31.1 C
Jakarta
Thursday, March 28, 2024

Ini 6 Cara Mencegah Gigitan Nyamuk Aedes Aegypti

Gigitan nyamuk Aedes aegypti sangat berbahaya, karena dapat menyebarkan penyakit demam berdarah yang bisa berakibat fatal. Untuk mencegah gigitannya, kamu dapat menghindari jam ‘sibuk’ nyamuk, mengenakan pakaian yang menutup kulit, dan membersihkan genangan air di sekitar rumah.

Nyamuk Aedes aegypti mungkin hanya serangga kecil. Gigitannya pun mungkin tidak terasa menyakitkan, bahkan kamu bisa saja tidak sadar telah digigit oleh ini. Meskipun begitu, gigitan nyamuk Aedes aegypti sangat berbahaya, karena ia dapat menyebarkan penyakit demam berdarah yang bisa berakibat fatal.

Cegah Gigitan Nyamuk Aedes Aegypti dengan Cara Ini

Gigitan nyamuk Aedes aegypti perlu dicegah di mana pun kamu berada. Di rumah, kamu harus membuat lingkungan bebas nyamuk dengan menyingkirkan hal-hal yang berpotensi menjadi sarang nyamuk. Sedangkan saat bepergian, sebisa mungkin kenakan pakaian yang menutup kulit dan mengaplikasikan losion anti nyamuk.

Berikut ini beberapa cara untuk mencegah gigitan nyamuk Aedes aegypti:

Hindari jam sibuk nyamuk sebisa mungkin

ilustrasi nyamuk aedes aegypti

Sama seperti manusia, nyamuk juga memiliki aktivitas mencari makan pada waktu-waktu tertentu dalam sehari. Menurut ahli, nyamuk sering kali beraktivitas untuk mencari makan di waktu senja dan pagi saat fajar. Sebab, angin biasanya tidak terlalu berhembus saat matahari terbit dan terbenam, sehingga nyamuk merasa aman untuk keluar mencari makan.

Kalau bisa, sebaiknya kamu tetap berada di dalam rumah saat cuaca sedang hangat. Dengan begitu gigitan nyamuk Aedes aegypti dan jenis nyamuk lainnya dapat dicegah.

Pangkas area hijau di halaman rumah

ilustrasi nyamuk aedes aegypti

Memangkas rumput dan pohon yang terlalu rimbun merupakan cara mencegah gigitan nyamuk. Selain itu, pastikan halaman rumah bersih dari sampah, sampah daun, dan puing-puing lainnya. Dengan begitu, nyamuk memiliki sedikit tempat untuk bersembunyi dan berkembang biak.

Buang genangan air

ilustrasi nyamuk aedes aegypti

Seperti yang diketahui, nyamuk Aedes aegypti dapat berkembang biak dalam genangan air, meskipun sedikit. Sebaiknya jadwalkan kegiatan membuat atau membersihkan tempat-tempat yang berpotensi menampung air. Misalnya, ban bekas, selokan, tempat mandi burung, pot, tong sampah, dan lainnya.

Kenakan pakaian yang menutup kulit

ilustrasi nyamuk aedes aegypti

Saat kamu berada di luar ruangan dimana banyak nyamuk, sebaiknya kenakan celana panjang, baju lengan panjang, kaus kaki, dan sepatu. Selain itu, pilihlah pakaian yang longgar dan nyaman. Cara ini dapat mencegah kamu digigit oleh nyamuk Aedes aegypti.

Aplikasikan produk DEET sebelum keluar rumah

ilustrasi nyamuk aedes aegypti

Perlu diketahui, produk diethyltoluamide (DEET) tidak dapat membunuh nyamuk, reaksinya hanya menghalau nyamuk saat mendekati kulit. Namun, penggunaan DEET perlu hati-hati, karena tidak boleh sampai tertelan atau menghirupnya.

Untuk menggunakan DEET, hindari menyemprotkannya ke seluruh tubuh dan pakaian. Sebaliknya, semprotkan sedikit ke tangan dan gosokkan ke pergelangan kaki, siku, pergelangan tangan, dahi, tempat yang memiliki kulit tipis.

Perlu diketahui juga, konsentrasi DEET suatu produk menentukan berapa lama ia akan bertahan di kulit, bukan seberapa baik ia bekerja. Jika kamu berada di luar ruangan selama 90 menit atau kurang, maka efektivitas produk mencapai 10 persen.

Semprot halaman rumah dengan insektisida

ilustrasi nyamuk aedes aegypti

Jika lingkungan tempat tinggal kamu banyak nyamuk yang sulit dikendalikan, mungkin ada baiknya untuk menyewa jasa penyemprot insektisida. Dengan menggunakan jasa penyemprotan insektisida, lingkungan rumah dapat bersih dari nyamuk. Minta juga ia secara khusus menyemprotkan halaman rumah.

Itulah beberapa cara untuk mencegah gigitan nyamuk Aedes aegypti. Sebaiknya jangan sepelekan gigitan dan keberadaan nyamuk ini, sebab dampaknya bisa fatal pada kesehatan.

Nah, itulah penjelasan mengenai cara mencegah gigitannya, kamu dapat menghindari jam ‘sibuk’ nyamuk, mengenakan pakaian yang menutup kulit, dan membersihkan genangan air di sekitar rumah. Jika kamu mengalami gejala demam berdarah, sebaiknya segera kunjungi dokter.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,400SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles