30 C
Jakarta
Monday, July 22, 2024

7 Macam Buah yang Cocok Untuk Diolah Menjadi Salad

Siapa yang tak tahu salah satu makanan favorit dan menyehatkan yang kaya akan kandungan vitamin dari buah ini? Benar sekali, yaitu salad buah. Selain rasanya yang menyegarkan, salad buah juga kaya akan kandungan vitamin dan mineral dari buah-buahan.

Berbagai macam buah-buahan dapat diolah menjadi salad, mulai dari yang berair hingga berserat. Lantas, buah apakan yang cocok untuk diolah menjadi salad? Yuk, langsung saja disimak artikel dibawah ini:

Semangka

Ilustrasi Semangka

Salah satu buah yang cocok banget dibuat untuk salad yaitu semangka. Buah ini kaya akan kandungan airnya, maka dari itu dijamin membuat segar salad buah kalian. Selain itu, buah semangka juga kaya akan vitamin A, C, dan B6.

Antioksidan seperti beta karoten, vitamin C, lutein, dan zeaxanthine yang terkandung dalam buah semangka juga baik bagi kesehatan mata.

Zat-zat tersebut berguna untuk melindungi mata dari gejala yang berkaitan dengan faktor pertambahan usia, glukoma dan rabun senja, seperti yang dikutip dari laman Pesona.

Melon

Ilustrasi Melon

Tak kalah dari buah semangka, buah melon juga memiliki kandungan mineral yang cukup banyak dan cocok banget dipakai untuk salad buah. Kandungan zat yang terkandung dari buah melon sendiri yaitu protein, vitamin, kalium, magnesium dan zat lainnya yang sangat berguna bagi tubuh. Rasa manis pada buah melon juga cocok untuk dijadikan penyeimbang rasa di salad buah kalian.

Strawberry

Ilustrasi Strawberry

Buah strawberry terkenal dengan rasanya yang asam. Namun, justru ini yang membuat buah stroberi cocok untuk dijadikan salad buah karena umumnya salad buah memiliki rasa yang khas seperti asam, manis, dan juga menyegarkan. Kandungan dalam buah stroberi yaitu kaya akan vitamin A, C, E, K, B1, B2, B3, B5, B9, kalsium, fosfat dan kandungan lainnya yang sangat berguna bagi tubuh.

Kiwi

Ilustrasi Kiwi

Kiwi juga memiliki rasa yang hampir sama dengan stroberi yaitu asam. Namun, kebanyakan buah kiwi hanya dijadikan sebagai topping di salad buah agar terlihat lebih cantik.

Kiwi sendiri sangat berguna untuk menjaga kesehatan pencernaanmu, meningkatkan imunitas, dan bisa mengontrol tekanan darah. Tetapi, kalian juga dapat menambahkannya pada campuran salah buah dengan cara memotong dadu sehingga memudahkan kamu untuk memakannya.

Jeruk

Ilustrasi Jeruk

Ternyata jeruk juga dapat dijadikan sebagai salad buah. Namun, kebanyakan jenis jeruk yang digunakan yaitu jeruk sunkist. Selain digunakan sebagai topping kalian juga dapat menambahkannya langsung ke dalam salad buah untuk menambahkan rasa asam.

Jeruk sunkist berguna untuk kesehatan jantung dan juga dapat mencegah anemia. Jadi, cocok banget deh buat kamu yang menyukai rasa asam dominan pada salad buah.

Anggur

Ilustrasi Anggur

Buah selanjutnya yang cocok untuk kalian tambahkan ke dalam salad buah yaitu buah anggur. Salah satu manfaat dalam buah anggur yaitu bisa mencegah penyakit kanker.

Berbagai studi telah menemukan bahwa ternyata kandungan resveratrol, yaitu sejenis antioksidan dalam buah anggur. Hal itu dapat mencegah pertumbuhan sel kanker yang terdapat dalam tubuh.

Apel

Ilustrasi Apel

Buah apel memang cocok untuk diolah menjadi berbagai macam makanan, tidak terkecuali salad buah. Apel juga kaya akan kandungan zat yang bisa berguna bagi tubuh yaitu seperti vitamin C, B1, dan B6.

Satu buah apel berukuran sedang sekitar 180 gram mengandung 8,4 mg vitamin C. Vitamin C membantu sintesis kolagen, suatu komponen penting yang terdapat dalam tendon, ligamen, pembuluh darah, hingga kulit, seperti yang dikutip pada laman Hallosehat.

Sekarang tak ada alasan bagi kalian untuk tidak membuat salad buah sendiri. Selain kalian dapat memilih sendiri buah-buahan yang segar di pasar, porsi yang kalian juga dapat lebih banyak. Perbanyak makanan yang sehat dan bergizi agar bisa meningkatkan sistem imun.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
27,000SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles