25.6 C
Jakarta
Friday, April 12, 2024

Inilah 5 Macam Roti yang Mengandung Biji-bijian

Roti tak selalu berputar-putar pada pilihan antara roti putih dan roti gandum biasa. Sebab, di dalam dunia roti, terdapat banyak sekali varian roti dengan berbagai bahan baku dan tekstur yang dapat disesuaikan berdasarkan kesukaan kalian.

Beberapa kelompok roti memiliki bahan yang sama, salah satunya dibuat dari biji-bijian. Selain lebih sehat, biasanya teksturnya juga cukup unik. Penasaran dengan 5 macam roti yang menggunakan biji-bijian dan cocok untuk dinikmati sebagai hidangan andalan? Yuk, langsung saja disimak artikel dibawah ini:

Whole Grain Bread

Ilustrasi Whole Grain Bread

Whole grain bread termasuk ke dalam kelompok roti kecokelatan yang mengandung lebih kaya manfaat. Roti ini berbeda dengan wheat bread yang dibuat menggunakan gandum berbentuk tepung. Perbedaan itu lebih jelas pada penggunaan kata whole yang berarti utuh.

Biji-bijian yang dipakai pada roti ini adalah biji utuh. Bahan tersebut yang membuat kandungan serat dari roti lebih tinggi. Misalnya gandum utuh, beras coklat, barley utuh, dan lain-lain.

Tekstur dari whole grain bread cenderung mirip dengan roti putih, agak lembut, dan memiliki sensasi mirip kacang dengan sedikit sentuhan manis. Makanan ini cocok disantap sebagai roti isi untuk sarapan.

Rye Bread

Ilustrasi Rye Bread

Rye bread merupakan roti berwarna gelap yang sering dijadikan makanan andalan sehari-hari. Hidangan ini dikenal memiliki serat yang cukup tinggi dari roti putih dan bisa dikreasikan menjadi macam-macam olahan menarik.

Selain itu, rye bread termasuk ke dalam roti yang mengandung biji-bijian karena sebagian besar adonannya berasal dari rye grain alias biji gandum hitam dan rye flour. Beberapa orang juga sering menambahkan caraway seed untuk menghasilkan aroma dan rasa roti yang lebih pekat akan sensasi rempah.

Tipe roti seperti ini memiliki bagian luar yang keras dan crusty, semnetara bagian dalamnya cenderung lembut. Rasa makanan mengingatkan pada nutty flavor dan cocok disajikan bersama selai coklat atau keju.

Multigrain Bread

Ilustrasi Multigrain Bread

Multigrain bread adalah roti mengandung biji-bijian yang cukup kompleks. Oleh sebab itu, manfaat dari roti ini sangat lengkap dan paling cocok untuk kesehatan pencernaan karena didukung oleh tambahan biji-bijian yang berasal dari berbagai varian.

Tekstur dari multigrain bread mengingatkan pada roti putih. Bagian dalamnya cukup empuk dan lembut, hanya saja warna roti ini cenderung lebih gelap. Rasanya sedikit manis dengan sensasi nutty dan earthy yang mendominasi.

Biasanya biji-bijian yang digunakan dalam roti ini bukan biji utuh, namun roti sering mengandung barley, millet, gandum, oat, flax, biji labu, biji bunga matahari, sampai quinoa. Sedangkan cara menyantapnya bisa hanya dengan olesan mentega atau acar.

Sprouted Grain Bread

Ilustrasi Sprouted Grain Bread

Sprouted grain bread sering dijadikan salah satu roti andalan saat menjalankan program diet. Hal tersebut karena roti ini mengandung banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh, terutama pencernaan.

Sprouted grain bread adalah roti biji-bijian yang dibuat dari gandum utuh yang sudah mulai bertunas. Biasanya roti ini akan dilengkapi dengan quinoa, flax seed, chia, hingga nigella seed untuk membuat teksturnya jadi lebih beragam.

Selain itu, rasa dari sprouted grain bread cenderung agak manis meskipun tanpa gula tambahan dan nutty. Teksturnya sedikit chewy dan lembut, serta paling cocok jika diolah dengan proses pemanggangan.

Pumpernickel

Ilustrasi Pumpernickel

Punya warna yang paling gelap membuat pumpernickel lebih mencolok daripada roti biji-bijian yang lain. Walau begitu, manfaat dan rasanya akan membuat kalian terkesima untuk dikonsumsi sehari-hari.

Secara sederhana, roti pumpernickel dibuat dari bahan utama berupa tepung pumpernickel, biji rye dan tepung rye. Biasanya komposisi tepung rye di dalam roti ini lebih tinggi dari tepung terigu dan dibuat memakai sourdough starter.

Meskipun warnanya cenderung gelap tetapi rasanya bukan gosong, melainkan manis. Selain itu, roti juga cocok dijadikan sandwich berisikan keju dan sayur-mayur supaya makin terasa segar.

Menikmati roti sebagai teman bersantap sehari-hari memang paling praktis. Terlebih jika roti tersebut dibuat dari bahan-bahan alami, sehingga manfaatnya akan terserap secara sempurna oleh tubuh, seperti 5 macam roti yang dibuat menggunakan biji-bijian di atas.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,500SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles