleh James Wong dan dibintangi oleh aktor dan aktris muda seperti devon Sawa, Ari Larter, Ken Smith, dan Tony Tood. Dalam film ini, anda bisa menyaksikan adegan yang cukup menyeramkan ketika sebuah pesawat yang baru lepas landas kemudian meledak di udara.

The Aviator (2004)

Ilustrasi The Aviator (2004)

The Aviator merupakan film yang diangkat dari kisah nyata.Film ini disutradarai oleh Martin Scorsese dan dibintangi oleh aktor kelas Oscar, Leonardo DiCaprio. Bertemakan tentang biografi epik seorang pelopor industri penerbangan Howard Hughes.

Film ini menggambarkan kehidupan Howard Hughes terkenal di industri penerbangan karena membangun Hughes H-1 Racer dan H-4 ‘Hercules’. Serta mengembangkan Trans World Airlines yang kemudian menjadi American Airlines. Selama waktu di mana ia menjadi produser film yang sukses dan taipan penerbangan saat menderita OCD parah.

Flightplan (2005)

Ilustrasi Flightplan (2005)

Sedang mencari film tentang pembajakan pesawat yang bikin tegang? Kamu bisa menonton Flightplan yang dirlis tahun 2005, menceritakan pembajakan di dalam sebuah pesawat dari penerbangan Berlin menuju Amerika.

Flightplan merupakan sebuah film drama thriller yang mengambil setting di sebuah pesawat. Film ini disutradarai oleh Robert Schewntke dan dibintangi oleh Jodie Foster dan Peter Sarsgaard.

Film Flightplan berkisah mengenai seorang ibu yang menaiki penerbangan dari Berlin menuju Amerika setelah kematian sang suami. Setelah pesawat lepas landas, ia panik karena sang anak tiba-tiba menghilang. Namun, rupanya para awak pesawat dan penumpang yang lain mengaku tidak pernah melihat ibu tersebut membawa anaknya saat menaiki pesawat.

Sully (2016)

Ilustrasi Sully (2016)

Film drama biografi karya Clint Eastwood ini bercerita tentang kecelakaan pesawat terbang US Airways nomor penerbangan 1549 dengan Captain Pilot Chesley “Sully” Sullenberger. Plotnya adalah tentang keberhasilan Sully dalam pendaratan darurat pada tanggal 15 Januari 2009 di Sungai Hudson.

Alur cerita film Sully diadaptasi dari buku autobiografi karya Sully dan Jeffrey Zaslow, berjudul Highest Duty. Film ini mengisahkan Kapten Sully diperankan Tom Hanks berhasil menyelamatkan 155 penumpangnya, setelah pesawat Airbus A320-214 yang dikemudikannya mengalami mati mesin karena menabrak sekawanan angsa sesaat setelah take off.

Namun, dia berhasil menyelamatkan semua penumpangnya, keluar dari pesawat dalam keadaan hidup. Ada dua versi film tentang Sully ini, Sully 2016 adalah versi remake yang dibuat dengan lebih baik. Sutradara Clint Eastwood berhasil menggambarkan insiden kecelakaan itu secara realistis dan lebih mengerikan.

Blood Red Sky (2021)

Ilustrasi Blood Red Sky (2021)

Film Netflix ini mengikuti kisah Nadja yang pergi ke New York, Amerika Serikat, untuk menyembuhkan penyakit misteriusnya. Ia berangkat dari Berlin, Jerman, menumpangi pesawat bersama anak laki-lakinya bernama Elias (Carl Anton Koch).

Akibat penyakit yang diidap, Nadja harus sering menyuntikkan obat ke tubuhnya beberapa menit sekali. Namun, sesaat setelah lepas landas terjadi keributan dalam pesawat. Muncul beberapa orang yang mengambil alih kendali pesawat. Nadja kemudian terpaksa berubah menjadi vampir untuk menghentikan aksi kelompok teroris tersebut.

Nah, itulah beberapa film yang mengangkat cerita mengenai pesawat dan dunia penerbangan. Bagaimana menonton 5 film tentang pesawat diatas? Masing-masing film punya jalan cerita yang bisa bikin penonton deg-degan. So, selamat menonton film tentang pesawat di atas ya!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
25,600SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles