35 C
Jakarta
Thursday, May 30, 2024

Kandungan Nutrisi Temu Ireng yang Kaya Manfaat

Temu ireng memiliki kandungan antioksidan, minyak atsiri, dan sifat antimikroba. Tanaman herbal ini dipercaya bisa mengatasi infeksi bakteri pada kulit.

Tanaman herbal adalah tanaman yang dipercaya memiliki kandungan dan nilai lebih untuk mengobati gangguan kesehatan yang dialami. Ada berbagai jenis tanaman herbal yang bisa membantu mengobati keluhan kesehatan, salah satunya yaitu temu ireng.

Tanaman herbal ini biasanya digunakan sebagai salah satu bahan dasar pembuatan jamu. Tanaman herbal ini dipercaya bisa mengatasi keluhan kesehatan karena kandungan nutrisi yang cukup beragam dan pastinya bermanfaat.

Untuk itu, simak berbagai ulasan kandungan nutrisi dari  tanaman herbal ini  yang bisa kamu dapatkan untuk kesehatan tubuh berikut ini!

Nutrisi yang Terdapat dalam Temu Ireng

Ilustrasi temu ireng

Bukan hanya di Indonesia, di negara lain, seperti India, Myanmar, Thailand, hingga Kamboja, tanaman herbal ini juga bisa ditemukan dan dimanfaatkan sebagai obat herbal.

Obat ini memiliki beberapa kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan, seperti:

  • Flavonoid.
  • Alkaloid.
  • Terpenoid.
  • Tanin.
  • Polifenol.
  • Pati.
  • Antimikroba.
  • Antiradang.
  • Antikanker.
  • Minyak atsiri.
  • Kurkumin.
  • Antijamur.

Tanaman herbal ini bisa dikonsumsi dalam bentuk jamu, namun, ia memiliki rasa yang pahit dan hampir serupa dengan jahe.

Untuk meringankan rasa pahit yang muncul, biasanya tanaman herbal ini bisa dicampur dengan gula jawa atau madu. Dengan begini, jamu tradisional dengan temu hitam ini jadi lebih bisa dinikmati.

Manfaat Temu Ireng untuk Kesehatan

Ilustrasi temu ireng

Berbagai kandungan nutrisi membuat tanaman herbal ini dipercaya bisa mengatasi berbagai gangguan kesehatan pada tubuh. Berikut ini beberapa manfaat temu ireng untuk kesehatan:

Mencerahkan Kulit Ketiak

Tentunya kamu perlu merawat tubuh secara menyeluruh untuk memastikan kesehatan terjaga dengan baik. Nah, salah satu bagian tubuh yang tidak boleh terlewatkan adalah bagian ketiak.

Menjaga kebersihan ketiak akan membuat kamu terhindar dari bau badan. Bahkan, kamu juga bisa memiliki kulit ketiak yang cerah. Kulit ketiak yang cerah nyatanya juga bisa meningkatkan rasa percaya diri seseorang.

Jika kamu memiliki kulit ketiak yang menghitam dan kusam, sebaiknya jangan khawatir. Kamu bisa menggunakan tanaman herbal seperti temu ireng. Kamu bisa mengoleskan temu ireng yang telah dihaluskan pada bagian-bagian ketiak yang menghitam.

Mencegah Pertumbuhan Rambut Ketiak

Selain mencerahkan kulit ketiak, kamu juga bisa mencegah pertumbuhan rambut ketiak menggunakan tanaman herbal ini. Caranya pun hampir serupa dengan yang sebelumnya.

Haluskan tanaman ini dan oleskan pada bagian ketiak. Lakukan cara ini secara rutin hingga mendapatkan hasil yang diinginkan. Jangan lupa untuk mencuci bersih area ketiak setelah menggunakannya untuk memperlambat pertumbuhan rambut.

Pastikan ketiak kering setelahnya untuk menghindari kelembapan. Pasalnya, ketiak yang lembap ini berisiko meningkatkan perkembangan bakteri yang memicu bau badan.

Mengatasi Infeksi Bakteri

Kandungan antimikroba pada tanaman herbal ini membuat tanaman herbal ini bisa membantu kamu mengatasi peradangan pada tubuh yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Salah satunya adalah infeksi pada kulit. Kamu bisa mengoleskan ekstrak tanaman herbal ini pada bagian kulit yang mengalami infeksi ringan. Gunakan obat herbal ini secara rutin hingga kondisi kulit membaik.

Nah, itulah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika menggunakan temu ireng sebagai obat herbal. Namun, pengobatan menggunakan obat herbal ini masih memerlukan pengujian dan penelitian lebih banyak pada manusia.

Sebaiknya jangan jadikan pengobatan ini sebagai pengobatan utama. Tanaman herbal ini bisa digunakan sebagai perawatan untuk menunjang pengobatan utama yang kamu lakukan.

Pastikan juga kamu tidak berlebihan dalam menggunakan tanaman herbal ini karena berisiko memicu efek samping pada kesehatan. Sebaiknya pastikan kamu melakukan pemeriksaan di rumah sakit ketika mengalami keluhan kesehatan yang tidak membaik.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,800SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles