25.4 C
Jakarta
Friday, April 12, 2024

5 Varian Es Krim yang Menjadi Favorit dari Berbagai Negara

Setiap negara umumnya memiliki varian es krim terbaik yang paling direkomendasikan untuk disantap sebagai summer dessert favorit. Berbagai bentuk dan rasa terus dikembangkan agar menghasilkan sajian terbaik.

5 es krim berikut ini menjadi makanan yang paling direkomendasikan untuk dinikmati sebagai pencuci mulut saat musim panas tiba. Selain rasanya yang unik, kalian juga dapat mencoba beragam varian es krim dengan bahan baku yang menarik. Penasaran? Yuk langsung saja disimak artikel dibawah ini:

Kulfi

Ilustrasi Es Krim Kulfi

Kulfi adalah es krim yang berasal dari India. Hidangan tersebut dapat disajikan menjadi es krim stik atau dipotong-potong biasa. Uniknya, makanan ini memiliki cita rasa rempah yang membuatnya semakin berbeda dari es krim kekinian yang biasa ditemui.

Di negara asalnya, kulfi disebut sebagai makanan yang mengingatkan pada masa kecil untuk sebagian warganya. Hidangan tersebut juga termasuk ke dalam pilihan dessert musim panas yang sangat disukai.

Resep membuat kulfi sangat beragam. Namun, kalian dapat membuat makanan ini dari full fat milk, larutan susu dan maizena, gula, krim, bubuk kapulaga, serta saffron. Sebagian orang juga sering menambahkan pistachio atau mangga agar rasa es krim menjadi lebih beragam.

Mochi Ice Cream

Ilustrasi Mochi Ice Cream

Sebagaimana diketahui, mochi adalah makanan ringan yang berasal dari Jepang. Hidangan tersebut dikenal karena teksturnya yang sangat kenyal, disertai filling manis yang lembut dan mudah meleleh di mulut.

Bukan hanya mochi original yang sering dicari, melainkan bentuk lain dari makanan tersebut, yakni mochi ice cream juga tidak kalah populernya. Makanan tersebut disinyalir merupakan olahan yang dipopulerkan oleh perusahaan Mikawaya di Amerika Serikat, tempat produksi aneka makanan ringan Jepang.

Bukan hanya dapat dibeli dalam kemasan siap santap, mochi ice cream dapat dinikmati dengan cara membuatnya sendiri. Makanan ini terdiri dari glutinous rice flour, air, maizena, dan gula. Kemudian adonan tersebut tinggal disatukan bersama es krim favorit kalian sebagai isiannya.

Maras Dondurma

Ilustrasi Es Krim Maras Donduma

Istilah dondurma biasanya digunakan untuk menunjuk macam-macam es krim yang ada di Turki. Namun, secara spesifik nama tersebut juga digunakan untuk menggambarkan es krim khas mereka yang dibuat dengan sangat stetchy atau melar. Es krim ini dikenal juga dengan maras dondurma.

Bentuk es krim tersebut putih memanjang dan agak menyerupai puding. Bagian atasnya sering disajikan polos maupun ditaburi menggunakan kacang pistachio supaya teksturnya lebih renyah. Cara menikmatinya bisa dipotong atau disajikan memakai cone.

Bahan utama dari dondurma adalah susu cair, biasanya susu kambing atau sapi. Kemudian ada krim dan gula kastor. Komponen unik yang harus ada di dalam es krim ini adalah tepung salep yang dibuat dari anggrek ungu dari Turki, serta mastic atau damar wangi yang berperan dalam menghasilkan tekstur yang sempurna.

Paletas

Ilustrasi Es Krim Paletas

Paleta atau paletas adalah salah satu kreasi es krim yang berasal dari Meksiko. Sepintas, tak ada yang berbeda antara makanan ini dengan popsicle atau es bergagang yang banyak dijual, tetapi sajian dari es krim ini sangat unik dan sayang sekali jika harus dilewatkan.

Di Meksiko, paletas adalah es krim bergagang yang dibuat dari buah-buahan segar. Terdapat dua jenis paletas yang sangat populer, paletas de leche dan paletas de aguas. Faktor yang membedakan dua jenis es tersebut adalah bahan dasar yang digunakan.

Paletas de aguas terbuat dari bahan dasar seperti campuran air dan jus buah-buahan tertentu. Sementara varian paletas de leche dibuat menggunakan susu atau krim sebagai bahan dasarnya. Namun keduanya sama-sama menyegarkan dan cocok untuk dijadikan summer dessert favorit.

Froyo (frozen yoghurt)

Ilustrasi Es Krim Froyo

Froyo adalah nama lain dari frozen yogurt yang merupakan es krim favorit di beberapa wilayah Amerika Serikat. Makanan ini jelas lebih asam dan tidak selembut soft ice cream biasa, namun mampu memberikan pengalaman menikmati summer dessert yang berbeda.

Makanan dingin tersebut disinyalir sudah populer sejak tahun 1970-an dan terus dikembangkan sampai saat ini. Demi menetralkan rasa asam yang menyengat, froyo akan dilengkapi dengan menggunakan buah-buahan, sirup manis, hingga aneka kacang.

Proses pembuatan froyo ini dapat dilakukan di rumah bermodalkan plain yogurt, gula, dan garam. Hanya tinggal dilengkapi dengan tambahan topping kesukaan untuk dijadikan summer dessert andalan.

Nah, itulah penjelasan mengenai varian es krim terbaik yang direkomendasikan untuk disantap sebagai summer dessert favorit. Berbagai bentuk dan rasa terus dikembangkan agar dapat menghasilkan sajian yang terbaik.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,500SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles