30.2 C
Jakarta
Thursday, May 30, 2024

5 Dessert Khas dari Chile yang Cocok Untuk Pecinta Manis

Dessert adalah jenis makanan yang biasanya disajikan paling terakhir, juga sering disebut dengan makanan penutup. Indonesia punya beragam dessert yang mampu menggoyang lidah. Selain menikmati makanan khas Indonesia, tidak ada salahnya juga mencicipi dessert khas negara lain.

Kuliner khas Chile bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat. Negara Chile kaya akan kulinernya, termasuk makanan penutupnya yaitu dessert. Dessert khas negara ini terkenal banyak mengandung kelapa dan susu. Berikut dibawah ini merupakan 5 dessert khas chile yang cocok untuk kalian pecinta manis:

Torta Tres Leches

makanan torta tres leches

Salah satu makanan penutupnya yang tidak kalah lezat adalah torta tres leches. Nama dessert ini memiliki arti kue tiga susu. Dibuat menggunakan tiga jenis susu yang berbeda, yakni susu murni, susu evaporasi, dan susu kental manis.

Sekilas memang mirip kue sponge yang banyak dijual di pasaran. Namun, rasanya sangat berbeda. Rasanya lebih enak setelah direndam dalam berbagai jenis susu. Teksturnya pun lebih halus dari kue sponge biasanya. Sebagai opsi, kamu bisa tambahkan whip cream di bagian atasnya agar semakin lezat.

Cocada

makanan cocada

Manis dan simpel, dessert yang satu ini bernama cocada. Pilihan terbaik untuk kalian yang membutuhkan cemilan sederhana. Mengapa sederhana? Sebab, kue ini hanya terbuat dari kelapa, telur, gula, dan air.

Bahan-bahan yang digunakan cukup mudah ditemui dengan harga terjangkau. Biasanya bagian luar cocada dilumuri dengan kelapa parut atau almon cincang yang sudah dipanggang.

Brazo De Gitano

makanan brazo de gitano

Tentu kalian sudah tak asing lagi dengan tampilan dessert yang satu ini. Ya, sekilas mirip dengan bolu gulung khas Indonesia. Bisa disebut bahwa brazo de gitano adalah bolu gulung versi Chile.

Bolu yang sudah dibuat cukup dioles dengan selai, krim cokelat, atau whip cream di salah satu permukaannya. Setelah itu, gulung hingga isiannya tersembunyi di dalam. Bagian luarnya bisa ditaburi dengan gula halus. Untuk rasanya sudah tak perlu diragukan lagi.

Alfajores

makanan alfajores

Makanan penutup khas Chile ini terlihat mirip dengan macaron. Alfajores memiliki bentuk menyerupai sandwich cookie dengan isian yang beragam, seperti cokelat, krim susu, atau karamel susu yang gurih dan manis. Sedangkan bagian luar dari isiannya sering ditaburi dengan kelapa kering.

Sandwich cookie ini mulai populer pada abad ke 19. Bahan dasar biskuitnya adalah tepung terigu, butter, kuning telur, baking powder, gula, dan garam. Dessert ini sangat populer di Amerika bagian selatan.

Kuchen

makanan kuchen

Kuchen adalah sebutan untuk kue yang dibawa Jerman saat menetap di Chile setelah Perang Dunia II. Negara Chile mengadaptasi dessert ini menjadi lebih baik dari versi sebelumnya.

Kue yang tampak bak bolu ini umumnya diberi isian buah-buahan, seperti apel, blueberry, atau raspberry. Kemudian diberikan cream di bagian atasnya sebagai topping. Saat ini sudah banyak yang berinovasi dan mengubah isiannya. Kalau ingin membuatnya di rumah, kamu bisa gunakan isian dan topping sesuai selera saja.

Nah, itulah 5 dessert khas Chile yang bisa kalian buat di rumah saat bersama keluarga. Rasanya tidak akan mengecewakan karena sesuai dengan lidah orang Indonesia.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,800SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles