30.6 C
Jakarta
Wednesday, April 10, 2024

5 Spesies Burung Langka yang Berhabitat di Kolombia

Negara Kolombia yang sebagian besar wilayahnya didominasi oleh hutan dan pegunungan menjadi habitat dari berbagai spesies hewan, tak terkecuali berbagai spesies burung. Saat menjelajahi alam liar Kolombia, kamu akan dengan mudah menjumpai banyak spesies burung yang berterbangan di atas udara maupun bertengger di batang pepohonan.

Dengan bentuk dan warna yang beranekaragam, ada beberapa spesies burung di antaranya yang terancam punah, lho! Tambah pengetahuan, intip ulasan tentang sederet spesies burung unik yang berhabitat di Kolombia berikut ini. Simak artikel di bawah ini!

Crested ant tanager

ilustrasi Crested ant tanager

Di alam liar, crested ant tanager hidup dengan membentuk kawanan yang jumlahnya tidak terlalu banyak. Mereka sering membuat keributan dengan mengeluarkan suara kicauan yang terdengar berisik. Crested ant tanager biasanya mendiami daerah dataran tinggi di pegunungan Andes dengan ketinggian antara 700 hingga 1800 meter dari permukaan laut.

Sama dengan buffy helmetcrest, crested ant tanager juga memiliki jambul mohawk runcing dan ukuran tubuh yang mungil. Sedangkan bulu dari crested ant tanager didominasi warna merah.

Sooty capped puffbird

ilustrasi Sooty capped puffbird

Sooty capped puffbird juga dikenal dengan nama ilmiah bucco noanamae yang diambil dari nama penduduk asli di suatu daerah di Kolombia. Spesies burung ini tidak hanya ditemukan di Kolombia, namun, mereka juga terdapat di wilayah Panama walaupun jumlahnya sangat sedikit.

Sedangkan tempat terbaik untuk menemukan hewan ini adalah area pesisir pantai dekat kota kecil Naqui, Kolombia. Meski jumlah mereka terus berkurang setiap tahunnya akibat perusakan habitat, sooty capped puff belum termasuk dalam daftar hewan dilindungi.

Buffy helmetcrest

ilustrasi Buffy helmetcrest

Buffy helmetcrest masih memiliki hubungan kekerabatan dengan burung hummingbirds yang dikenal dengan ukuran tubuh yang mungil. Dilansir Wherenext, burung ini mempunyai empat sub-spesies, yaitu buffyblue beardedwhite bearded, dan green bearded. Namun, hanya tiga di antaranya yang dapat dijumpai di Kolombia lantaran jenis white bearded berhabitat di wilayah Venezuela.

Jenis burung satu ini sangat populer akan penampilannya yang menawan, dimana bagian kepalanya memiliki jambul mohawk dengan perpaduan bulu warna-warni. Spesies burung ini banyak hidup di kawasan pegunungan Santa Marta.

Yellow eared parrot

ilustrasi Yellow eared parrot

Yellow eared parrot merupakan spesies burung paling langka yang sangat sulit sekali ditemukan di alam liar. Dilansir laman Uncovercolombia, pada tahun 1999, populasi yellow eared parrot hanya tersisa sebanyak 81 ekor di wilayah Kolombia. Namun, berkat usaha penangkaran yang dilakukan oleh pemerintah setempat, jumlah mereka saat ini meningkat hingga lebih 1.500 ekor.

Sesuai namanya, spesies burung parrot ini memang memiliki ciri khas penampilan yang unik pada bagian telinganya yang berwarna kuning. Untuk melihat hewan ini kamu disarankan mengunjungi Cagar Alam Pro Aves yang berada di wilayah Antioquia bagian selatan.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,500SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles