27.7 C
Jakarta
Tuesday, May 21, 2024

5 Kuliner Makanan Tanpa Daging Khas dari Italia

Italia merupakan negara yang kaya akan kuliner yang lezat. Banyak sekali hidangan asal negara ini yang kini sudah sangat mendunia, seperti pizza dan olahan pastanya. Hidangan-hidangan tradisional Italia juga biasanya dibuat mengikuti pola konsumsi Mediterania dengan bahan-bahan yang umumnya menggunakan minyak zaitun, pasta, keju, tomat, dan berbagai jenis herba seperti basil dan oregano.

Tak hanya itu, kuliner Italia juga ramah untuk kamu yang tidak bisa mengonsumsi daging, baik daging sapi, daging unggas, daging ikan, dan berbagai jenis daging lainnya. Tak percaya? Ini dia sederet inspirasi hidangan khas Italia tanpa daging yang akan membuat lidah kamu bergoyang:

Fagiolata

kuliner fagiolata

Fagiolata adalah sup kacang bertekstur kental khas Italia. Makanan ini terbuat dari berbagai jenis kacang, seperti kacang merah, kacang hitam, kacang borlotti, dan masih banyak lagi. Adapun bumbu-bumbu yang biasanya digunakan dalam masakan ini adalah bawang bombay, saus tomat, minyak zaitun, bubuk paprika, dan rempah-rempah seperti pala, kayu manis, dan cengkeh.

Cara memasaknya sama seperti masakan sup pada umunya, yaitu dengan merebus semua bahan hingga matang. Pelengkap sempurna untuk hidangan satu ini adalah potongan roti yang dipanggang dengan sedikit minyak zaitun di atasnya.

Carciofi alla Romana

kuliner carciofi alla romana

Tahukah kamu dengan tanaman artichoke? Tanaman ini sangat populer di dunia perkulineran Italia. Salah satu hidangan khas Italia yang berbahan dasar artichoke adalah carciofi alla Romana ini.

Hidangan yang berasal dari Ibukota Italia ini terbuat dari artichoke. Didalamnya berisi isian bawang putih, peterseli, dan daun mint yang telah dicincang dan dicampur bersama minyak zaitun. Artichoke yang telah diberikan isian kemudian akan dimasak sebentar dalam panci dengan minyak zaitun, kemudian dibumbui dengan garam dan lada hitam.

Setelah beberapa menit, air dan white wine akan ditambahkan ke dalam panci, kemudian artichoke akan dimasak kembali dengan api sedang selama kurang lebih 45 menit. Setelah teksturnya lembut, artichoke pun siap disajikan. Hidangan ini bisa awet selama dua hingga tiga hari di dalam mesin pendingin.

Ciambotta

kuliner ciambotta

Ciambotta adalah hidangan khas Italia berupa stew sayuran yang berasal dari Naples. Hidangan yang disebut-sebut sebagai ratatouille khas Italia ini terbuat dari berbagai macam sayuran, seperti tomat, zucchini, terung, paprika, bawang bombay, dan kentang.

Adapun bumbu-bumbu yang biasa digunakan adalah daun basil segar, minyak zaitun, bawang putih, serta garam dan merica. Ciambotta dapat dihidangkan bersama nasi, pasta, ataupun polenta.

Peperonata

kuliner peperonata

Siapa di sini yang sangat menyukai paprika? Jika kamu adalah salah satunya, maka kamu harus mencoba hidangan yang satu ini. Hidangan yang disebut peperonata ini merupakan hidangan sederhana yang terbuat dari irisan paprika merah yang ditumis dengan irisan bawang putih dan bawang bombay dalam minyak zaitun.

Setelah cukup layu, tumisan tersebut aka ditambahka lagi dengan puree tomat dan daun basil atau oregano. Masak kembali selama beberapa menit, kemudian tambahkan white wine vinegar dan juga garam. Peperonata pun siap dihidangkan dengan hidangan lain, seperti steak atau hidangan berbahan daging lainnya.

Caponata

kuliner caponata

Hidangan terakhir yang tak kalah lezatnya dengan keempat hidangan di atas adalah caponata. Hidangan yang berasal dari Sisilia ini disinyalir memiliki sejarah yang panjang. Dimulai dari abad ke-18.

Caponata biasanya terbuat dari terung panggang yang telah dipotong dadu, kemudian ditumis bersama berbagai jenis sayuran, seperti bawang bombay, seledri dan paprika yang telah diberikan campuran pasta tomat, capers, potongan buah zaitun, kismis, madu, chili flakes, dan tak lupa red wine vinegar.

Selain itu, bumbu-bumbu seperti garam dan lada hitam juga biasanya ditambahkan untuk memperkaya cita rasa. FYI, hidangan ini sangat cocok disajikan dengan roti ciabatta.

Mengetahui sederet informasi seputar 5 makanan Italia berbahan sayuran di atas. Nah, jika kamu ngiler melihat hidangan-hidangan di atas, kamu bisa mencicipinya di restoran bergaya Italia atau bikin sendiri saat di rumah, ya!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,700SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles