26.2 C
Jakarta
Thursday, July 25, 2024

5 Tempat Wisata di Hattem-Belanda yang Unik Sekaligus Menarik

Hattem merupakan salah satu kota paling memesona di Belanda. Hattem juga menjadi bekas kota perdagangan Hanseatik pada abad ke-13. Kini Hattem tak jarang menjadi tujuan wisata para travelers dari seluruh penjuru dunia. Mulai dari museum, bangunan serta situs bersejarah, dan masih banyak hal unik sekaligus menarik layak untuk kamu kunjungi di kota ini.

Penasaran apa saja tempat wisata di Hattem-Belanda yang unik?

Voerman Museum

ilustrasi Voerman Museum

Terletak di sebuah rumah bersejarah, Voerman Museum mengoleksi beberapa bagian masa lalu dari kota Hattem. Benda-benda arkeologi sampai berbagai karya seni lokal ditampilkan di museum ini. Diberi nama Museum Voerman karena di sini kamu bisa menjumpai sebuah lukisan terkenal dari abad ke-19 milik pelukis Jan Voerman. Ia dan putranya dikenal karena ilustrasi dan litografinya.

Pada tahun 1299 Hattem menerima hak kota. HUT ke-650 sebagai kota diperingati secara besar-besaran pada tahun 1949, antara lain dengan pameran dan pendirian Yayasan Oud Hattem oleh dokter umum M. Sypkens Smit. Yang dipamerkan adalah benda-benda “Dari Waktu Nenek” serta banyak gambar, tulisan, dan topografi lama oleh Hattem. 

Karena antusiasme terhadap pameran ini, diputuskan pada tahun 1971 untuk melengkapi ruang barang antik. Ini adalah awal yang sederhana dari apa yang sekarang menjadi Museum Kota Voerman Hattem. Kemudian pada tahun 1984 museum ganda Streekmuseum Hattem dan Voermanhuis dibuat. Berbagai renovasi diikuti selama bertahun-tahun dan Museum Kota Voerman Hattem dibuat. 

Pada awal tahun 2012, museum kembali mengalami metamorfosis dan modernisasi besar-besaran dengan judul “Museum in Motion“. Yang istimewa adalah museum ini telah dikelola sepenuhnya oleh para sukarelawan sejak awal. 

Mulai 1 Januari 2019, pintu depan tidak lagi digunakan bersama Museum Anton Pieck. Kedua museum akan berlanjut sebagai museum independen, masing-masing dengan pintu masuknya sendiri.

Andreaskerk

ilustrasi Andreaskerk

Hattem memiliki sebuah Gereja bergaya Romawi sebelum akhirnya terbakar pada abad ke-13. Hingga akhirnya setelah itu sebuah gereja baru dibangun kembali dan bertahan dengan menaranya sampai sekarang. Beberapa lokasi bersejarah juga masih tersisa dari gereja ini. Salah satunya adalah paduan suara yang dibangun pada abad ke-15. Ada juga ruang yang pernah menjadi tempat kerja walikota hingga anggota dewan Hattem lada abad 17.

Stadhuis

ilustrasi Stadhuis

Bangunan bersejarah yang tak kalah uniknya adalah balai kota atau yang biasa disebut Stadhuis. Berasal dari abad ke-14, arsitektur bangunannya yang klasik menjadi daya tarik tersendiri bagi kota Hattem. Bagian fasad depan dari balai kota dicat dengan warna putih dan merah. Terdapat juga lambang kota Hattem sebagai penanda kemakmuran dan ketentraman kota.

Molen De Fortuin

ilustrasi Molen De Fortuin

Molen De Fortuin merupakan sebuah bekas pabrik yang sudah beroperasi sejak pertengahan abad ke-19. Sempat rusak selama beberapa dekade, pabrik ini kembali dibuka dan beroperasi serta menjadi destinasi wisata edukasi di Hattem. Kincir anginnya yang ikonik membuat siapapun pasti ingin berfoto di bawahnya. Tak heran, bila pabrik ini sering dianggap sebagai tempat paling instagramable di Kota Hattem.

Anton Pieck Museum

ilustrasi Anton Pieck Museum

Museum Anton Pieck adalah seorang pelukis dan seniman grafis yang sangat dicintai di kota Hattem. Anton Pieck memiliki gaya seni kartun yang mudah dipahami oleh para penikmatnya. Pada tahun 1952, Pieck pernah berencana membuat hutan dongeng di mana hal itu  memprakarsai didirikannya hutan dongeng yang ada di taman hiburan Efteling.

Nah, itu dia lima tempat wisata yang bisa jadi referensi liburanmu di Belanda, terutama di kota Hattem. Kini Hattem tak jarang menjadi tujuan wisata para travelers dari seluruh penjuru dunia. Mulai dari museum, bangunan serta situs bersejarah, dan masih banyak hal unik sekaligus menarik layak untuk kamu kunjungi di kota ini.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
27,000SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles