34 C
Jakarta
Thursday, May 30, 2024

4 Bahan Pengganti Telur untuk Memanggang

Telur merupakan salah satu bahan yang hampir selalu ada dalam setiap resep, tak terkecuali ketika memanggang. Pasalnya telur punya fungsi untuk memberikan rasa dan tekstur terbaik pada makanan yang dipanggang. Di sisi lain bagian putih telur yang kaya protein juga memberikan struktur pada hasil panggangan.

Meski telur sulit dilepaskan dari proses memanggang, ternyata ada bahan lain yang bisa dimanfaatkan sebagai pengganti telur, lho! Kira-kira apa saja? Bahan pengganti telur untuk memanggang. Perlu diketahui bahwa telur punya peran yang penting ketika proses memanggang. Seperti dijelaskan koki yang juga instruktur pembuat kue Institute of Culinary Education, Penny Stankiewicz, sebagaimana dilansir dari Lifestyle Asia.

Stankiewicz menyampaikan, protein dari telur yang menggumpal bisa membentuk stabilitas makanan yang dipanggang. Tidak hanya itu telur juga berfungsi sebagai pengikat, pengembang, dan sumber kelembapan supaya makanan yang dihasilkan enak.

Tapi, kalau di rumah sedang kehabisan telur, bahan apa saja yang bisa dimanfaatkan untuk menggantikan telur?

Bahan pengganti telur untuk memanggang

Perlu diketahui bahwa telur punya peran yang penting ketika proses memanggang. Seperti dijelaskan koki yang juga instruktur pembuat kue Institute of Culinary Education, Penny Stankiewicz, sebagaimana dilansir dari Lifestyle Asia. Stankiewicz menyampaikan, protein dari telur yang menggumpal bisa membentuk stabilitas makanan yang dipanggang. Tidak hanya itu telur juga berfungsi sebagai pengikat, pengembang, dan sumber kelembapan supaya makanan yang dihasilkan enak.

Pisang tumbuk

ilustrasi pisang

Buah pisang yang sudah matang dapat ditumbuk untuk menggantikan telur ketika proses memanggang. Pisang yang digunakan sebaiknya sudah matang karena mengandung lebih banyak gula dan kelembapan. Kondisi pisang yang demikian juga memungkinkan orang yang hendak memanggang untuk mengurangi pemanis dan cairan lainnya.

Dalam hal ini, Stankiewicz mengatakan, pisang tumbuk sebagai pengganti pisang dapat memberikan hasil panggangan yang lebih empuk. Selain itu, pisang yang sudah dihancurkan cocok dipadukan ketika membuat muffin, kue, roti, dan panekuk.

Labu

ilustrasi labu

Labu dapat dilembutkan menjadi puree sebagai bahan pengganti telur, seperti dikatakan koki asal Los Angeles, AS, Traci Weintraub. Nah, puree labu dikatakan Weintraub cocok ketika dipadukan dalam resep yang menyertakan kayu manis, karamel, dan apel. Meski begitu ia tidak menyarankan isi pai labu untuk dijadikan bahan pengganti telur ketika memanggang.

Saus apel

ilustrasi saus apel

Saus apel menjadi bahan substitusi lain yang bisa dimanfaatkan. Tapi, ada sejumlah hal yang diingat. Pertama, tambahan gula dalam resep sebaiknya dikurangi apabila saus apel yang digunakan sudah manis. Tujuannya supaya hasil panggangan cita rasanya tidak terlalu manis. Kemudian, mencampurkan saus apel pada makanan untuk memanggang dapat membuat makanan menjadi lebih padat. Untuk mencegahnya, baking soda sebaiknya ditambahkan sebelum makanan dipanggang supaya teksturnya tidak bantet.

Biji rami dan air

ilustrasi biji rami

Biji rami yang sudah digiling atau tepung biji rami merupakan pengganti telur yang umum digunakan dalam pembuatan kue vegan. Weintraub mengatakan, biji rami dapat dicampurkan ke dalam resep sebanyak satu sendok makan beserta tiga sendok makan air per telur. Setelah tercampur, kedua bahan itu bisa didinginkan di lemari es supaya bentuknya menjadi seperti agar-agar sekitar 15 menit.

Biji rami dan air cocok dipadukan karena berfungsi sebagai bahan pengikat layaknya telur. Weintraub menambahkan, biji rami menambahkan rasa yang ringan dan pedas. Bahan tersebut cocok untuk pembuatan pancake, brownis, kue kering, dan roti pisang.

Nah, karena telur punya fungsi untuk memberikan rasa dan tekstur terbaik pada makanan yang dipanggang. Di sisi lain bagian putih telur yang kaya protein juga memberikan struktur pada hasil panggangan. Taapi, kalau di rumah sedang kehabisan telur kalian bisa menggunakan 4 bahan tersebut sebagai penggantinya.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,800SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles