27.9 C
Jakarta
Monday, February 26, 2024

6 Jenis Hewan Dengan Mata Terbesar di Dunia

Seperti yang kita tahu, ada beberapa hewan yang memiliki penglihatan yang buruk. Namun ada juga yang memiliki penglihatan yang sangat tajam. Sebagian hewan dengan mata yang berukuran besar mayoritas memiliki penglihatan yang tajam karena cakupan pandangan mereka yang menjadi lebih luas.

Kalau kamu ingin tahu hewan apa sajakah yang memiliki mata terbesar dibandingkan hewan lainnya, ada 6 jenis hewan dengan mata terbesar di dunia. Maka simak artikel di bawah ini!

Burung unta

Ilustrasi dari Burung unta

Burung unta memiliki mata terbesar dari semua hewan darat. Mata memiliki diameter dua inci, membuat mata mereka seukuran bola biliar dan lima kali lebih besar dari manusia. Mata mengambil begitu banyak ruang di kepala burung unta yang memiliki otak yang lebih kecil dari bola matanya.

Burung itu dapat melihat benda-benda sejauh dua mil di siang hari. Penglihatan yang tajam itu melindungi burung unta dari pemangsa. 

Laba-laba hitam zebra

I;ustrasi dari hewan Laba-laba hitam zebra

Laba-laba hitam zebra adalah salah satu hewan terkecil di planet ini. Badannya kekar dan memiliki kaki pendek dengan garis-garis putih di tubuhnya yang hitam. Dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya, laba-laba zebra memiliki mata yang besar.

Mata adalah hal terbesar di wajah mereka dan warna matanya benar-benar gelap. Selain itu, mereka memiliki delapan mata. Yang utama berada di depan kepala dan memberikan penglihatan binokular. Enam mata lainnya terletak di sisi kepala dan memberikan makhluk ini pemandangan panorama 360 derajat dari sekelilingnya.

Pygmy marmoset

I;ustrasi dari hewan Pygmy marmoset

Di hutan Amerika Selatan, Pygmy marmoset bergerak seperti tupai. Mereka begitu gesit dan pandai melesat atau berlari di lingkungannya. Diklasifikasikan sebagai monyet mini, makhluk ini memiliki penglihatan yang tajam untuk melihat pemangsa dan makanan.

Saat kamu melihat marmoset, kamu akan menemukan mata mereka lebih lebar di wajah mereka. Hewan-hewan ini juga sangat ekspresif. Mereka menggunakan mata dan jumbai mereka untuk menciptakan ekspresi ketakutan, kejutan, dan keceriaan.

Kelinci

Ilustrasi dari hewan Kelinci

Mata kelinci datang dalam berbagai warna. Namun, lain halnya dengan kelinci albino yang selalu memiliki mata merah. Kelinci tidak hanya memiliki mata yang besar dibandingkan dengan ukuran tubuhnya, tetapi mata mereka memberi mereka beberapa kemampuan yang menarik.

Pertama, mata terletak di sisi berlawanan dari kepala. Tanpa menoleh, mereka bisa melihat 360 derajat, termasuk di atas kepala mereka. Satu-satunya titik buta adalah di depan mereka. Kelinci juga tidur dengan mata terbuka. Mereka akan menutupnya hanya jika mereka merasa aman di suatu habitat.

Tarsius Horsfield

Ilustrasi dari hewan Tarsius Horsfield

Tarsius Horsfield adalah spesies hewan yang relatif kecil. Ditemukan di hutan dataran rendah Asia Tenggara, makhluk ini uniknya memiliki dua mata besar di tubuh mereka yang kecil. Di dunia mamalia, tarsius memiliki mata terbesar dalam kaitannya dengan ukuran tubuhnya.  Tarsius bancanus memiliki mata yang besar sekali yang berukuran hampir sebesar keseluruhan otaknya dimana setiap bola matanya berdiameter sekitar 16 mm.

Kaki belakangnya sangat panjang yaitu hampir dua kali panjang tubuhnya. Jari-jari tangan dan kaki memanjang, dengan jari ketiga kira-kira sama panjangnya dengan lengan atas. Di banyak ujung jarinya ada kuku, namun pada jari kedua dan ketiga dari kaki belakang berupa cakar yang biasa mereka pakai untuk merawat tubuh.

Lemur

Ilustrasi dari hewan Lemur

Ukuran mata secara ilmiah ditentukan oleh hubungannya dengan ukuran kepala. Lemur memiliki moncong kecil dan massa tubuh kecil yang membuat mata mereka terlihat besar. Beberapa spesies lemur memiliki mata kuning tebal dengan banyak nuansa biru.

Namun, ada juga spesies baru dengan mata hitam bulat. Lemur adalah hewan yang sangat sosial dan hidup dalam pasukan di mana semua orang mengawasi pemangsa. Lemur juga sering beraktivitas di siang atau malam hari.

Nah, Inilah pembahasan tentang 6 jenis hewan Dengan Mata Terbesar di Dunia. Maka dari itu hewan dengan mata yang berukuran besar mayoritas memiliki penglihatan yang tajam karena cakupan pandangan mereka yang menjadi lebih luas.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,200SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles