24.4 C
Jakarta
Sunday, June 16, 2024

3 Fauna Identitas Kota dan Kabupaten di Yogyakarta

Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang selama ini terkenal sebagai Kota Gudeg dan Kota Pendidikan, ternyata masih menyimpan beragam hal menarik yang belum diketahui banyak orang. Di antaranya Kabupaten dan Kota di DIY memiliki fauna identitas sebagai satwa khas dan maskot.

Berikut daftar satwa atau binatang yang ditetapkan sebagai fauna identitas kota dan kabupaten di wilayah provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Yuk, cari tahu informasinya di bawah ini!

Kota Yogyakarta

Ilustrasi dari Burung Tekukur

Kota Yogyakarta menjadi salah satu kota di Daerah Istimewa Yogyakarta yang memiliki fauna sebagai identitas kota. Berdasarkan Keputusan Walikotamadya Yogyakarta, Nomor 2 tahun 1998, fauna identitas Kota Yogyakarta adalah burung Tekukur atau Merbuk atau Streptopelia Chinensis Tigrina. Dalam bahasa Inggris sering disebut sebagai Spotted Dove.

Ciri-ciri burung Tekukur biasanya memiliki tubuh berukuran sedang, panjang sekitar 30 cm, dan memiliki bulu berwarna cokelat kemerahan, serta ekor yang memanjang, dengan bulu ekor terluar warna putih menebal. Sedangkan pada bulu sayap lebih gelap daripada bulu tubuh. Pada bagian sisi leher terdapat garis-garis atau bercak-bercak hitam khas yang tampak jelas. Iris jingga, paruh berwarna hitam keabuan, sedangkan kakinya berwarna merah.

Burung Tekukur memiliki suara merdu dan bentuk tubuh yang indah inilah yang mampu memberikan suasana kedamaian dan kenyamanan bagi yang siapa saja yang mendengar. Selain itu, burung ini menjadi kesayangan para pangeran di lingkungan Keraton Yogyakarta. Mendengar suara burung tekukur diharapkan orang akan teringat dan terikat kepada Kota Yogyakarta.

Kabupaten Kulon Progo

Ilustrasi dari Burung Kacer

Kabupaten Kulon Progo merupakan salah satu kabupaten di DIY yang memiliki fauna Identitas berupa burung kacer (Copsychus Saularis). Burung ini biasanya disebut sebagai burung Kucica Kampung, Murai, Murai Kampung yang dalam bahasa Inggris sering disebut Oriental Magpie Robin.

Burung Kacer merupakan Fauna Identitas Kabupaten Kulon Progo berdasarkan Surat Keputusan Bupati Nomor 599 tahun 1998. Tentang Penetapan Flora dan Fauna Identitas Kabupaten Kulon Progo.

Burung Kacer adalah salah satu burung kicau di Indonesia yang cukup banyak penggemarnya, selain itu pangsa pasar juga cukup bagus sehingga harga di pasaran cukup stabil. Burung Kacer memiliki beberapa jenis di antaranya adalah Kacer Lokal (Kacer Jawa), Kacer Kalimantan, Kacer Poci, Kacer Blorok, dan Kacer Madagaskar.

Di Kabupaten Kulon Progo, burung Kacer sudah jarang ditemui di tempat-tempat terbuka seperti kebun, hutan kota, taman, dan lainnya. Justru, burung ini sering dijumpai di rumah-rumah penduduk sebagai burung peliharaan, karena suaranya yang merdu. Semoga burung Kacer bisa berkembang biak secara alamiah di wilayah Kulon Progo, sehingga kelestariannya sebagai fauna identitas tetap terjaga.

Kabupaten Sleman

Ilustrasi dari burung Punglor

Kabupaten Sleman miliki fauna identitas yang sering disebut dengan burung Anis merah atau Punglor merah (Zoothera citrina). Dalam bahasa Inggris disebut sebagai Orange-headed Thrush. Burung ini memiliki bulu yang indah dan memiliki habitat di hutan sekunder dataran rendah dan dataran yang memiliki ketinggian hingga 900 mdpl.

Hewan ini sekilas mirip dengan Murai Batu. Burung ini memiliki panjang tubuh 15-20 cm dengan alis mata hitam, berparuh ramping tajam, dan warna bulu cokelat kekuningan pada bagian kepala sampai perut. Burung ini memiliki warna hitam keabuan pada bulu di punggung hingga ekor bagian atas. Sementara itu, pada sisi sayap bagian depan dan ekor bagian bawah berwarna putih.

Di Sleman, burung Punglor memiliki habitat di kebun salak pondoh. Popularitas burung Punglor semakin langka. Untuk itu burung ini ditetapkan sebagai fauna identitas Kabupaten Sleman sebagai upaya untuk membangun rasa memiliki warga masyarakat. Burung ini merupakan fauna asli Indonesia yang penyebarannya sudah Pakistan, Cina, Myanmar, Thailand, Kepulauan Sunda Besar, Kamboja dan Malaysia.

Nah, Itulah pembahasan tentang 3 Fauna Identitas Kota dan Kabupaten di Yogyakarta. Maka dari itu beberapa daftar satwa atau binatang yang ditetapkan sebagai fauna identitas kota dan kabupaten di wilayah provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,800SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles