27.3 C
Jakarta
Tuesday, April 16, 2024

Inilah 4 Game Indie Terbaik yang Bisa Dikoleksi di mekanisme gameplay

Ada begitu banyak game indie yang dijual dan beredar di pasaran, tapi tak semuanya itu berujung pada kesuksesan. Banyak di antara mereka yang harus berguguran karena ada dampak persaingan ketat di dunia game digital. Salah satu faktor yang membuat mereka dapat layu sebelum berkembang adalah keberadaan game AAA yang jelas ditangani oleh developer raksasa.

Game indie sendiri merupakan karya digital yang dibuat oleh developer kecil atau bisa menengah dengan bujet terbatas. Bahkan, tak jarang game indie dibuat oleh perorangan tanpa berada di bawah naungan badan usaha resmi. Namun, bukan berarti mereka jelek. Ada beberapa game indie yang sangat bagus dan penulis rekomendasikan untuk gamer. Disini ada 4 Game Indie Terbaik yang Bisa Dikoleksi, Marilah kita simak artikel di bawah ini!

Stardew Valley

Ilustrasi dari Stardew Valley

Stardew Valley masuk ke dalam daftar kali ini. Tunggu dulu, bukankah game ini tidak bisa menampilkan gaya visual kekinian? Jangan salah, kendati bergrafik yang biasa-biasa saja, Stardew Valley memiliki gaya cerita dan mekanisme gameplay yang sangat mengasyikkan untuk dimainkan.

Game ini sudah cukup lama dirilis, yakni pada 27 Februari 2016 lalu. Game ini dibuat dan dikembangkan oleh ConcernedApe sebagai simulasi pertanian, game ini sanggup merebut hati banyak gamer. Berbagai ulasan positif membuat Stardew Valley laris manis di pasaran. Dilansir Euro Gamer, game ini sudah terjual lebih dari 20 juta kopi di seluruh dunia.

Minecraft

Ilustrasi game dari Minecraft

Kamu tidak akan percaya bahwa Minecraft pada awalnya hanyalah game indie yang dibuat oleh satu orang saja. Ya, dilansir laman idntimes.com, game ini pada mulanya dibuat oleh Markus “Notch” Persson melalui program berbasis Java. Ia melakukannya seorang diri pada 2009. Setelah beberapa perbaikan dilakukan, karya awal itu kini disebut sebagai versi klasik.

Nah, dari uang hasil penjualan Minecraft, Markus akhirnya mendirikan perusahaan dari developer yang bernama Mojang yang kini masih terus berkarya dalam pembuatan dalam seri Minecraft terbaru. Bahkan, Minecraft sudah menjadi salah satu game besar yang kini juga berada di bawah naungan Xbox Game Studios, Talletale Games, dan Sony Interactive Entertainment.

Valheim

Ilustrasi dari game Valheim

Tahukah kamu bahwa Valheim merupakan game indie terbaik yang hanya meminta dengan kapasitas HDD sebesar 2 GB saja? Well, aslinya malah hanya 1 atau 1,5 GB dan ini tidak meniadakan fakta bahwa Valheim sudah menjadi salah satu game terbaik di Steam. Namun, bisa saja kapasitas tersebut membengkak menjadi 10 GB manakala kamu memiliki banyak konten di dunia Valheim yang luas.

Game garapan Iron Gate AB ini didistribusikan oleh Coffee Stain Publishing dengan harga Rp100 ribuan saja. Statusnya yang masuk dalam early access di Steam pun juga tidak perlu dikhawatirkan. Karena menurut pengalaman penulis saat memainkannya, game ini tidak memiliki bug atau crash yang mengganggu. Tertarik untuk berkelana di dunia Viking yang kejam? Segera beli dan mainkan Valheim!

Stray

Ilustrasi dari game Stray

Stray dibuat oleh developer yang tidak begitu dikenal namanya, yakni BlueTwelve Studio. Petualangan kucing di dunia bawah ini pun pernah mendapatkan skor 5/5 dari revie penulis karena elemen-elemen teknisnya yang dieksekusi dengan sangat baik. Proyek pembuatan Stray sendiri sebetulnya sudah dimulai sejak 2015 ketika pendiri dari BlueTwelve Studio ingin membuat game indie pertamanya.

Hasilnya adalah sebuah kesuksesan besar. Ya, Stray menjadi salah satu game indie terbaik yang sudah mendapatkan berbagai ulasan positif dari pengguna PC dan konsol PS5. Plot cerita orisinal, mekanisme gameplay adaptif, audio apik, dan grafik ciamik menjadi  keunggulan karya digital yang dipasarkan oleh Annapurna Interactive ini.

Nah, Itulah pembahasan tentang 4 Game Indie Terbaik yang Bisa Dikoleksi di mekanisme gameplay. Maka dari itu Game indie sendiri merupakan karya digital yang dibuat oleh developer kecil atau bisa menengah dengan bujet terbatas.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,500SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles