33.2 C
Jakarta
Wednesday, May 22, 2024

5 Klub dengan Pendapatan Tertinggi di Bursa Transfer Musim Panas 2022

Bursa transfer musim panas 2022 telah resmi ditutup. Jendela transfer kali ini dapat dibilang sebagai musim yang paling panas. Pasalnya, banyak drama mengejutkan dan berliku. Tidak hanya soal nilai transfer yang gila, tetapi juga kisah unik di balik layar.

Klub-klub asal Inggris seperti biasa menjadi klub terboros di setiap jendela transfer. Namun, hal ini memberikan keuntungan finansial bagi tim-tim lainnya. Penasaran? Yuk, langsung saja disimak artikel dibawah ini mengenai 5 klub dengan pendapatan tertinggi pada bursa transfer musim panas 2022:

Ajax (Rp3,2 triliun)

Ilustrasi Klub Ajax

Ajax menjadi klub dengan pendapatan tertinggi pada musim panas 2022 ini. Pemain inti mereka laris manis diboyong klub-klub besar Eropa. Ajax menerima total sebesar 216 juta euro atau Rp3,2 triliun dari penjualan tujuh pemain mereka. Penjualan termahal dipegang Antony yang ditebus Manchester United dengan harga 95 juta euro atau Rp1,4 triliun.

Setan Merah juga mendatangkan Lisandro Martinez dengan biaya tidak kalah tinggi, 57 juta euro atau Rp841 miliar. Sementara itu, beberapa nama, seperti Sebastien Haller dan Ryan Gravenberch, dilepas ke Bundesliga.

Manchester City (Rp2,3 triliun)

Ilustrasi Klub Manchester City

Keberadaan Manchester City dalam daftar ini cukup mengejutkan. The Cityzens lebih dikenal sebagai klub yang suka menghambur-hamburkan uang. Namun, strategi berbeda mereka terapkan kali ini. Manchester City total mendapatkan 159 juta euro atau setara Rp2,3 triliun dengan menjual enam pemainnya.

Dana terbesar didapatkan usai melepas beberapa pemain top, seperti Raheem Sterling, Gabriel Jesus, dan Oleksandr Zinchenko. Sebagai gantinya, Pep Guardiola berhasil mendatangkan Erling Haaland, Kalvin Philips, dan Manuel Akanji.

Benfica (Rp1,9 triliun)

Ilustrasi Klub Benfica

Sudah bukan rahasia lagi bahwa Benfica adalah gudangnya pemain-pemain berbakat. Mereka adalah klub dengan keuntungan terbesar soal penjualan pemain di abad ke-21. Benfica total mendapatkan 127 juta euro atau setara Rp1,9 triliun pada musim panas 2022 dengan menjual delapan pemainnya.

Transfer terbesar tentunya dipegang Darwin Nunez yang hengkang ke Liverpool dengan biaya 75 juta euro atau Rp1,1 triliun. Transfer ini menjadi penjualan termahal kedua sepanjang sejarah Benfica. Rekor pertama masih dipegang oleh Joao Felix yang dilepas ke Atletico Madrid.

Sporting Lisbon (1,7 triliun)

Ilustrasi Klub Sporting Lisbon

Tak ingin kalah dari Benfica, Sporting Lisbon pun mendapatkan keuntungan tak kalah besar dari menjual pemain pada musim panas 2022 ini. Mereka juga mendapatkan dana sebesar 113 juta euro atau setara Rp1,7 triliun dari menjual delapan pemainnya.

Matheus Nunes menjadi penjualan termahal usai ditebus Wolverhampton dengan biaya 45 juta euro atau Rp673 miliar, sedangkan Nuno Mendes dilepas ke PSG dengan harga 38 juta euro atau Rp569 miliar. Untuk mencari penggantinya, Sporting Lisbon hanya mengeluarkan dana 46 juta euro atau Rp689 miliar untuk mendatangkan sembilan pemain baru.

AS Monaco (Rp1,75 triliun)

Ilustrasi Klub AS Manaco

AS Monaco adalah gudangnya pemain berbakat asal Prancis. Mereka juga dikenal klub yang cerdas di bursa transfer dengan menjual para pemain mudanya dengan harga tinggi. AS Monaco total mendapatkan dana 117 juta euro atau setara Rp1,75 triliun dari penjualan lima pemainnya pada musim panas 2022 ini.

Giliran Aurélien Tchouameni yang menghasilkan pundi-pundi uang bagi AS Monaco. Dia ditebus Real Madrid dengan harga 80 juta euro atau Rp1,2 triliun plus add-on sebesar 20 juta euro atau Rp299 miliar.

Nah, itulah penjelasan mengenai Bursa transfer musim panas 2022 yang berjalan dengan luar biasa. Banyak transfer pemain bintang yang terwujud pada musim ini. Klub-klub besar Eropa menjadi yang paling boros seperti biasanya, sedangkan 5 klub di atas justru mendapatkan keuntungan yang melimpah.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,700SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles