32.9 C
Jakarta
Friday, March 1, 2024

Inilah Sejarah dari Stasiun Gambir yang Perlu Dketahui!

Stasiun Gambir belakangan ini ramai diisukan akan dihentikan demi melayani kereta api jarak jauh (antar provinsi). Namun, kabar tersebut dibantah oleh PT KAI. Stasiun yang berada di JL. Medan Merdeka, Jakarta Pusat tetap akan melayani kereta api jarak jauh. Lantas, seperti apakah sejarahnya? Yuk, langsung saja disimak artikel dibawah ini:

Bermula dari Halte Koningsplein

Ilustrasi Stasiun Gambir

Stasiun Gambir awalnya adalah tanah rawa yang dimiliki oleh Anthony Paviljoen. Kemudian dibeli oleh Cornelis Chastelein pada 1697 dan diberi nama Weltevreden. Selang beberapa puluh tahun atau tepatnya pada 1871 tempat itu menjadi sebuah halte bernama Koningsplein atau berarti halte lapangan raja.

Nederlands-Indische Spoorweg sampai tahun 1884 mengelola halte tersebut. Pada 4 Oktober 1884 tempat ini diganti menjadi stasiun, dengan nama Stasiun Weltevreden yang dibuka tempat dimana Stasiun Gambir kini berada.

Gagasan pembangunan ini dicetuskan oleh Gubernur Jenderal Hindia Belanda, J,J Rochussen pada tahun 1846. Jalur kereta api ini mulai dari Jakarta menuju Bogor.

Pada kurun waktu 1925-1930 di Weltevreden dilakukan elektrifikasi. Rencana ini mulai dicetuskan pada tahun 1915 dan mulai dikerjakan tahun 1921. Pada 1937, nama stasiun Weltevreden diganti menjadi Stasiun Batavia Koningsplein.

Stasiun Batavia Koningsplein mulai melayani perjalanan ke Surabaya dan sebaliknya. Pada masa itu stasiun ini menjadi stasiun tersibuk di Hindia Belanda. Masyarakat juga mulai menyebut stasiun ini dengan Stasiun Gambir.

Terkait penamaan Gambir diduga sekitar 1922. Karena pada saat itu masyarakat menyebut lapangan Koningsplein dengan lapangan Gambir, karena di terdapat pohon gambir di lapangan itu.

Pada tahun 1976, Gubernur DKI Jakarta Ali Sadikin dan Gubernur Jawa Barat Solihin GP melakukan kerja sama dalam pembangunan kawasan Jabodetabek. Untuk menarik minat penduduk agar menetap di kawasan ini, pemerintah meningkatkan layanan transportasi.

Diambil Alih oleh Staatsspoorwegen

Ilustrasi Stasiun Gambir

Sejak awal abad ke-20, pemerintah Hindia Belanda telah merencanakan perbaikan kondisi perkeretaapian di Jakarta dan sekitarnya. Akan tetapi hal tersebut bertentangan dengan kenyataan bahwa perkeretaapian di Jakarta sebagain dimiliki oleh pemerintah dan sebagian lagi dikelola oleh perusahaan swasta.

Sampai tahun 1900, pemerintah melalui perusahaan kereta api negara Staatsspoorwegen (SS) menjalankan kereta api lintas Jakarta-Bekasi-Karawang, Jakarta-Duri-Tangerang serta Duri-Rangkasbitung.

Gayung bersambut, pada tahun 1913 pemerintah mengambil alih jalur kereta api Jakarta-Bogor milik NISM. Lantas SS memulai perbaikan kondisi perkeretaapian di Jakarata secara menyeluruh.

Salah satu agenda SS ialah membangun jalur ganda serta membuat jalur kereta api layang yang menanjak dari Gondangdia melewati Weltevreden, melintas Sawah Besar jalur kereta api turun kembali.

Jalur layang tersebut tetap mengikuti jalur yang sudah ada. Sebagai jalur layang, akan dibangun pula stasiun baru di Weltevreden.

Stasiun baru tersebut akan ditempatkan sedemikan rupa sehingga selama proses pembangunan tidak mengganggu operasional Stasiun Weltevreden. Keseluruhan rencana teresbut disampaikan oleh kepala insinyur, Koc H dalam sambutannya pada tanggal 4 Agustus 1917.

Kurun tahun 1925-1930 dilakukan elektrifikasi di Jakarta, tak terkecuali di Weltevreden. Rencana elektrifikasi mulai dicetuskan sekitar tahun 1915 dan dimulai pekerjaan tahun 1921.

Pada tahun 1937, nama Stasiun Weltevreden diganti menjadi Stasiun Batavia Koningsplein. Saat itu juga stasin sudah mernjadi stasiun tersibuk di Hindia Belanda. Hampir seluruh kereta jarak jauh utama dan semua kereta menuju ke arah Bogor singgah di stasiun ini.

Nah, itulah penjelasan mengenai sejarah penamaan Gambir yang diduga sekitar 1922. Karena pada saat itu masyarakat menyebut lapangan Koningsplein dengan lapangan Gambir, karena terdapat pohon gambir di lapangan itu.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,200SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles