33.6 C
Jakarta
Wednesday, July 24, 2024

5 Jebolan Akademi Vitoria Guimaraes yang Pernah Berlaga di EPL

FC Porto, SL Benfica, dan Sporting CP menjadi tiga klub teratas di Liga Portugal. Klub-klub tersebut dikenal sering mengorbitkan pemain hebat dari squad mereka. Meski begitu, tak banyak yang tahu jika ketiga klub tersebut sering mendatangkan pemain dari peserta Liga Portugal yang lain.

Salah satunya ialah Vitoria Guimaraes, tim yang sukses mengorbitkan Edmon Tapsoba, Raphinha, dan Moussa Marega. Selain ketiga pemain tersebut, Vitoria Guimaraes juga mempunyai pemain berkualitas dari tim akademi.

5 di antaranya juga pernah berlaga di English Premier League (EPL). Penasaran dengan jebolan akademi Vitoria Guimaraes yang pernah berlaga di EPL? Yuk, langsung saja disimak artikel dibawah ini:

Pedro Mendes

Ilustrasi Pedro Mendes

Jebolan akademi sepak bola Vitoria Guimaraes pertama yang sukses menembus Premier League adalah Pedro Mendes. Pemain yang sering beroperasi di posisi gelandang bertahan ini bergabung dengan Tottenham Hotspur dari FC Porto pada 2004.

Setelah 1,5 musim, Pedro Mendes melanjutkan kariernya bersama Portsmouth hingga 2008. Bersama kedua klub tersebut, Mendes yang menghabiskan 2 tahun (1996—1998) di tim akademi Vitoria Guimaraes sukses mencetak 6 gol dan 6 assist dari 88 laga.

Ricardo Rocha

Ilustrasi Ricardo Rocha

Sama seperti Pedro Mendes, Tottenham Hotspur dan Portsmouth juga menjadi tim yang dibela Ricardo Rocha di Britania Raya. Rocha membela Spurs selama 2,5 musim (2007—2009). Sedangkan di Portsmouth, ia bertahan selama 3,5 musim (2010—2013).

Selama berkarier di Premier League, Rocha hanya mengemas 24 laga yang kebanyakan ia catatkan bersama Spurs. Jauh sebelum itu, Rocha pernah menjadi pemain junior di tiga tim berbeda. Salah satunya ialah tim akademi Vitoria Guimaraes.

Ricardo Pereira

Ilustrasi Ricardo Pereira

Satu-satunya pemain jebolan akademi Vitoria Guimaraes yang masih berlaga di Premier League adalah Ricardo Pereira. Ia juga menjadi pemain jebolan Vitoria Guimaraes dengan penampilan terbanyak di EPL melalui catatan 92 laga dengan torehan 6 gol dan 13 assist.

Seluruh catatan tersebut sukses ia torehkan bersama Leicester City, klub yang Pereira bela sejak 2018. Sebelum menjadi pesepak bola, Ricardo Pereira sempat setahun (2011-2012) menimba ilmu di tim akademi Vitoria Guimaraes.

Ariza Makukula

Ilustrasi Ariza Makukula

Ariza Makukula merupakan penyerang berkebangsaan Portugal yang telah pensiun pada 2014. Dalam kariernya, ia cukup lama membela Sevilla dan Benfica. Ketika membela Benfica, Ariza sempat dipinjamkan ke Bolton Wanderers.

Momen tersebut terjadi selama setengah musim pada paruh kedua musim 2008/2009. Namun, Ariza yang 6 tahun (1994—2000) ditempa di tim muda Vitoria Guimaraes ini hanya mampu mencatat 6 pertandingan dengan torehan 1 assist.

Xande Silva

Ilustrasi Xande Silva

Nama yang terakhir ialah Xande Silva, winger berkebangsaan Portugal yang kini membela Dijon di Ligue 2. Silva sebetulnya berpeluang untuk bermain di Premier League 2022/2023, tetapi ia dilepas Nottingham Forest pada musim panas 2022.

Dalam kariernya, Xande Silva hanya mencatat satu laga di EPL. Momen tersebut terjadi selama 17 menit pada 2018/2019 ketika masih berseragam West Ham United. Jauh sebelum itu, Silva setahun (2014—2015) berada di tim muda Vitoria Guimaraes.

Nah, itulah penjelasan mengenai 5 jebolan akademi Vitoria Guimaraes yang Pernah Berlaga di EPL. Tetapi, jika dibandingkan dengan tim raksasa Liga Portugal, jebolan Vitoria Guimaraes jelas kalah telak. Meski begitu, akademi Vitoria Guimaraes masih tetap berjalan dan berusaha untuk mencatatkan pemain yang hebat.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
27,000SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles