29.3 C
Jakarta
Monday, June 17, 2024

6 Manfaat Utama dari Senam Ketangkasan

Salah satu jenis senam yang baik untuk kesehatan dan kebugaran tubuh adalah senam ketangkasan. Senam ketangkasan terdiri dari rangkaian gerakan senam yang dilakukan dengan bantuan alat.

Senam ketangkasan juga dikenal sebagai senam artistik. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), senam artistik memiliki pengertian sebagai senam yang menampilkan gerakan akrobatik dengan menggunakan beberapa alat bantu.

Gerakan utama yang biasa dilakukan yaitu berlari dan melompat, berjalan meniti kuda-kuda lompat, dan menekuk kaki serta mendarat. Adapun alat yang digunakan untuk menciptakan gerakan yang tepat dan terarah adalah kuda-kuda pelana, palang sejajar, palang tunggal, dan gelang-gelang palang bertingkat.

Sesuai namanya, aktivitas senam ketangkasan melibatkan keterampilan dan kecekatan sebagai faktor pendukung senam. Selain itu, jenis senam ini membawa banyak manfaat bagi kesehatan sebab menggerakkan hampir seluruh anggota tubuh. Untuk lebih rincinya, yuk langsung saja disimak artikel berikut dibawah ini:

Membuat Tubuh Lebih Bugar

bermanfaat untuk menjadikan tubuh lebih bugar

Meski rangkaian gerakan senam ketangkasan terkesan sederhana, menjalaninya selama 30 menit mampu membakar sekitar 200-400 kkal energi. Manfaat senam ketangkasan ini mampu mendukung proses diet karena mempercepat proses penurunan berat badan.

Sama seperti latihan fisik lainnya, senam ketangkasan juga merangsang tubuh untuk mengeluarkan keringat. Alhasil, daya tahan tubuh meningkat dan tubuh tidak mudah terjangkit penyakit.

Mengencangkan Otot

bermanfaat untuk mengencangkan otot

Salah satu manfaat senam ketangkasan yang utama adalah untuk membantu mengencangkan otot, terutama otot tangan, kaki, dan otot perut. Senam ketangkasan yang dilakukan secara rutin merangsang pembentukan otot menjadi lebih keras dan kencang. Tak hanya itu, senam ketangkasan melatih daya tahan otot sehingga meminimalisir risiko cedera.

Menambah Kekuatan

bermanfaat untuk menambah kekuatan

Kondisi tubuh dalam menggunakan otot untuk memaksimalkan tenaga saat melakukan kegiatan fisik dikenal sebagai kekuatan. Dengan konsisten melakukan senam ketangkasan, otot akan terbiasa dengan rutinitas yang membutuhkan kekuatan jaringan dalam tubuh. Manfaat senam ketangkasan ini menghasilkan tenaga yang cukup kuat untuk melakukan aktivitas sehari-hari, misalnya mengangkat beban, karena terbiasa dilatih.

Melatih Kelenturan

bermanfaat untuk melatih kelenturan

Kelenturan atau fleksibilitas merupakan keleluasaan gerakan, khususnya pada area otot persendian. Unsur kelenturan tubuh dapat dibentuk dengan menjalani senam ketangkasan.

Dalam praktiknya, kelenturan juga berperan dalam menciptakan rangkaian gerakan yang lebih teratur dan meningkatkan nilai estetika. Tak hanya mengurangi risiko cedera, manfaat senam ketangkasan ini juga dapat menjadikan tubuh terasa lebih ringan.

Meningkatkan Kelincahan

bermanfaat untuk meningkatkan kelincahan

Selain melatih kelenturan, senam ketangkasan baik untuk meningkatkan kelincahan. Adapun kelincahan merujuk pada kemampuan mengubah arah posisi tubuh dengan kecepatan dan ketetapan yang tinggi.

Rangkaian gerakan senam ketangkasan yang tersusun sistematis, misalnya gerakan melompat, merangsang tubuh untuk aktif bergerak lincah. Manfaat senam ketangkasan ini dapat membantu tubuh tidak mudah lelah dan lebih bugar.

Memenuhi Kebutuhan Gerak

bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan gerak

Kebutuhan gerak pada tubuh dapat dipenuhi melalui senam ketangkasan. Manfaat senam ketangkasan ini mampu menunjang aktivitas keseharian dan meningkatkan kualitas hidup.

Tak hanya itu, rangkaian gerakan senam ketangkasan yang disusun secara teratur membantu meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan fungsional jasmani, rohani, dan sosial. Uniknya, jenis senam ini juga bisa dijadikan sebagai pilihan alternatif untuk menyalurkan energi bagi anak-anak.

Nah, jadi itulah 6 manfaat utama dari senam ketangkasan yang penting untuk kalian ketahui. Selain baik untuk kebugaran jasmani, senam ketangkasan juga bermanfaat bagi kesehatan rohani.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,800SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles