26.5 C
Jakarta
Friday, June 14, 2024

Ribuan Orang di Korsel Terkena Imbas Topan Hinnamnor

Pemerintah Korea Selatan (Korsel), pada Selasa (6/9/2022), melaporkan bahwa ribuan warganya telah dievakuasi saat topan menerjang di bagian selatan negara tersebut. Topan itu disebut Topan Hinnamnor yang memicu hujan lebat dan angin kencang.

Hinnamnor diperkirakan akan menerjang sepanjang hari dan akan berlari ke arah utara, lalu berbelok ke arah timur laut menuju Sapporo, Jepang, sekitar tengah malam nanti. Badan Meteorologi Korsel memperingatkan gelombang akan sangat tinggi di daerah pesisir yang dilanda topan.

Topan Hinnamnor akan Berbelok Menuju Jepang

Ilustrasi dari Ribuan Orang di Korsel Terkena Imbas Topan Hinnamnor

Gambar video yang beredar di media sosial menunjukkan hujan lebat dan angin kencang yang dipicu oleh kedatangan Topan Hinnamnor. Beberapa pohon terlihat tumbang dan puing-puing rumah berserakan karena dihantam angin kencang. Topan Hinnamnor itu diperkirakan akan bergerak ke utara dengan kecepatan sekitar 53 kilometer per jam.

Melansir idntimes.com, dari selatan, Hinnamnor akan meninggalkan semenanjung Korea dan menuju perairan tetangga di kota Ulsan lalu mendarat di kota pesisir Geoje. Jepang akan menjadi tujuan selanjutnya topan tersebut, tepatnya di wilayah barat laut Sapporo.

Presiden Korsel, Yoon Suk Yeol, segera melakukan pertemuan tenggapan dan mendesak kepada para pejabat untuk mengambil tindakan sampai topan benar-benar hilang. Sejauh ini, ribuan orang dikabarkan telah dievakuasi.

Dampak langsung Topan Hinnamnor di Korsel

Ilustrasi dari Dampak langsung Topan Hinnamnor di Korsel

Badan Cuaca Korea Selatan menyatakan bahwa Hinnamnor, yang membawa hujan lebat dan angin hingga 144 kmh. Bergerak ke timur laut menuju laut lepas setelah menghantam pulau resor selatan Jeju dan berlanjut di dekat pelabuhan daratan Busan kemarin. Badai itu menurunkan curah hujan lebih dari 94 cm di bagian tengah Jeju sejak Minggu, di mana angin pernah mencapai kecepatan maksimum 155 kmh.

Topan Hinnamnor awalnya menghantam pulau Jeju di selatan. Topan itu disebut akan menjadi topan paling kuat yang pernah melanda Korsel dalam beberapa tahun terakhir. Jalanan mengalami kerusakan dan menurut Associated Press.

Fasilitas saluran listrik juga mengalami kehancuran. Ini menyebabkan sekitar 20 ribu rumah tanpa aliran listrik dan ribuan orang mengungsi ke tempat yang aman. Lebih dari 3.400 orang terpaksa mengungsi.

Menurut Kementerian Keamanan Korsel. Pemerintah juga telah menyarankan atau memerintahkan 14 ribu orang lain untuk mengungsi. Lima rumah dan bangunan diketahui terendam air atau rusak.

Lebih dari 600 sekolah ditutup dan lebih dari 250 penerbangan serta 70 layanan feri dihentikan sementara. Sebanyak 354 jadwal kereta ditangguhkan atau disesuaikan.

Satu Orang dilaporkan Hilang

Ilustrasi dari Satu orang dilaporkan hilang

Sebanyak 66 ribu kapal nelayan telah berhasil dievakuasi ke pelabuhan. Sejauh ini, belum ada laporan korban jiwa akibat terjangan Topan Hinnamnor yang telah menyapu bagian selatan Korsel. Melansir idntimes.com.  Topan itu telah menyebabkan seorang pria berusia 25 tahun hilang di Ulsan.

Menurut Kementerian Dalam Negeri dan Keselamatan seperti dikutip idntimes.com, Selasa (6/9/2022). Namun kememterian itu belum memberika  perincian laporan terkait banyak korban. Pria tersebut masih belum ditemukan ketika jatuh ke sungai pada pukul 01:00 waktu setempat di bawah pengaruh alkohol.

Badan cuaca pemerintah mengimbau untuk terus berhati-hati karena gelombang badai dan gelombang tinggi diperkirakan akan tetapi terjadi di daerah pesisir.

“Hinnamnor adalah topan yang sangat besar dengan radius 400 kilometer, dan dapat membawa angin kencang dan hujan lebat hampir di seluruh negeri,” kata Han Sang Un, kepala peramal cuaca.

Nah, Inilah pemberitahuan tentang Ribuan Orang di Korsel Terkena Imbas Topan Hinnamnor. Maka dari itu ribuan warganya telah dievakuasi saat topan menerjang di bagian selatan negara tersebut. Topan itu disebut Topan Hinnamnor yang memicu hujan lebat dan angin kencang.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,800SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles