30.1 C
Jakarta
Friday, June 14, 2024

5 Spot Sunrise Terbaik di Yogyakarta

Lagi pengin liburan di Yogyakarta dengan suasana berbeda? Kamu bisa coba berburu sunrise saat pagi hari. Meski butuh usaha lebih untuk melihat pemandangan ini, dijamin kamu gak akan nyesal ketika sudah melihatnya.

Ada beberapa spot sunrise terbaik di Yogyakarta. Dilengkapi dengan pemandangan sungai, perbukitan, hingga hutan hijau. Bikin liburan kamu semakin berkesan.

Dikutip dari segmen IG Live #NgobrolSeru Mbolang ke Yogyakarta bareng Mas Dolan di IDN Times pada Kamis (30/06), ada beberapa rekomendasi spot sunrise terbaik di Yogyakarta ala travel influencer Dolan Aja, lho. Simak daftarnya di bawah ini!

Stone Park

ilustrasi Stone Park

Stone Park Turunan di Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), merupakan salah satu spot terbaik untuk menyaksikan matahari terbit atau sunrise. Tempat wisata ini berada di hamparan perbukitan kawasan lembah Sungai Oya. Pemandangan ke arah matahari terbit pun terbuka tanpa penghalang. Jika hendak berkunjung ke Stone Park Turunan.

Stone Park menjadi salah satu spot sunrise terbaik di Yogyakarta. Selain itu, tempat sempurna untuk melihat milky way atau bimasakti. Menawarkan pemandangan Sungai Oya yang berkelok, ditambah hutan perbukitan yang luas. Saat sunrise, kamu bisa melihat pemandangan Gunung Api Purba Nglanggeran dan Gunung Lawu.

Lokasi: Jalan Ngetal, Turunan, Girisuko, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Jam operasional: setiap hari pukul 05.00-18.00 WIB.

Harga tiket: sukarela.

Candi Abang

candi abang

Selanjutnya, ada Candi Abang, Candi Abang adalah sebuah candi Hindu yang terletak di Kabupaten Sleman, Yogyakartayang menjadi candi hindu kuno dengan keindahan alam.  dengan view alam yang memesona. Bentuknya seperti bukit hijau yang luas. Kamu bisa mendapatkan sunrise yang cantik dengan latar alam yang menawan.

Lokasi: Blambangan, Jogotirto, Kecamatan Berbah, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Jam operasional: setiap hari pukul 07.00-18.00 WIB.

Harga tiket: Rp5.000.

Ekowisata Jatisari

ilustrasi ekowisata jatisari

Ekowisata Jatisari Dlingo Bantul adalah pilihan tepat untuk Anda yang ingin menikmati liburan di tempat yang sejuk. Ecopark Jatisari ini mengusung konsep cukup menarik yakni taman batu di atas bukit. Ekowisata Jatisari memang tak sepopuler Kawasan Wisata Mangunan, tapi tempat wisata ini sangat sayang untuk dilewatkan.

Ekowisata Jatisari menyuguhkan keindahan sunrise. Berada di atas Bukit Dlingo dengan udara yang sejuk dan segar. Ada beberapa spot foto yang Instagramable, serta area berkemah yang cukup luas.

Lokasi: Jalan Gua Jati Sari, Seropan III, Muntuk, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Jam operasional: setiap hari pukul 04.00-17.00 WIB.

Harga tiket: Rp2.000.

Gunung Ireng

ilustrasi gunung ireng

Gunung Ireng sebenarnya merupakan bukit yang tidak terlalu tinggi. Ketinggiannya hanya sekitar 200 mdpl. Nama Ireng berasal dari satu kata dalam bahasa Jawa yang berarti hitam. Hal itu karena puncak bukit ini dipenuhi oleh batuan yang berwarna hitam.

Gunung Ireng menjadi salah satu spot sunrise favorit. Kamu perlu trekking hingga ke puncak. Tenang saja, jalurnya cukup mudah dilalui. Rasa lelahmu akan terbayarkan langsung setelah melihat pemandangan dari ketinggian.

Lokasi: Ngrancahan, Pengkok, Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Jam operasional: 24 jam.

Harga tiket: Rp3.000.

Geoforest Watu Payung

ilustrasi Geoforest Watu Payung

Selain menawarkan keindahan sunrise, panorama alam Geoforest Watu Payung cukup menawan. Gak hanya cocok untuk memotret, tempat ini juga cocok untuk sekadar bersantai sambil menikmati suasan pagi yang indah.

Lokasi: Jalan Turunan, Turunan, Girisuko, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Jam operasional: setiap hari pukul 05.00-18.00 WIB.

Harga tiket: Rp5.000

Nah, itulah beberapa rekomendasi spot sunrise terbaik di Yogyakarta. Cocok buat kamu yang senang traveling saat pagi hari. Yang dilengkapi dengan pemandangan sungai, perbukitan, hingga hutan hijau. Bikin liburan kamu semakin berkesan Semangat untuk bangun pagi, ya!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,800SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles