25.6 C
Jakarta
Friday, July 12, 2024

5 Jenis Beras yang Paling Sering Dijadikan Makanan Populer Dunia

Di beberapa negara, beras menjadi salah satu bahan pokok yang paling penting untuk menunjang berbagai hidangan khas. Namun tahukah kalian, jika setiap wilayah memiliki beras andalannya masing-masing yang memiliki tekstur dan bentuk yang berbeda.

Itulah yang menyebabkan makanan tradisional dari suatu negara akan terasa maksimal dan autentik ketika dibuat menggunakan beras yang sesuai. Penasaran dengan 5 jenis beras yang paling sering digunakan untuk membuat aneka sajian populer dunia? Yuk, langsung saja disimak artikel dibawah ini:

Beras Japonica

Ilustrasi Beras Japonica

Beras yang satu ini dikenal sebagai japonica rice. Umumnya beras memiliki karakteristik yang menonjol, karena berbutir pendek dan warnanya agak lebih putih. Penggunaan japonica rice sering dipakai sebagai penunjang aneka hidangan, seperti masakan Asia.

Ketika dimasak, beras japonica akan berubah dan memiliki tekstur yang agak sedikit lengket. Bukan cuma itu, nasinya juga beraroma wangi yang sangat khas serta nasi ini akan tetap lembut dan memiliki rasa manis.

Cara mudah untuk mengolah beras japonica biasanya akan lebih cocok untuk dijadikan bahan utama pembuatan sushi. Nasi berbalut rumput laut kering yang merupakan makanan khas dari Jepang.

Beras Arborio

Ilustrasi Beras Arborio

Beras arborio merupakan salah satu bahan pangan yang dikembangkan di Italia. Karena berasal dari Eropa, maka tak heran jika beras ini lebih sering digunakan untuk membuat masakan tradisional Italia dan sekitarnya. Terlebih karena nasinya akan memiliki tekstur yang berbeda. Salah satunya adalah risotto. Selain itu, beras ini juga dapat dimasak menjadi arancini hingga rice pudding karena teksturnya yang unik.

Beras arborio mempunyai karakteristik berupa butiran yang sangat pendek dan cenderung oval. Kemudian warnanya mengarah pada pearly white dan ketika dimasak, tekstur beras ini akan berubah menjadi lebih creamy dan agak chewy.

Beras Basmati

Ilustrasi Beras Basmati

Beras basmati menjadi sangat populer untuk mengolah aneka hidangan yang berasal dari India, Pakistan, dan beberapa wilayah di Timur Tengah. Ciri khas dari beras ini terletak pada ukurannya yang berbutir panjang dan tampak mencolok jika dibandingkan dengan beras lainnya.

Banyak orang yang menyukai beras basmati bukan saja karena ukurannya yang berbeda, melainkan aroma yang dimiliki. Beras tersebut mempunyai sensasi keharuman yang lebih intens dan cocok untuk dikombinasikan bersama aneka rempah-rempah.

Jenis beras ini biasanya berwarna agak kekuningan dan ketika dimasak cenderung tidak lengket. kalian dapat menemukan olahan beras basmati di dalam masakan populer, seperti nasi kebuli, briyani, dan nasi kari ala India yang sangat menggugah selera.

Beras Bomba

Ilustrasi Beras Bomba

Jenis beras berikutnya dikenal dengan nama bomba rice. Sepintas bentuk dari beras ini hampir mirip dengan arborio, yakni sama-sama berbutir pendek dan cenderung oval. Namun keduanya jelas berbeda dari segi tekstur dan peruntukan untuk beberapa masakan populer.

Beras Bomba lebih sering digunakan dalam membuat aneka hidangan ala Spanyol. Biasanya beras ini lebih cocok dimasak menjadi paella, yaitu masakan populer khas Valencia yang dibumbui dan disajikan bersama aneka macam makanan laut.

Karakteristik beras bomba cenderung berbeda dari arborio. Itu karena beras tersebut lebih gampang menyerap air termasuk berbagai macam bumbu, sehingga rasanya jadi lebih maksimal untuk paella, sup, atau hidangan ala mediteranian.

Beras Pera

Ilustrasi Beras Pera

Jiks beras yang satu ini lebih sering digunakan dan dicari oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Hal tersebut bukan lain karena tekstur dari beras pera tersebut yang cenderung berbeda dibandingkan beras putih biasa.

Beras pera adalah bahan pangan yang sering digunakan untuk membuat aneka makanan favorit masyarakat negeri ini. Dua di antaranya adalah nasi uduk dan nasi goreng. Seperti, diketahui makanan tersebut menjadi teman sajian yang begitu disukai sampai saat ini.

Kelebihan beras pera dalam mengolah nasi uduk atau nasi goreng terletak pada teksturnya, di mana nasi pera cenderung lebih kering dan tidak lengket untuk dimasak menjadi aneka hidangan. Selain itu, beras ini juga memiliki ukuran butir yang lebih panjang daripada beras biasa.

Nah, itulah penjelasan mengenai beras yang merupakan bahan pokok untuk menunjang aneka hidangan, termasuk berbagai makanan favorit yang ada di berbagai belahan dunia. 5 jenis beras di atas umum sekali digunakan untuk membuat masakan tradisional terbaik supaya hasilnya pun lebih autentik.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,900SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles