27.1 C
Jakarta
Sunday, June 16, 2024

4 Tempat Wisata Gratis di Semarang

Ada banyak tempat di Semarang yang gratis dan bisa diakses bebas oleh publik. Memilih destinasi yang bebas biaya tentu tak bakal membebani kantong dan kita bisa mengalihkannya untuk keperluan lain, misalnya sewa penginapan atau kulineran.

Berikut ini beberapa tempat wisata di Semarang yang gratis dan bisa kamu kunjungi. Beberapa di antaranya merupakan ikon Kota Lumpia yang sangat cocok bagi wisatawan dari luar daerah atau bahkan wisatawan mancanegara.

Kota Lama

ilistrasi kota lama

Kawasan Kota Lama menjadi salah satu ikon Semarang dan destinasi wisata wajib jika pelesir ke ibu kota Jawa Tengah tersebut. Jika hendak mengelilingi kawasan ini, wisatawan tak perlu membayar tiket masuk. Kecuali, jika mau masuk ke atraksi yang ada di sana atau membeli makanan di restoran.

Dikutip dari situs Badan Otorita Borobudur (BOB) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, kawasan berjuluk Little Netherland atau Belanda Kecil ini menyuguhkan nuansa yang khas karena bangunan-bangunan yang ada di sana masih mempertahankan gaya arsitektur Eropa tahun 1700-an.

Bangunan-bangunan yang berdiri di kawasan Kota Lama adalah saksi bisu sejarah masa kolonial Belanda. Di sana, pengunjung bisa menemukan ikon Kota Semarang, seperti Gereja Blenduk, pabrik rokok, stasiun, dan lainnya, yang bergaya khas Eropa masa lalu.

Simpang Lima

ilistrasi simpang lima

Ikon Kota Semarang lainnya adalah Simpang Lima, yang berlokasi di pusat kota. Untuk menjelajahi area publik ini, tentu tak dikenakan biaya alias gratis. Mampir ke salah satu sentral jual-beli dan kulineran di Semarang ini wajib dimasukkan ke dalam rencana perjalanan, terutama jika kamu ingin mencicipi makanan khas lokal. Pada malam hari kamu bisa berkeliling naik becak yang dihiasi lampu meriah.

Biaya naik becak lampu berkisar dari Rp 35.000 sampai dengan Rp 60.000, untuk dua kali keliling. Kamu juga bisa jajan beragam kuliner yang tersedia, seperti opor ayam, nasi pecel, tahu petis, dan lainnya.

Masjid Agung Jawa Tengah

ilistrasi masjid agung

Selain sebagai destinasi wisata Semarang yang gratis dan mudah diakses oleh publik, Masjid Agung Jawa Tengah juga kerap dijadikan destinasi wisata religi. Masjid yang berlokasi di Jalan Gajahraya, Kelurahan Sambirejo, Kecamatan Gayamsari, Semarang ini mengusung gaya arsitektur Arab dan Jawa.

Dikutip dari situs Pemerintah Kota Semarang, kapasitas masjid yang rampung dibangun pada 2006 ini mencapai hingga 16.000 orang. Selain beribadah bagi pengunjung yang beragama Islam, Masjid Agung Jawa Tengah juga memiliki area pelataran dengan payung-payung raksasa yang ikonik. Biasanya, spot tersebut dijadikan tempat berfoto oleh pengunjung.

Namun, payung-payung itu hanya dibuka sesekali saja. Kepala Kepegawaian Masjid Agung Jawa Tengah, Benny mengatakan, membuka payung tersebut memerlukan listrik yang besar karena menggerakkan hidrolik. Selain itu, faktor cuaca juga menentukan. Biasanya, payung dibuka jika sedang diadakan acara yang butuh tempat luas hingga ke pelataran. Misalnya, shalat Jumat, atau ketika akhir pekan dan acara keagamaan besar, seperti Maulid Nabi.

Bukit Gombel

ilistrasi bukit gombel

Jika ingin menikmati pemandangan kota dari ketinggian pada malam hari, kamu bisa mampir ke Taman Tabanas di Bukit Gombel yang ada di kawasan Semarang Atas. Tepatnya di Jalan Setiabudi, Kecamatan Banyumanik, Semarang. Memandangi gemerlap cahaya kota sekaligus menikmati sepoi-sepoi embusan angin malam memberikan kesan tersendiri bagi pengunjungnya.

Di sekitarnya juga tersedia penjaja kuliner malam, seperti kopi hangat, roti bakar, dan jagung bakar. Meski populer sebagai tempat untuk melihat pemandangan kota pada malam hari, namun sebagian pengunjung juga tetap berkunjung pada waktu lain, misalnya siang dan sore hari.

Nah, itulah 4 tempat wisata gratis di Semarang. Beberapa di antaranya merupakan ikon Kota Lumpia yang sangat cocok bagi wisatawan dari luar daerah atau bahkan wisatawan mancanegara.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,800SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles