34 C
Jakarta
Thursday, May 30, 2024

Hindari, 5 Kebiasaan Sepele yang Bikin Gemuk

Kebiasaan lama memang sulit dihentikan, namun beberapa di antaranya mungkin menjadi kebiasaan yang bikin gemuk. Tapi, jangan berputus asa. Kita bisa sedikit demi sedikit menggantikan kebiasaan yang bikin gemuk tersebut dengan kebiasaan yang lebih sehat dan positif. Ahli gizi klinik Kathleen Zelman, MPH, RD, LD mengatakan, hal pertama adalah mengidentifikasi mana saja kebiasaan yang bikin kita gemuk dan sebaiknya ditinggalkan.

Setelah itu, kita akan lebih mudah menguranginya. Menurutnya, lakukan sesuatu selama 21 hari dan itu bakal meningkatkan peluang menjadi kebiasaan jangka panjang. “Ketika membawa perubahan dalam gaya hidup, lakukan secara perlahan dan konsisten,” ucapnya, seperti dilansir WebMD.

Sederet kebiasaan yang bikin gemuk

Berikut sejumlah kebiasaan yang bikin gemuk dan mungkin kita lakukan sehari-hari. Menggantinya secara perlahan dengan kebiasaan yang lebih sehat dapat membantu kita menjaga berat badan ideal di maaa mendatang:

Terlalu banyak konsumsi garam

terlalu banyak mengonsumsi garam

Garam tidak membuat gemuk secara langsung. Namun, apakah selama ini kita sudah cukup disiplin memerhatikan label nutrisi di kemasan makanan yang kita asup? Melansir Eat This Not That, menurut ahli gizi teregistrasi dan pendiri Go Wellness di Orange County, California, Michelle Loy, MPH, MS, CSSD, banyak orang mengonsumsi garam 50 persen lebih banyak dari anjuran konsumsi garam per hari.

Adapun menurut Kementerian Kesehatan RI, anjuran konsumsi garam per hari adalah 1 sendok teh atau 5 gram. Kita mungkin saja secara tidak sadar mengonsumsi garam berlebih lewat makanan olahan, camilan, hingga makanan cepat saji. Garam tak secara langsung berdampak pada kegemukan, tapi bisa membuat kita terlihat lebih gemuk karena menyebabkan kembung.

Kurang minum

kurang minum

Asupan air dalam jumlah cukup penting untuk fungsi tubuh secara keseluruhan. Tak hanya itu, memperbanyak asupan air juga bisa membantu kita terhindar dari kebiasaan yang bikin gemuk, seperti makan berlebih.

Sebuah studi dari University of Utah meminta para partisipannya minum dua gelas air sebelum makan besar. Mereka menemukan para partisipan berhasil menurunkan berat badan 30 persen lebih banyak daripada partisipan yang tidak minum dua gelas air sebelum makan.

Terlalu banyak atau kurang tidur

terlalu banyak atau kursng tidur

Menurut para peneliti dari Wake Forest, para pelaku diet yang tidur lima jam sehari atau kurang cenderung memiliki lemak perut 2,5 kali lebih banyak. Tapi, partisipan yang tidur lebih banyak dari delapan jam juga tak lebih baik. Kenaikan berat badan mereka hanya sedikit lebih rendah daripada partisipan yang tidur lima jam sehari. Jadi, pastikan tidur setidaknya enam hingga tujuh jam per hari secara rutin untuk mengelola berat badan yang sehat.

Makan terburu-buru bikin gemuk

makan terburu buru

Butuh waktu sekitar 20 menit untuk perut kita memberi sinyal “kenyang” pada otak kita. Sebuah studi dari Journal of the American Dietetic Association menemukan bahwa orang yang makan lebih lambat mengonsumsi 66 kalori lebih sedikit per waktu makan dibandingkan orang yang makan terburu-buru. Angka 66 kalori terdengar sangat kecil. Namun, jika kita melakukannya di setiap waktu makan secara konsisten, itu tentu bisa menjadi kebiasaan yang bikin gemuk.

Makan dengan piring besar

makan dengan piring besar

Sebuah studi di jurnal Obesity Science & Practice menemukan bahwa 98,6 persen individu yang obesitas ternyata sering kali memilih makan dengan piring berukuran besar. Ketika kita menggunakan piring besar, kita cenderung ingin memenuhinya dengan makan. Banyak makanan artinya lebih banyak kalori, sehingga ini menjadi salah satu kebisaan yang bikin gemuk. Jadi, makanlah dengan piring kecil sebagai cara untuk membantu diri mengontrol porsi makan.

Nah, itulah kebiasaan lama memang sulit dihentikan, namun beberapa di antaranya mungkin menjadi kebiasaan yang bikin gemuk. Tapi, jangan berputus asa. Kita bisa sedikit demi sedikit menggantikan kebiasaan yang bikin gemuk tersebut dengan kebiasaan yang lebih sehat dan positif.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,800SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles