28.2 C
Jakarta
Monday, May 27, 2024

11 Penyebab Tekanan Darah Rendah dan Gejalanya

Hipotensi atau tekanan darah rendah sering kali tak dianggap sebagai kondisi yang serius dan menimbulkan masalah, seperti tekanan darah tinggi (hipertensi). Darah rendah atau hipotensi adalah kondisi ketika tekanan darah kurang dari 90/60 mmHg. Hipotensi umumnya tidak bergejala dan dapat dialami oleh siapa saja.

Tekanan darah rendah yang tidak normal dapah rendah adalah kondisi ketika pembacaan tekanan darah lebih rendah dari 90 mm Hg untuk sistolik atau 60 mm Hg untuk diastolik. Salah satu cara mengobati darah rendah adalah mengenali penyebabnya. Penyebab tekanan darah rendah termasuk dehidrasi dan gangguan medis serius yang mendasari.

Gejala tekanan darah rendah

hipotensi

Bagi sebagian orang, tekanan darah rendah adalah sinyal adanya penyakit yang mendasari, terutama jika tekanan darah anjlok secara tiba-tiba atau diikuti dengan gejala seperti:

  • Pusing
  • Pingsan
  • Kehilangan pengelihatan
  • Mual
  • Kelelahan
  • Kurang konsentrasi

Tekanan darah rendah ekstrem bisa memicu kondisi yang mengancam jiwa. Tanda dan gejala tekanan darah rendah ekstrem antara lain:

  • Kebingungan, terutama pada orang yang lebih tua
  • Kulit dingin, lembap, pucat
  • Napas cepat dan dangkal
  • Denyut nadi lemah dan cepat

Penyebab tekanan darah rendah

hipotensi

Beberapa kondisi yang dapat menjadi penyebab tekanan darah rendah antara lain:

Dehidrasi

Menurut MedicineNet, dehidrasi adalah penyebab tekanan darah rendah yang paling sering dialami oleh pasien yang menunjukkan gejala seperti mual, muntah, diare, atau olahraga berlebihan, yang mengalihkan darah dari organ-organ penting tubuh ke otot. Sejumlah besar air hilang saat muntah dan diare, terutama jika orang tersebut tidak minum cukup banyak cairan untuk menggantikan air yang keluar.

Kehamilan

Karena sistem peredaran darah berkembang pesat selama kehamilan, tekanan darah akan cenderung turun. Hal ini normal terjadi dan tekanan darah biasanya akan kembali ke tingkat sebelum hamil setelah melahirkan.

Kekurangan nutrisi tertentu

Kekurangan vitamin esensial B-12 dan asam folat bisa menyebabkan anemia, yang pada akhirnya bisa menjadi penyebab tekanan darah rendah.

Masalah jantung

Beberapa kondisi jantung yang dapat menjadi penyebab tekanan darah rendah, termasuk detak jantung yang sangat rendah (bradikardia), masalah katup jantung, serangan jantung dan gagal jantung.

Obat-obatan tertentu

Menurut American Heart Association, sejumlah obat dapat menyebabkan tekanan darah rendah, termasuk diuretik dan obat lain yang mengobati hipertensi, obat jantung seperti beta blocker, obat untuk penyakit Parkinson, antidepresan trisiklik, obat disfungsi ereksi, serta narkotika dan alkohol. Obat resep dan obat bebas lainnya bisa menjadi penyebab tekanan darah rendah jika dikonsumsi bersamaan dengan obat tekanan darah tinggi.

Masalah endokrin

Masalah endokrin dapat menjadi penyebab tekanan darah rendah, termasuk komplikasi dengan kelenjar penghasil hormon dalam sistem endokrin tubuh, khususnya tiroid yang kurang aktif (hipotiroidisme), penyakit paratiroid, insufisiensi adrenal, gula darah rendah, dan pada beberapa kasus diabetes.

Infeksi berat

Infeksi berat atau syok septik bisa terjadi ketika bakteri meninggalkan area asal infeksi, paling sering di paru-paru, perut, atau saluran kemih, dan memasuki aliran darah. Bakteri tersebut kemudian menghasilkan racun yang memengaruhi pembuluh darah, menyebabkan penurunan tekanan darah yang mendalam dan mengancam jiwa.

Reaksi alergi (anafilaksis)

Syok anafilaksis adalah reaksi alergi yang terkadang fatal, yang bisa terjadi pada orang yang sangat sensitif terhadap obat-obatan, seperti penisilin, terhadap makanan tertentu seperti kacang atau sengatan lebah. Jenis syok ini ditandai dengan masalah pernapasan, gatal-gatala, tenggorokan bengkak, dan penurunan tekanan darah yang tiba-tiba dan dramatis.

Peradangan parah

Menurut MedicineNet, peradangan parah pada organ dalam tubuh seperti pankreatitis akut dapat menjadi penyebab tekanan darah rendah. Pada pankreatitis akut, cairan meninggalkan pembuluh darah untuk memasuki jaringan yang meradang di sekitar pankreas serta rongga perut, memusatkan darah dan mengurangi volumenya.

Pendarahan sedang atau berat

Kondisi ini dapat dengan cepat menghabiskan darah seseorang, yang menyebabkan tekanan darah rendah atau hipotensi ortostatik. Perdarahan dapat terjadi akibat trauma, komplikasi pembedahan, atau kelainan gastrointestinal seperti ulkus, tumor, atau divertikulosis. Terkadang, perdarahan bisa sangat parah dan cepat. Misalnya, perdarahan dari aneurisma aorta yang pecah sehingga menyebabkan syok dan kematian dengan cepat.

Hipotensi yang dimediasi saraf

Tidak seperti hipotensi ortostatik, gangguan ini menyebabkan tekanan darah turun setelah berdiri dalam waktu lama, yang menyebabkan gejala seperti pusing, mual dan pingsan. Kondisi ini terutama menyerang kelompok usia muda dan terjadi karena miskomunikasi antara jantung dan otak.

Nah, itulah 11 penyebab tekanan darah rendah dan gejalanya. Salah satu cara mengobati darah rendah adalah mengenali penyebabnya. Penyebab tekanan darah rendah termasuk dehidrasi dan gangguan medis serius yang mendasari.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,700SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles