32 C
Jakarta
Wednesday, April 17, 2024

5 Olahan Pepes dari Berbagai Daerah di Indonesia

Pepes merupakan masakan asli khas Nusantara yang menggoda lidah orang Indonesia, dari pembuatan yang sederhana dan mudah inilah pepes dikenal sebagai primadona masakan orisinil Indonesia.

Ada banyak pepes dari berbagai daerah di Indonesia yang memang istimewa dan sangat digemari. Jenis ikan yang dimasak menjadi pepes dapat menggunakan ikan tawar ataupun ikan laut. Penasaran? Yuk, langsung saja disimak artikel dibawah ini mengenai 5 olahan pepes dari berbagai daerah di Indonesia:

Pepes Ikan Nila

Ilustrasi Pepes Ikan Nila

Masakan pepes ikan nila tentunya menggunakan bahan dasar ikan nila yang ukurannya sedang (tidak terlalu besar). Pepes ikan nila ini banyak sekali digemari di daerah pesisir Pantai Selatan karena mayoritas penduduk menyukai makanan dari ikan.

Selain itu, ikan nila juga mudah dibudidayakan dan tidak sulit kalian temukan. Jenis ikan ini sangat kaya akan protein baik untuk kecerdasan otak. Manfaat lain ikan nila adalah membantu anda mencegah dermatitis, mencegah serangan jantung karena mengandung senyawa selenium, dan bagi anda yang sedang melakukan diet sehat bisa konsumsi ikan ini.

Pepes Pindang Tongkol

Ilustrasi Pepes Pindang Tongkol

Pepes pindang tongkol berbahan dasar tongkol dan sedikit teri, adapun pepes pindang tongkol ini akan banyak kalian temukan di daerah sunda dan pantura. Rasanya yang pulen dengan daging yang tebal membuat lidah kalian tidak akan berpindah ke masakan ikan yang lainnya.

Tongkol merupakan jenis ikan yang tanpa dibumbui sudah berasa gurih. Berbeda dengan jenis ikan lainnya ada yang harus dibumbui cukup banyak untuk menambah rasa lezat rempahnya.

Pepes Gurame Kuning

Ilustrasi Pepes Ikan Gurame Kuning

Ikan gurame yang dijadikan pepes akan selalu lekat di semua nusantara karena jenis ikan ini mudah dibudidayakan dan harganya sangat bersahabat sekali. Kelebihan pepes gurame adalah duri ikan yang besar-besar sehingga memudahkan kalian makan. Warna kuning berasal dari warna rempah kunyit yang dioleskan sebelum dikukus.

Mengonsumsi ikan gurame sangat baik untuk kesehatan tubuh terutama menambah stamina, membentuk massa otot, menyuburkan rambut karena kandungan vitamin B yang tinggi, menjaga kelembaban kulit anda karena mengandung vitamin E, mampu menurunkan hipertensi, mencegah penyakit karies gigi pada anak. Karies gigi adalah penyakit gigi keropos pada usia dini, mencegah sakit rabun mata karena mengandung vitamin A.

Pepes Ikan Kembung

Ilustrasi Pepes Ikan Kembung

Jika kalian menyukai ikan kembung meski rasanya sedikit hambar, kalian dapat mencoba pepes ikan kembung. Tetapi, jika ingin membuat pepes ikan ini kalian harus mengoleskan rempah bumbu yang kuat terlebih dahulu agar meresap ke pori-pori dagingnya. Ikan ini lebih banyak duri daripada dagingnya.

Tetapi, jika kalian sudah jatuh hati pada ikan kembung tak masalah tentunya. Konsumsi ikan kembung mampu mempercepat kematangan sel otak anak sehingga anak dapat menalar lebih cepat, merangsang pembentukan sel darah merah pada ibu hamil dan menyusui, baik untuk kepadatan tulang anak balita, anti gondongan pada balita karena kandungan iodine cukup tinggi.

Pepes Bandeng Presto

Ilustrasi Pepes Ikan Bandeng Presto

Ikan bandeng presto merupakan ikan bandeng dengan tulang lunak. Jika kalian membuat pepes bandeng presto maka kalian harus membuat bandeng bertulang lunak kemudian dimasak pepes. Mungkin bentuknya akan sedikit hancur tapi tidak dengan rasanya, tetap nikmat. Manfaat konsumsi bandeng adalah:

  • Kaya akan kalsium sehingga membantu menutupi kekurangan kalsium pada ibu hamil
  • Mengobati anemia
  • Memperbesar massa otot
  • Menguatkan tulang dan gigi
  • Sumber kolesterol baik

Nah, itulah penjelasan mengenai olahan pepes dari berbagai daerah di Indonesia yang istimewa dan sangat digemari. Jenis ikan yang dimasak menjadi pepes dapat menggunakan ikan tawar ataupun ikan laut.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,500SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles