26.7 C
Jakarta
Friday, December 1, 2023

5 Pelatih Terakhir yang Membawa Manchester United Untuk Meraih Trofi

Manchester United sedang mengalami periode puasa gelar yang sudah berlangsung sejak 2017. Jangankan menjadi juara, Setan Merah kini bahkan kesulitan untuk sekadar bersaing di papan atas. Hal itu jauh berbeda dengan Manchester United pada masa lalu yang hampir selalu meraih trofi setiap musim.

Demi kembali berjaya, Manchester United menunjuk Erik ten Hag sebagai pelatih baru mulai musim 2022/2023. Pelatih asal Belanda tersebut diharapkan dapat lekas mempersembahkan trofi. Jika berhasil, Ten Hag bakal menyusul lima pelatih terakhir yang sukses meraih trofi bersama Manchester United. Lantas, ada siapa saja ya? Yuk, langsung disimak artikel dibawah ini:

Ron Atkinson

Ilustrasi Ron Atkinson

Ron Atkinson adalah pelatih asal Inggris terakhir yang menjadi pelatih tetap Manchester United hingga kini. Atkinson ditunjuk menangani The Red Devils pada awal 1981/1982. Saat itu, Manchester United sedang berada dalam periode puasa trofi mayor selama 4 tahun.

Atkinson kemudian membawa Manchester United meraih trofi Piala FA pada 1982/1983, disusul Charity Shield. Dua musim berselang, Setan Merah kembali memenangi Piala FA. Sayangnya, Atkinson tak berhasil membawa Manchester United menjuarai Liga Inggris meski selalu finis di empat besar.

Sir Alex Ferguson

Ilustrasi Sir Alex Ferguson

Prestasi Manchester United di bawah Ron Atkinson mulai melorot pada musim 1986/1987. Alhasil, Atkinson dipecat pada November 1986 dan digantikan Alex Ferguson. Selebihnya adalah sejarah, karena Ferguson sukses menjelma menjadi pelatih terlama sekaligus tersukses Manchester United.

Ferguson melatih Manchester United hingga pensiun pada 2013, alias selama hampir 27 tahun. Ia memenangi tiga belas trofi English Premier League hingga menjadi pelatih tersukses di Liga Inggris. Selain itu, Ferguson juga membawa Setan Merah meraih 5 Piala FA, 2 Liga Champions, dan 18 trofi lain.

David Moyes

Ilustrasi David Moyes

Setelah ditinggal Sir Alex Ferguson, Manchester United menghadapi tugas berat untuk mencari pelatih pengganti yang sepadan. Beban berat itu akhirnya jatuh ke pundak David Moyes, pelatih yang juga berasal dari Skotlandia seperti Ferguson. Ia mulai menangani Setan Merah pada awal musim 2013/2014.

Partai resmi pertama Moyes bersama Manchester United langsung berbuah trofi Community Shield. Sayangnya, itu akhirnya jadi satu-satuya trofi yang diraih Moyes bersama Manchester United. Mereka tampil buruk pada musim tersebut, sehingga Moyes dipecat tak sampai setahun setelah diserahi jabatan.

Louis van Gaal

Ilustrasi Louis van Gaal

Gagal bersama Moyes, Manchester United mencari peruntungan bersama Louis van Gaal pada awal 2014/2015. Ia didatangkan setelah membawa Timnas Belanda meraih juara ketiga Piala Dunia 2014. Ia pun menjadi pelatih pertama Manchester United yang berasal dari luar Britania Raya.

Sayangnya, van Gaal pun akhirnya tak bertahan lama di Manchester United. Ia dipecat setelah dua musim, meski sukses membawa Setan Merah juara Piala FA 2015/2016. Kegagalan Manchester United finis di empat besar EPL plus hubungan van Gaal yang tak harmonis dengan para pemain disinyalir jadi penyebabnya.

Jose Mourinho

Ilustrasi Jose Mourinho

Pelatih terakhir sejauh ini yang berhasil membawa Manchester United meraih trofi adalah Jose Mourinho. Pelatih asal Portugal ini ditunjuk sebagai pengganti Van Gaal mulai musim 2016/2017. Tak butuh waktu lama, Setan Merah langsung meraih tiga trofi sekaligus pada musim pertama Mourinho menjabat.

Ketiga trofi tersebut adalah Community Shield, Piala Liga, dan Europa League. Sayangnya, itu juga menjadi deretan trofi terakhir yang didapat Manchester United hingga kini.

Mourinho menjabat hingga Desember 2018. Ia dipecat karena performa Setan Merah yang memburuk hingga paruh musim 2018/2019.

Setelah 5 pelatih di atas, Manchester United sempat ditangani tiga pelatih berbeda, baik permanen maupun interim. Namun, mereka semua gagal mempersembahkan trofi bagi Setan Merah. Akankah Erik ten Hag menjadi sosok penyelamat yang mampu membangkitkan kembali kejayaan Manchester United?

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
25,600SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles