29.5 C
Jakarta
Saturday, June 15, 2024

Google Doodle Rayakan Desain Mangkuk Ayam Jago yang Ikonik

Desain Google Doodle kembali menarik perhatian pengguna internet di Indonesia. Kali ini, desain mangkuk ayam jago atau rooster bowl yang ikonik muncul di laman penelusuran Google Search.

“Doodle hari ini merayakan Lampang Rooster Bowl yang ikon, desain peralatan makan tradisional yang menampilkan ayam jago berekor hitam dengan bunga peony dan daun pisang,” tulis Google seperti dikutip dari situs resmi Doodle, pada Senin (12/9/2022).

Google memunculkan mangkuk ayam jago ini di laman penelusurannya sebagai peringatan pendaftaran yang dilakukan pemerintah Thailand pada desain ini tepat 9 tahun lalu atau 2013.

Itu berarti hukum perdagangan internasional menegaskan jika kualitas dan reputasi mangkuk ayam yang dibuat di wilayah tersebut.

Asal Mangkuk Ayam Jago

Ilustrasi Mangkuk Ayam Jago

Mangkuk ayam jago sangat khas dan terkenal di Indonesia karena umum digunakan oleh penjual mie ayam dan bakso. Namun rupanya, mangkuk ayam jago bukan berasal dari Indonesia.

Menurut laman resmi Google doodle, mangkuk ayam jago tersebut pertama kali diimpor ke Thailand dari China. Tampak doodle tersebut menampilkan gambar mangkuk berwarna putih dengan ikon ayam jantan berekor hitam dan bunga peony serta daun pisang.

Dalam karya seni aslinya, ayam jago melambangkan kerja keras. Sedangkan daun pisang dan peony merah melambangkan mimpi keberuntungan. Mangkuk ayam jago itu sendiri dikenal sebagai Lampang Rooster Bowl, desain peralatan tradisional yang populer di Provinsi Lampang, Thailand.

“Pada 1957, para pengusaha membuka banyak pabrik peralatan dapur ayam jago di provinsi Lampang, Thailand. Wilayah yang penuh dengan mineral lempung itu lebih cocok untuk pembuatan keramik,” tulis Google pada laman doodle.

Saat Lampang mulai memproduksi peralatan makan secara massal dengan desain ayam jago, mangkuk tersebut menjadi salah satu produk terlaris di kawasan tersebut, membawa stabilitas keuangan bagi penduduk lokal.

Thailand Mendaftarkan Desain Mangkuk Ayam Jago

Ilustrasi Google Search Mangkuk Ayam Jago

Ketika itu, pemerintah Thailand mendaftarkan desain mangkuk ayam jago ini sebagai Produk Indikasi Lampang. Menurut Google, meski didaftarkan di Thailand, desain mangkuk ayam jago ini sebenarnya berasal dari Tiongkok.

Oleh sebab itu, mangkuk ayam jago ini menjadi salah satu desain yang banyak tersebar di Asia. Bahkan, masyarakat Indonesia hingga sekarang masih menggunakannya. Pada desain aslinya, ayam jago melambangkan kerja keras, sedangkan daun pisang dan bunga peony merah melambangkan mimpi untuk keberuntungan.

Untuk diketahui, popularitas Lampang sebagai produsen mangkuk ayam jago ini muncul sejak 1957. Ketika itu, para pengusaha banyak yang membuka pabrik pembuatan mangkuk ini di wilayah tersebut.

Saat Ini Lampang Masih Memproduksi Mangkuk Ayam Jago

Ilustrasi Mangkuk Ayam Jago

Wilayah Lampang dipilih karena banyak mengandung mineral lempung, sehingga cocok untuk pembuatan keramik. Saat Lampang mulai memproduksi peralatan makan ini, mangkuk ini menjadi salah satu produk terlaris dan berimbas pada peningkatan keuangan masyarakat setempat.

Diketahui hingga sekarang, Lampang masih terus memproduksi mangkuk ayam jago ini, tapi hanya sedikit yang membuatnya dengan gaya dan bahan tradisional. Hal ini menyebabkan mangkuk ayam jago asli yang dilukis dengan tangan menjadi barang koleksi yang langka.

Google doodle mangkuk ayam jago yang dibuat oleh Helene Leroux ini tak hanya terlihat di situs pencarian Indonesia, namun juga di Thailand. Jika pengguna membuka halaman awal pencarian Google, pengguna akan langsung melihat doodle mangkuk ayam jago tersebut.

Seperti yang diketahui, pengguna dapat mengklik ikon doodle mangkuk ayam jago dan akan melihat hasil pencarian tentang topik terkait.

Nah, itulah penjelasan mengenai Google yang memunculkan mangkuk ayam jago ini di laman penelusurannya sebagai peringatan pendaftaran yang dilakukan pemerintah Thailand pada desain ini tepat 9 tahun lalu atau 2013.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,800SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles