26.5 C
Jakarta
Monday, May 20, 2024

5 Cara Mengatasi Rambut Lepek dan Bau Apek

Rambut lepek biasanya disebabkan oleh cuaca panas, penumpukan minyak berlebih di kulit kepala, rambut terlalu kering dan beberapa faktor lainnya. Rambut lepek adalah kondisi rambut yang tampak lengket, lembap, berminyak dan berbau tidak sedap.

Ada beberapa faktor yang akan mempengaruhi frekuensi keramas yang dilakukan. Tidak sedikit orang yang memangkas rambut menjadi pendek agar terbebas dari masalah rambut lepek. Padahal, risikonya sama saja, apalagi jika rambut tidak dirawat dengan benar. Masalah rambut lepek akan sangat mudah dialami.

Maka dari itu, berikut beberapa cara yang bisa diterapkan untuk mengatasi rambut lepek dan bau apek. Rambut lepek tak cuma mengganggu penampilan, tak jarang kondisi tersebut dibarengi dengan rambut bau apek yang mengganggu. Jangan sampai dua masalah rambut itu mengganggu aktivitas kita sehari-hari. Lantas, bagaimana cara mengatasi rambut lepek?

Cara mengatasi rambut lepek

Tidak sedikit orang yang memangkas rambut menjadi pendek agar terbebas dari masalah rambut lepek. Padahal, risikonya sama saja, apalagi jika rambut tidak dirawat dengan benar. Masalah rambut lepek akan sangat mudah dialami. Maka dari itu, berikut beberapa cara yang bisa diterapkan untuk mengatasi rambut lepek dan bau apek.

Hindari formula perawatan rambut yang keras

ilustrasi rambut lepek dan bau apek

Formula produk perawatan rambut yang keras seperti mengandung alkohol dapat memicu masalah rambut lain seperti iritasi dan rambut kering. Terlebih pada pemilik kulit kepala sensitif. Lebih baik memakai produk perawatan rambut yang aman atau yang cocok untuk pemilik kulit kepala yang sensitif.

Jangan menggunakan hair dryer terlalu panas

ilustrasi rambut lepek dan apek

Rambut lepek biasanya menyimpan minyak yang dapat membuat air bertahan lama di rambut. Hal itu pula yang membuat penampilan rambut tampak lebih lepek dan bisa menimbulkan bau tak sedap. Ketika ingin mengeringkan rambut, atur suhu hair dryer agar tidak terlalu panas. Gunakan hembusan angin yang dingin untuk mengeringkan rambut.

Hindari penggunaan produk rambut berlebihan

ilustrasi rambut lepek dan bau apek

Pemilik rambut normal atau kering, lebih baik tidak terlalu banyak atau berlebihan saat menggunakan produk hairstyling rambut, seperti wax, hair spray, atau foam. Sementara itu, gunakan perawatan rambut dengan formula ringan seperti serum rambut yang bisa dipakai setiap hari untuk menutrisi kulit kepala.

Perhatikan penggunaan kondisioner yang benar

ilustrasi rambut lepek dan bau apek

Pemakaian kondisioner yang salah dapat menimbulkan berbagai masalah rambut, seperti munculnya ketombe, rambut jadi lebih berminyak dan lepek. Oleh karena itu, perhatikan lagi cara kita memakai kondisioner dengan hanya mengusapnya di bagian ujung rambut dan bukan kulit kepala, sebagai langkah pencegahan agar rambut tidak mudah lepek, tetap lembut dan sehat.

Sampo volumizing dan hair mask

ilustrasi rambut lepek dan bau apek

Penggunaan sampo dan hair mask sangat penting dalam merawat rambut dan mengatasi rambut lepek. Menurut KOL Community & Public Relation Miss Daisy, Natasha Ernanda dalam keterangan pers Miss Daisy French Perfume Shampoo & Hair Mask yang diterima, kita dapat memilih sampo yang dapat menambah volume rambut (volumizing) jika rambut cenderung berminyak atau mudah lepek.

Biasanya, jenis sampo tersebut dirancang khusus untuk mengontrol minyak berlebih dan membuat rambut lebih mengembang. Selain itu penggunaan hair mask atau masker rambut juga dapat membantu menutrisi, menjaga kelembapan kulit kepala, serta memberikan efek harum yang lebih tahan lama.

Nah, Rambut lepek adalah kondisi rambut yang tampak lengket, lembap, berminyak dan berbau tidak sedap. Itulah 5 cara mengatasi rambut lepek dan bau apek.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,700SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles