32 C
Jakarta
Wednesday, April 17, 2024

Inilah Sejarah dari Hari Olahraga Nasional 9 September

Tanggal 9 September diperingati sebagai Hari Olahraga Nasional atau Haornas. Peringatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan rasa sportivitas masyarakat Indonesia.

Adapun penetapan 9 September sebagai Haornas tidak terlepas dari pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) I pada 9 September 1948 di Stadion Sriwedari Surakarta, Solo. Lantas, bagaimanakah sejarahnya? Yuk langsung saja disimak artikel dibawah ini mengenai sejarah dari Hari Olahraga Nasional:

Bermula dari Atlet Indonesia yang Gagal Mengikuti Olimpiade London 1948

Pencetusan Haornas yang diperingati setiap 9 September ada kaitannya dengan kejadian yang dialami para atlet Indonesia saat hendak mengikuti Olimpiade Musim Panas 1948 di London, Inggris.

Persatuan Olahraga Republik Indonesia (PORI) telah mempersiapkan sederet atlet terbaik untuk menjadi perwakilan Indonesia di ajang olahraga empat tahun sekali tersebut. Namun, impian tersebut harus kandas lantaran Inggris tak mengakui paspor atlet Indonesia.

Hal ini karena pada masa itu, Indonesia baru saja merdeka. Statusnya sebagai negara di kancah internasional masih belum jelas akibat pengaruh Belanda. Dunia pun juga belum sepenuhnya mengakui kemerdekaan dan kedaulatan Indonesia. Ditambah lagi, saat itu, PORI belum terdaftar sebagai anggota International Olympic Committee (IOC).

Para atlet hanya bisa ikut serta apabila menggunakan paspor Belanda. Namun, mereka enggan melakukannya karena ingin mewakili Indonesia, bukan negara lain, di ajang tersebut.

Pada akhirnya, putra-putri Tanah Air ditolak untuk berpartisipasi dalam Olimpiade XIV/1948. Sebagai gantinya, PORI menyelenggarakan sebuah acara olahraga bertaraf nasional yang dikenal sebagai Pekan Olahraga Nasional (PON).

Penyelenggaraan PON I dan Sejarah Haornas

Setelah atlet Tanah Air gagal mengikuti Olimpiade Musim Panas 1948 di London, PORI menginisiasi penyelenggaraan PON. Kompetisi olahraga tersebut digelar di Stadion Sriwedari Surakarta, Solo, sejak tanggal 9–12 September 1948.

Adapun tujuan pengadaan PON yang pertama tersebut bukan hanya untuk membangkitkan kembali semangat para atlet Indonesia yang gagal menginjakkan kaki di ajang olimpiade. Tetapi juga untuk menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia mampu menyelenggarakan sebuah pesta olahraga berskala nasional.

Namun, terdapat sejumlah masalah yang dihadapi Indonesia saat hendak mengadakan PON I. Mulai dari dana yang terbatas, waktu persiapan yang terlalu singkat, hingga keberadaan pihak kolonial Belanda yang menjaga pos-pos penting di Indonesia.

Selain itu, adanya Perjanjian Renville antara Indonesia dengan kolonial Belanda menyebabkan daerah Indonesia semakin sempit. Meskipun begitu, PON I tetap berhasil berjalan dan dibuka oleh Presiden Soekarno.

Pekan olahraga tersebut juga disambut meriah oleh para atlet Tanah Air. Terhitung 600 atlet yang berpatisipasi dan bertanding di 9 cabang olahraga untuk memperebutkan 108 medali.

Sebagai salah satu cara untuk mengenang kompetisi olahraga nasional pertama tersebut, maka dicetuskanlah tanggal 9 September sebagai Hari Olahraga Nasional. Sampai sekarang, PON sudah digelar sebanyak 18 kali dan rutin diadakan setiap empat tahun sekali.

Cara Memperingati Hari Olahraga Nasional

Seperti namanya, salah satu hal yang bisa kalian lakukan untuk memperingati Hari Olahraga Nasional adalah dengan berolahraga. Namun, bukan berarti hanya berolahraga pada hari itu saja, melainkan harus merutinkannya menjadi sebuah kebiasaan.

Hal ini karena olahraga sangat baik untuk menjaga agar tubuh tetap sehat dan senantiasa fit. Nah, supaya kamu selalu semangat dalam berolahraga, ada sejumlah tips dari laman Bustle yang bisa kalian terapkan, antara lain:

  • Pilih jenis olahraga yang memang kalian senangi.
  • Lakukan pemanasan dan peregangan agar tubuh tidak menjadi sakit.
  • Ajak teman atau ikuti sebuah grup fitness.
  • Gunakan jasa pelatih jika ingin menjadi lebih disiplin dalam berolahraga.
  • Jika bosan dengan latihan yang itu-itu saja, jangan ragu untuk mencoba jenis olahraga yang baru.
  • Pasang pengingat di HP di hari kalian ingin berolahraga.
  • Ketika berlatih, tak perlu memaksakan diri dan tetap dibawa santai.
  • Ambil jatah waktu istirahat supaya kamu tidak jenuh berolahraga.

Nah, itulah penjelasan mengenai sejarah Hari Olahraga Nasional yang ternyata diperingati setiap tanggal 9 September dan tidak terlepas dari penyelenggaraan PON I pada tahun 1948.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,500SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles